banner-detik
SELF

5 Jenis Kolagen dan Manfaatnya untuk Tubuh, Bisa Cegah Penuaan

author

Mommies Daily23 Oct 2023

5 Jenis Kolagen dan Manfaatnya untuk Tubuh, Bisa Cegah Penuaan

Mommies mungkin sudah tahu jika kolagen baik untuk tubuh. Namun, ternyata ada berbagai macam jenis kolagen dan manfaat masing-masing. Beda jenisnya, beda juga sumber suplemennya.

Kolagen tentu bukan hal baru buat perempuan. Meskipun penggunaan suplemen kolagen dan produk kolagen lainnya sedang meningkat, kebanyakan orang tidak mengetahui apa sebenarnya kolagen itu atau apa fungsinya dalam tubuh.

Kolagen sebenarnya adalah protein yang paling banyak terdapat dalam tubuh, kira-kira 30% dari total protein tubuh manusia. Peran utama kolagen adalah untuk memberikan struktur, kekuatan, dan dukungan di seluruh tubuh. Tak heran jika suplemen kolagen dan juga produk skincare dengan kolagen sangat populer.

Banyak orang yang berharap bisa mendukung kesehatan kulit, sendi, rambut, dan wajah mereka dengan mengonsumsi suplemen kolagen setiap hari atau menambahkan bubuk kolagen ke dalam kopi, teh, atau smoothie mereka di pagi hari.

Apakah hal itu berefek besar? Untuk tahu dampak dan manfaatnya, yuk kenali tipe-tipe kolagen.

BACA JUGA: 5 Penyebab Berkurangnya Produksi Kolagen di Usia 40-an, Hati-hati Perokok!

Jenis Kolagen dan Manfaatnya

Ada 28 jenis kolagen yang berbeda yang ditemukan dalam tubuh manusia, tetapi ada lima jenis yang paling umum.

Kolagen Tipe I

Kolagen tipe I adalah jenis kolagen yang paling umum ditemukan secara alami di dalam tubuh. Kolagen ini menyumbang 90% dari simpanan kolagen tubuh dan ditemukan tepat di bawah permukaan kulit di dermis.

Nah, ini juga jenis kolagen yang dapat ditemukan di sebagian besar jenis suplemen karena berbagai manfaatnya yang potensial. Biasanya suplemen untuk kolagen tipe ini bersumber dari sapi, ikan, atau membran cangkang telur. Manfaat kolagen dalam suplemen ini bagus untuk kesehatan persendian, rambut, kuku, kulit, ligamen, dan tulang rawan.

Kolagen Tipe II

Kolagen tipe II ditemukan dalam produk laut dan ayam. Kolagen tipe II tidak terlalu padat dibandingkan dengan kolagen tipe I. Hal ini berpotensi menunjukkan bahwa tubuh dapat lebih mudah memecah dan menyerap kolagen dalam bentuk ini.

Namun, orang yang alergi terhadap ikan atau ayam harus berkonsultasi dengan dokter mereka sebelum mengonsumsi suplemen yang mengandung kolagen tipe II, ya.

Manfaat kolagen dari tipe II sangat baik untuk persendian yang umum diderita mereka yang lanjut usia. Manfaat lain termasuk berkurangnya peradangan sendi dan pembangunan kembali tulang rawan sendi yang rusak.

Kolagen Tipe III

Kolagen tipe III adalah jenis kolagen kedua yang paling umum ditemukan secara alami di dalam tubuh. Kolagen tipe ini dianggap mendukung usus, otot, pembuluh darah dan rahim. Jadi manfaat kolagen jenis ini cocok buat yang ingin persalinan sehat atau sedang menderita inflamasi di dalam tubuh.

Bagaimana dengan sumbernya? Produk sapi adalah sumber kolagen tipe III yang paling umum.

Kolagen Tipe V

Kolagen tipe V ditemukan secara alami di dalam mata, membantu cahaya melewati kornea. Kolagen tipe ini bekerja secara alami dengan tipe I & III untuk membuat kerangka kerja bagi jaringan dan organ tubuh. Kolagen tipe V juga dikenal untuk mendukung tulang, otot, hati, dan paru-paru.

Sudah ada beberapa suplemen yang mengandung kolagen tipe V dan manfaatnya bagus untuk kesehatan mata.

Kolagen Tipe X

Kolagen tipe X juga secara alami ada di dalam tubuh dapat ditemukan dalam tulang rawan sendi dan bertanggung jawab untuk pembentukan tulang. Secara khusus, orang dengan jumlah kolagen tipe X yang tinggi memiliki kecenderungan yang lebih tinggi untuk mengalami gangguan reumatologi yang mempengaruhi tulang dan tulang rawan.

Suplemendengan tipe kolagen X biasanya digunakan selama pemulihan dari kerusakan anggota tubuh dan patah tulang.

BACA JUGA: Rekomendasi Skincare dengan Kandungan Kolagen, Cocok untuk Umur 40-an

Rekomendasi suplemen kolagen

Saat memutuskan suplemen kolagen mana yang terbaik, pertimbangkan bentuk, jenis kolagen, sumber, dan tentunya anggaran yang paling sesuai dengan kebutuhan Mommies, ya.

1. Vital Proteins Collagen Peptides

Suplemen ini mudah dikonsumsi karena bisa dicampur ke dalam makanan dan minuman. Berasal dari sapi yang diberi makan rumput dan dipelihara di padang rumput, jadi lebih organik. Suplemen kolagen ini mengandung kolagen tipe I dan III yang dimaksudkan untuk mendukung kulit, rambut, dan kuku.

2. Vitabiotics Jointace Collagen

Vitabiotics Jointace Collagen diklaim dapat membantu memelihara kesehatan persendian dan tulang rawan sebagai terapi osteoartritis. Cocok untuk jenis kolagen tipe II. Suplemen ini juga mengandung vitamin D, seng, dan mangan untuk membantu menjaga kesehatan tulang mereka yang aktif berolahraga.

3. Beworths Collagen Capsule

Suplemen ini merupakan gabungan dari multivitamin yang bisa untuk semua jenis tipe kolagen. Suplemen ini membantu meremajakan kulit, memperbaiki tendon, sendi, ligamen, dan otot serta mendukung sistem pencernaan yang lebih sehat.

4. Nourish Skin Ultimate

Salah satu suplemen kolagen yang sudah lama beredar di Indonesia dan mempunyai pelanggan setia. Selain mengandung kolagen, suplemen ini juga mengandung ekstrak biji anggur merah, beta karoten, vitamin C, dan E, yang berperan sebagai antioksidan.

5. YOUVIT x ERHA Collagen Pouch

Kalau Mommies suka suplemen dengan tesktur seperti gummy, bisa memilih YOUVIT x ERHA Collagen Pouch. Kolagen dalam gummy ini diklaim dapat membantu menutrisi kulit dari dalam, mengurangi garis-garis halus, dan menjaga elastisitas kulit.

BACA JUGA: Dapatkan Kulit Kinclong dan Awet Muda dengan Keajaiban Minum Kolagen

Ditulis oleh: Imelda Rahma

Cover: Image by jcomp on Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan