banner-detik
LIFESTYLE

Kanker Payudara Bisa Efektif dicegah dengan 9 Makanan Ini, Apa Saja?

author

Mommies Daily15 Oct 2023

Kanker Payudara Bisa Efektif dicegah dengan 9 Makanan Ini, Apa Saja?

Lebih baik mencegah daripada mengobati memang benar adanya. Sama halnya dengan kanker payudara yang bisa dicegah dengan konsumsi beberapa makanan ini.

Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh perempuan. Dalam mencegah kanker ini muncul, pola makan yang sehat dapat menjadi langkah preventif yang kuat. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa ada sejumlah makanan tertentu yang bisa dikonsumsi untuk mencegah kanker payudara. Beberapa jenis makanan, termasuk biji-bijian, sumber serat, buah, dan sayuran, berfungsi melindungi sel-sel dari kerusakan yang dapat memicu terjadinya kanker payudara. 

BACA JUGA: Perempuan Wajib Tahu! Ini 10 Makanan untuk Cegah Wajah Keriput

9 Makanan untuk Cegah Kanker Payudara

Dilansir dari Everyday Health, berikut adalah berbagai makanan sehat yang bisa mencegah terjadinya kanker payudara. 

1. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa aktif yang disebut kurkumin. Zat tersebut dapat membantu menghambat proses pertumbuhan sel kanker, serta membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Dalam beberapa penelitian, kurkumin juga telah ditunjukkan memiliki kemampuan untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker dan mencegah penyebarannya ke bagian tubuh lain. Maka, kunyit dipercaya mampu membantu melawan tumor kanker payudara jika dikombinasikan dengan terapi obat tertentu. 

2. Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini mengandung senyawa bioaktif bernama sulforaphane, yang juga telah terbukti memiliki efek antikanker yang kuat. Sulforaphane dalam brokoli memiliki kemampuan untuk merangsang mekanisme perlindungan alami tubuh terhadap kanker dengan cara memicu fase penyingkiran sel kanker yang tidak normal.

Sulforaphane juga dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan. Selain brokoli, ada beberapa jenis sayuran silangan yang memiliki manfaat anti-kanker seperti kembang kol, kol, kubis Brussel, dan kangkung. 

3. Bawang putih 

Bawang putih mengandung senyawa Allicin, yang bermanfaat untuk melawan kanker ini. Allicin memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang kuat, yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan meredakan peradangan. Tak hanya itu, Allicin juga dapat membantu mengaktifkan enzim-enzim tertentu dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk membersihkan radikal bebas dan zat berbahaya, sehingga membantu mengurangi risiko kerusakan sel yang dapat memicu kanker. Dengan memasukkan bawang putih ke dalam menu makan, Mommies dapat membentengi tubuh dalam melawan kanker yang satu ini. 

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Rice Cooker Low-Carb Terbaik untuk Diet Lebih Sehat!

Mommies yang ingin tahu makanan apa lagi yang bermanfaat mencegah kanker payudara bisa lanjutkan membaca dengan klik di sini, ya!

Ditulis oleh: Azahra Syifa

Cover: Photo by Nathan Cowley on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan