banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

Jangan Terlalu Banyak Minta Maaf di Kantor, Ini Alasannya! 

author

Mommies Daily24 Oct 2023

Jangan Terlalu Banyak Minta Maaf di Kantor, Ini Alasannya! 

Minta maaf itu memang baik. Namun, kebiasaan terlalu banyak minta maaf di kantor ternyata bisa berdampak buruk pada diri sendiri, lho

Berpura-pura minta maaf di tempat kerja sering kali dianggap sebagai solusi yang aman dan sopan, terutama saat situasi tegang. Misal, saat atasan bos dan rekan kerja sedang marah, Mommies langsung meminta maaf walaupun sebenarnya tidak berbuat salah. Hal ini bisa saja diulang berkali-kali sampai menjadi kebiasaan.

Rupanya, kebiasaan terlalu banyak meminta maaf adalah perilaku yang merugikan diri dan dapat mempengaruhi pandangan orang lain terhadap kompetensi dan kepribadian kita di tempat kerja. 

BACA JUGA: Perbedaan CV ATS Friendly dan CV Kreatif, Harus Sesuai Jenis Pekerjaan

5 Alasan Terlalu Banyak Minta Maaf di Kantor

Berikut adalah lima alasan mengapa terlalu banyak meminta maaf bisa berdampak negatif pada kemajuan karir dan hubungan profesional. 

1. Kurangnya Rasa Percaya Diri

Di budaya yang menjunjung kesopanan, rasanya pantas jika kita selalu meminta maaf. Namun, seringkali kita mengucapkan “Maaf” untuk hal-hal sepele yang bukan kesalahan kita. Misal, meminta izin untuk mengganggu waktu seseorang. Akibatnya, rekan di kantor bisa memandang kita sebagai orang yang kurang percaya diri dikarenakan merasa bersalah akan hal kecil.

Ingat bahwa kebiasaan ini bisa membuat kita dipandang sebagai orang yang insecure dan tidak punya harga diri. Bahkan mengatakan maaf terlalu sering bisa membuat Mommies mudah diperlakukan rekan dengan buruk karena mereka tidak menghargaimu. 

2. Menimbulkan Kesan Ketidaktulusan

Permintaan maaf yang berulang dan tanpa alasan jelas dapat merusak kejelasan komunikasi dan menciptakan kesan ketidak tulusan. Jika Mommies terlalu sering meminta maaf, rekan kantor bisa berpikir kalau semua maaf yang dilontarkan tersebut tidak benar-benar tulus alias hanya ucapan di mulut saja.

Terutama, jika permintaan maaf diucapkan hanya agar kita dikasihani. Bisa saja, jika suatu saat Mommies meminta maaf lagi, orang lain tak akan percaya dan menerima permintaan maaf tersebut. Jadi, cukup meminta maaf dengan tulus saat Mommies berada di posisi yang salah, ya. 

BACA JUGA: 10 Kesalahan Saat Interview Kerja yang Bikin Anda Gagal Diterima

Apa lagi sih alasan Mommies tidak boleh terlalu sering meminta maaf di kantor? Mommies yang penasaran bisa langsung klik di sini

Ditulis oleh: Azahra Syifa

Cover: Image by Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan