banner-detik
LIFESTYLE

Tips Perawatan Rambut Terbaik untuk Perempuan Usia 40-an dan Rekomendasi Produknya

author

RachelKaloh24 Oct 2023

Tips Perawatan Rambut Terbaik untuk Perempuan Usia 40-an dan Rekomendasi Produknya

Gimana, sih, tips perawatan rambut terbaik, emang bener, nggak perlu keramas sering-sering? Cek di sini, ada rekomendasi produk untuk usia 40-an.

Permasalahan rambut kerap dialami banyak orang, mungkin Anda salah satunya? Biasanya, keluhan mengenai rambut itu antara lain: ketombe; rambut rontok; atau uban yang mulai bermunculan, yang dapat mengurangi rasa percaya diri. Ketombe dan rambut rontok bisa saja terjadi apabila Anda salah memilih produk perawatan kulit kepala. Sementara uban, biasanya bukan karena salah memilih produk tetapi karena berbagai faktor, termasuk faktor genetik. Ada yang bahkan mengalami rambut memutih lebih cepat dibanding usia pada umumnya. Tapi, sebagai perempuan yang sudah masuk usia 40-an, sih, seharusnya rambut memutih tidak perlu jadi masalah, sebaliknya, we just need to emrace it!

Demikian pula menurut Dr. Gaby Longsworth, Ph.D. ilmuwan, praktisi rambut bersertifikat dan pemilik/pendiri Absolutely Everything Curly, perubahan utama yang terjadi pada rambut wanita usia 40-an dan 50-an adalah penipisan, kekeringan, dan uban. “Seiring bertambahnya usia dan menurunnya kadar hormon (menopause), rambut kehilangan kepadatan, kilau, dan pigmen, serta kelenjar sebaceous di kulit kepala menghasilkan lebih sedikit sebum”, jelasnya.

Maka kemudian, yang bisa kita lakukan sekarang untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala adalah merawatnya dengan benar. Tips perawatan rambut berikut ini bisa Anda terapkan sehari-hari. 

Rambut rontok atau menipis

Kerontokan rambut sebetulnya merupakan hal yang normal, dan mengalami kerontokan rambut saat mandi tidak perlu dikhawatirkan. Menurut American Osteopathic College of Dermatology, rambut rontok yang normal yaitu sekitar 100 helai per hari. Namun, permasalahan bisa terjadi akibat fluktuasi hormon. Menurut Bridgette Hill, ahli trikologi bersertifikat dan pendiri Root Cause Scalp Analysis, “Sistem dan fungsi tubuh yang diatur oleh hormon dan sistem endokrin kita memicu sebagian besar faktor yang menyebabkan penurunan dan kemunduran kesehatan kulit kepala dan rambut dalam proses penuaan”. Ada keseimbangan antara estrogen, progesteron, dan testosteron yang memengaruhi kesehatan kulit kepala dan pertumbuhan rambut. Seperti ketika masa kehamilan dan menyusui, pre-menopause tentu juga bisa memengaruhi kesehatan kulit kepala dan rambut.

Yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan merawat kerontokan rambut

  • Kurangi penggunaan produk kosmetik seperti cat rambut. Bila Anda pengguna produk ini, pastikan untuk melakukan perawatan rambut secara rutin.
  • Hindari terlalu sering keramas. Dari artikel Kementerian Kesehatan, dijelaskan sebaiknya keramas 1-3 kali seminggu saja dan keringkan dengan handuk secara lembut. 
  • Bila Anda mengalami kerontokan rambut parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit bersertifikat atau ahli trikologi.

Rambut kering

Cuaca yang panasnya bukan main ini tentu dapat memengaruhi kesehatan kulit kepala, apalagi bila Anda sering berkegiatan di luar rumah dan jarang menggunakan pelindung kepala (topi). “Seperti kain halus yang tidak dirawat dengan baik, kehausan akan membahayakan bagi kualitas benang. Demikian dengan serat rambut kita, kesehatannya tergantung pada rutinitas perawatan yang kita berikan,” jelas Bridgette Hill. Selain paparan sinar matahari, kerusakan rambut dapat terjadi akibat penataan dengan suhu panas maupun perawatan kimia (pewarnaan), terkait usia seiring dengan proses alami tubuh.

Yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rambut kering

Menjaga kesehatan kulit kepala adalah kunci untuk mencegah percepatan perubahan tekstur. Perawatan rutin seperti scrub atau penggunaan serum dapat membantu menjaga keseimbangan kulit kepala Anda. Selebihnya, lindungi kulit kepala dari paparan sinar matahari langsung. Bila Anda aktif berkegiatan di luar ruangan, Anda bisa gunakan topi atau penutup kepala lainnya. 

Ketombe

Tinggal di negara beriklim tropis yang memiliki tingkat kelembapan tinggi meningkatkan risiko tumbuhnya jamur, termasuk jamur penyebab penyakit di kulit kepala (ketombe). Biasanya, ketombe ditemukan dalam bentuk serpihan-serpihan di kulit kepala atau pengelupasan lapisan tanduk secara berlebihan dari kulit kepala berwarna putih keabu-abuan atau kadang kekuningan yang berminyak tetapi tidak melekat erat di kulit kepala. Selain jamur, ketombe juga dapat disebabkan oleh stres, iritasi pada kulit berminyak (dermatitis seboroik), maupun kulit kepala yang kering, yang bisa disebabkan oleh bahan-bahan yang ada pada produk perawatan rambut. 

Yang bisa kita lakukan untuk mengatasi ketombe

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan kulit kepala, meski tidak perlu dengan keramas terlalu sering. Hindari terlalu sering mengganti merk produk perawatan rambut seperti shampo dan kondisioner. Bila kepala mengalami gatal, hindari untuk menggaruk secara berlebihan karena dapat menyebabkan luka di daerah kepala. Perbanyak asupan nutrisi seperti vitamin B dan Omega 3. 

Baca juga: Jarang Keramas Tapi Malah Bikin Rambut Jadi Sehat?

Produk Rekomendasi untuk Perawatan Rambut Usia 40-an

Briogeo Revival Charcoal + Coconut Oil Micro Exfoliating Shampoo

Harga sekitar Rp703,000

Shampo bertekstur scrub (butiran yang larut + arang binchotan) yang terbukti secara klinis mengurangi pengelupasan kulit kepala kering dan meningkatkan hidrasi kulit kepala. Campuran minyak kelapa, pohon teh, dan minyak mint di dalamnya menghidrasi menenangkan dan melembabkan kulit kepala. Gunakan pada rambut ketika keramas, ratakan sambil pijak kulit kepala. 

Yves Rocher Anti Hair Loss Fortifying Stimulating Shampoo 

Harga Rp167,000

Mengandung 99% bahan natural, seperti ekstrak white lupin dan organic agave. Dengan kandungan tersebut, kerontokan rambut dapat teratasi tanpa membuat rambutmu jadi kering. Shampoo ini juga silicon, sulfate, dan paraben free.

Nutrishe Nutrihair Hair Treatment Oil

Rp90,000

Hair oil ini membantu rambut bebas kering sekaligus menutrisinya. Memiliki kandungan dari berbagai macam oil, mulai dari castor oil, virgin coconut oil, olive oil, sweet almond oil, grape seed oil, argan oil, hingga rose oil. Ada pula biotin yang mampu memperkuat rambut dan mengatasi rambut rontok. Cara pakainya, tinggal aplikasikan Nutrihair secukupnya, lalu diamkan 30 menit, bilas dengan berkeramas.

L’Oreal Paris Elseve Extraordinary Oil Gold

Rp79,000

Extraordinary Oil Gold Serum adalah serum perawatan rambut intensif yang mengandung formula 6 ekstrak bunga langka: Lotus, Chamomile, Rose, Tiare, Linseed, Soybean. Cara menggunakannya, Anda hanya perlu mengoleskan secara merata melalui batang dan ujung rambut basah atau kering sebelum keramas. Rambut akan secara intensif ternutrisi, dan terlindung, tanpa memberikan hasil akhir yang lepek secara seketika.

ERHAIR HairGrow Serum

Harga Rp237.000an

Salah satu dari rangkaian perawatan rambut dari ERHAIR dengan kandungan Biotin yang memang terkenal sebagai bahan untuk menyuburkan rambut dan Kopexyl & Eclipta Prostrata Extract untuk menstimulasi pertumbuhan rambut. Ada juga kandungan Keratin yang berfungsi memperbaiki struktur protein pada batang rambut. Hair serum ini dapat dioleskan pada area kulit kepala secara rutin setiap habis keramas.

Baca juga: 10 Gaya Rambut untuk Usia 50 Tahun ke Atas, Segar dan Awet Muda

Image by Freepik

Share Article

author

RachelKaloh

Ibu 2 anak yang hari-harinya disibukkan dengan menulis artikel dan content di media digital dan selalu rindu menjalani hobinya, menjahit.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan