banner-detik
PARENTING & KIDS

Rekomendasi Obat Demam dan Penurun Panas Terbaik untuk Anak

author

Mommies Daily20 Oct 2023

Rekomendasi Obat Demam dan Penurun Panas Terbaik untuk Anak

Jangan langsung panik saat anak demam. Mommies bisa sedia obat agar siap saat anak jatuh sakit. Ini beberapa rekomendasi obat demam yang bisa dipilih.

Anak yang sedang menghadapi masa tumbuh kembang sering kali terkena demam. Hal ini tentu mengkhawatirkan bagi orang tua karena sistem kekebalan tubuh anak sedang menuruni. Untuk mengatasi demam pada anak, para orang tua sering mengandalkan beberapa jenis obat yang sudah teruji aman dan efektif. 

Pilihan obat demam untuk anak

Pastinya, para orang tua khususnya Mommies sudah punya obat demam andalan untuk menurunkan panas badan anak. Ini dia beberapa rekomendasinya.

1. Sanmol sirup 

Sanmol sirup merupakan obat parasetamol yang berfungsi untuk mengurangi nyeri ringan hingga sedang pada anak. Setiap 5 ml dari sirup ini mengandung Paracetamol sebanyak 120 mg. Anak usia 9-12 tahun disarankan untuk mengonsumsi 15-20 ml obat. Untuk anak usia 6-9 tahun, dianjurkan  antara 10 ml hingga 15 ml.Sementara anak usia 2-6 tahun sebaiknya antara 5 ml hingga 10 ml. Untuk bayi berusia 1-2 tahun, dosis yang direkomendasikan adalah 5 ml.

2. Tempra paracetamol

Tempra paracetamol mengandung Paracetamol sebanyak 160 mg setiap 5 ml. Obat ini direkomendasikan untuk menurunkan demam yang menyertai flu atau influenza serta demam sesudah vaksinasi. Anak usia 6 – 8 tahun direkomendasikan untuk mengkonsumsi 2 sendok takar obat. Untuk anak usia 4 – 5 tahun disarankan 1.5 sendok takar. Untuk anak usia 2-3 tahun, disarankan untuk 1 sendok takar.

BACA JUGA: 10 Obat Batuk Pilek untuk Bayi dan Balita Favorit Ibu, Beserta Harganya

3. Panadol Anak-Anak sirup

Panadol Anak-Anak sirup hadir dengan rasa raspberry dan berperan sebagai penurun panas, pereda nyeri, sakit kepala, dan sakit gigi untuk anak-anak. Anak usia 2-3 tahun dianjurkan untuk mengkonsumsi satu sendok takar. Untuk anak usia 4-5 tahun, dosis yang dianjurkan adalah 1.5 sendok takar. Dan untuk anak usia 6 tahun, disarankan untuk mengkonsumsi 2 sendok takar. Masing-masing usia dapat mengkonsumsi obat ini 3-4 kali sehari.

4. Termorex sirup 

Termorex sirup merupakan obat yang terjangkau, mengandung parasetamol, tidak mengandung alkohol, dan memiliki rasa jeruk yang disukai oleh anak-anak. Setiap 5 ml mengandung 120 mg paracetamol. Untuk anak usia 2-5 tahun, disarankan untuk mengonsumsi satu sendok takar obat 3 kali sehari. Sementara itu, untuk anak usia 6-12 tahun, disarankan untuk mengonsumsi dua sendok takar obat 3 kali sehari.

5. Dumin

Dumin adalah obat penurun panas yang mengandung parasetamol, biasanya digunakan untuk mengurangi nyeri setelah vaksinasi. Setiap 5 mL Dumin mengandung 120 mg parasetamol. Untuk anak-anak usia 7-12 tahun, disarankan untuk mengonsumsi obat 3-4 kali sehari dengan dosis 2 sendok takar. Sedangkan untuk anak usia 1-6 tahun, disarankan untuk mengonsumsi obat 3-4 kali sehari dengan dosis 1 sendok takar.

6. Hufagripp TMP 

Hufagripp TMP adalah obat penurun panas anak yang mengandung 100 mg ibuprofen di setiap 5 ml. Anak-anak usia 8 hingga 12 tahun disarankan mengonsumsi obat ini sebanyak 3 hingga 4 kali sehari dengan 2 sendok takar. Untuk anak usia 3 hingga 7 tahun, pemberian obat dianjurkan sebanyak 3 hingga 4 kali sehari dengan 1 sendok takar. Sedangkan, untuk anak usia 1 hingga 2 tahun, direkomendasikan sebanyak 3 hingga 4 kali sehari dengan setengah sendok takar.

7. Proris ibuprofen

Proris ibuprofen adalah obat yang mengandung ibuprofen dalam bentuk suspensi yang bekerja secara efektif untuk menurunkan demam dan pereda nyeri. Setiap 5 ml Proris mengandung 100 mg ibuprofen. Untuk anak usia 1-2 tahun, pemberian dosis dilakukan 3-4 kali sehari dengan setengah sendok takar. Untuk anak usia 3-7 tahun, dianjurkan 3-4 kali sehari, dengan setengah sendok makan. Sedangkan untuk anak usia 8-12 tahun, disarankan 3-4 kali sehari dengan takaran 1 sendok takar.

8. Bodrexin Demam Sirup

Bodrexin Demam Sirup berfungsi untuk menurunkan demam, termasuk demam yang muncul setelah imunisasi, serta meredakan nyeri seperti sakit kepala dan sakit gigi. Untuk usia 6-12 tahun, disarankan mengonsumsi 2-4 sendok takar, untuk anak usia 2-6 tahun disarankan 1-2 sendok takar, dan untuk anak usia 1-2 tahun dianjurkan mengkonsumsi 1 sendok takar. Semua dosis diberikan 3-4 kali sehari

9. INZANA 

INZANA merupakan tablet kunyah yang mengandung Asam Asetilsalisilat 80 mg untuk penurun panas, demam, serta pereda nyeri pada anak. Anak yang berusia 1-2 tahun disarankan mengkonsumsi 1 tablet sebanyak 3-4 kali sehari. Anak usia 3-5 tahun disarankan mengonsumsi 1 1/2 – 2 tablet sebanyak 3-4 kali sehari, sedangkan anak usia 6-12 tahun disarankan mengonsumsi 2 1/2 – 5 tablet sebanyak 3-4 kali sehari.

10. Pamol Sirup

Pamol Sirup adalah obat yang digunakan sebagai penurun demam dan pereda nyeri seperti sakit kepala, sakit gigi dan nyeri ringan. Setiap 5 ml obat ini mengandung 120 ml paracetamol. Anak berusia 6-12 tahun dianjurkan mengonsumsi 2-4 sendok takar, anak usia 1-5 tahun dianjurkan 1-2 sendok takar, sedangkan anak di bawah 1 dianjurkan untuk mengonsumsi 0.5-1 sendok takar. Semua dosis diberikan sebanyak 3 kali sehari.

BACA JUGA: 10 Obat Diare untuk Bayi dan Anak, Beserta Harganya

Ditulis oleh: Azahra Syifa

Cover: Image by peoplecreations on Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan