banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

Perbedaan CV ATS Friendly dan CV Kreatif, Harus Sesuai Jenis Pekerjaan

author

Mommies Daily16 Oct 2023

Perbedaan CV ATS Friendly dan CV Kreatif, Harus Sesuai Jenis Pekerjaan

Sebelum melamar kerja, penting sekali untuk mengetahui perbedaan antara CV kreatif dan CV ATS friendly. Terapkan, supaya lolos tahap seleksi berkas!

Seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan dalam dunia pencarian kerja, penyusunan CV (curriculum vitae) juga mengalami transformasi. CV bukan lagi sekadar daftar riwayat hidup, tetapi menjadi alat pemasaran diri yang penting dalam menarik perhatian perekrut. Istilah CV kreatif dan CV ATS friendly sering disebut-sebut dalam dunia pekerjaan. Rupanya  CV kreatif dan CV ATS friendly memiliki perbedaan, lho.

Bedanya CV ATS Friendly dan CV Kreatif

Ini dia perbedaan CV ATS friendly dan CV kreatif yang wajib diketahui para job seeker!

1. Format dan Tata Letak

CV ATS friendly cenderung memiliki format yang sederhana, dengan penggunaan header yang jelas dan tata letak yang mudah dipindai oleh perangkat lunak ATS. Biasanya, CV ATS akan terkesan simpel tanpa menggunakan desain atau warna yang beragam.

Sedangkan, CV Kreatif seringkali menampilkan desain yang inovatif, dengan tata letak, penggunaan warna yang cerah, dan elemen visual yang menarik. Berbeda dengan CV ATS friendly, format CV kreatif biasanya lebih berwarna dan terkesan estetik. Selain itu, font, pemilihan warna, serta desainnya pun jauh lebih beragam.

BACA JUGA: 10 Kesalahan Saat Interview Kerja yang Bikin Anda Gagal Diterima

2. Kemudahan Pembacaan oleh Mesin

CV ATS friendly didesain agar dapat dengan mudah diproses oleh sistem otomatis, sehingga memudahkan pengenalan informasi yang relevan oleh mesin. Mesin yang dimaksud adalah ATS atau Applicant Tracking System merupakan sebuah sistem yang dapat membantu tim rekrutmen atau HRD dalam menyeleksi CV pelamar kerja yang masuk ke perusahaannya. 

CV kreatif cenderung lebih sulit diproses oleh mesin, karena fokusnya pada presentasi visual yang menonjolkan kreativitas dan desain. CV kreatif merupakan format CV yang bertujuan untuk menarik perhatian recruiter dalam bentuk visual yang disajikan di dalam CV. Maka itu, CV kreatif bisa saja lebih sulit terdeteksi mesin. Hal ini bukan berarti CV Kreatif kurang dari CV ATS .penting bagi para pencari kerja untuk memastikan bahwa CV kreatif mereka juga mengandung kata kunci yang relevan dan dapat dikenali oleh sistem ATS

3. Penggunaan Kata Kunci

CV ATS friendly didesain dengan penekanan pada penggunaan kata kunci yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar, sehingga memungkinkan CV melewati filter dan algoritma sistem ATS. Sistem ATS akan melakukan scanning atau membaca konten dari CV dengan menggunakan algoritma dan berdasarkan kata kunci. Teknologi ini dapat mengidentifikasi dengan cepat berbagai kebutuhan yang diinginkan perusahaan, seperti tahun-tahun pengalaman kerja yang dimiliki kandidat, kemampuan kandidat, dan berbagai informasi lainnya di CV.

Sedangkan, CV kreatif masih memperhatikan penggunaan kata kunci yang sesuai, tetapi fokus utamanya adalah pada presentasi visual yang menonjolkan kemampuan kreatif dan keahlian desain pemiliknya.

4. Tujuan Pembuatan

CV ATS friendly dibuat dengan tujuan melewati sistem ATS dan menarik perhatian perekrut awal yang menggunakan perangkat lunak tersebut. Dalam hal ini, penekanan utama diberikan pada penggunaan kata kunci yang relevan dengan posisi pekerjaan yang dilamar, sehingga memungkinkan CV tersebut lolos dari filter awal dan algoritma yang digunakan oleh sistem ATS.

Sementara itu, CV kreatif dirancang untuk menarik perhatian perekrut secara visual dan menyoroti kemampuan kreatif serta kemampuan desain pemiliknya, dibandingkan untuk melewati sistem ATS. CV kreatif mampu membuat pemiliknya lebih menonjol di antara ribuan pelamar lainnya. Dengan demikian, CV kreatif memungkinkan para pencari kerja untuk menunjukkan kepribadian dan keunikan mereka melalui desain yang menarik.

5. Jenis Pekerjaan yang Dilamar

CV ATS friendly cocok untuk aplikasi pekerjaan di perusahaan besar yang menggunakan sistem perekrutan otomatis, di mana CV perlu melewati proses filter secara efisien. Umumnya perusahaan besar seperti korporat akan mewajibkan pada pencari kerja untuk mengirimkan CV ATS dalam proses rekrutmen. Hal yang sama juga perlu diterapkan jika Anda melamar melalui situs job portal.

Berbanding balik, CV kreatif lebih sesuai untuk aplikasi pekerjaan di industri kreatif, desain, seni visual, atau bidang yang menuntut kreativitas tinggi dan presentasi visual yang kuat. Biasanya, CV kreatif dibutuhkan untuk posisi di bidang kreatif juga, seperti graphic designer, content writer, illustrator, animator, art director, dan sebagainya.

BACA JUGA: 12 Software Terbaik untuk Pekerja Marketing, Ada Gratis dan Berbayar

Ditulis oleh: Azahra Syifa

Cover: Image by Racool_studio on Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan