banner-detik
EDUCATION

Tidur Siang Jadi Mapel di SD Sidoarjo, Apa Saja Manfaatnya untuk Anak?

author

Mommies Daily11 Oct 2023

Tidur Siang Jadi Mapel di SD Sidoarjo, Apa Saja Manfaatnya untuk Anak?

Untuk meningkatkan fokus anak murid dalam belajar, sebuah sekolah dasar di Sidoarjo menerapkan tidur siang sebagai mapel. Kira-kira apa saja manfaatnya?

Kurang tidur dapat membuat siswa sulit untuk fokus pada pendidikan mereka. Untuk mengatasinya, SD Muhammadiyah IV Sidoarjo memasukkan mata pelajaran ‘Tidur Siang’ dalam kegiatan belajarnya.

Dikutip dari situs Muhammadiyah, salah satu guru SD Muhammadiyah IV, Kiki Arya Wijaya mengatakan jika mata pelajaran ini masih berada dalam pengawasan, tapi sudah memberikan hasil yang baik.

“Baru tahun ajaran ini kita menerapkan pelajaran tidur siang, setelah sebelumnya kami melihat para siswa kelelahan hingga tak jarang meminta untuk pulang. Alhamdulillah setelah beristirahat, konsentrasi para murid naik sehingga mampu menyerap pelajaran hingga sore,” ujar Kiki.

Menurutnya,  pelajaran tidur siang ini diyakini membuat murid lebih bugar dan meningkatkan konsentrasi khususnya di sekolah yang menerapkan full day school. Dalam praktik, para siswa diwajibkan tidur selama 1 jam pada pukul 13.00 hingga pukul 14.00 WIB. Ternyata SD ini bukan yang pertama menerapkannya, lho.

Sebelumnya, beberapa sekolah dasar di China sudah menerapkan tidur siang di Tengah jam sekolah. Tak hanya siswa SD, siswa SMA di New Mexico, memasang pod tidur, di mana para siswa dapat tidur siang selama 20 menit di sela-sela jam pelajaran.

Faktanya, tidur siang memang bermanfaat untuk anak-anak di usia sekolah. Penelitian baru dari University of Pennsylvania dan University of California, Irvine, yang diterbitkan dalam jurnal SLEEP mendukung pernyataan tersebut. Berdasarkan penelitian itu, anak-anak yang tidur siang tiga kali atau lebih dalam seminggu mendapat manfaat dari peningkatan 7,6% dalam prestasi akademik di kelas 6.

Wah, ternyata banyak manfaat tidur siang, ya. Apa lagi manfaat dari tidur siang lainnya?

BACA JUGA: Agar Anak Punya Kecerdasan Emosional Tinggi, Jangan Katakan Kalimat Ini!

7 Manfaat Tidur Siang

Sebelum membahas manfaatnya lebih lanjut, kita harus mengetahui berapa jam tidur siang yang baik. Menurut CDC, tidur siang yang baik berlangsung singkat yaitu 15 hingga 30 menit. Jangan terlalu lama dan juga jangan terlalu cepat untuk membuat tubuh bangun dengan segar.

Cara cepat tidur siang dapat dilakukan dengan membaringkan tubuh dan mengatur nafas secara teratur. Memilih tidur di tempat gelap atau mematikan lampu juga bisa memberikan efek cepat tidur siang.

Setelah mengetahui berapa durasi tidur siang yang baik, berikut ini manfaat tidur siang pada anak.

1. Meningkatkan daya ingat

Tidur siang dapat mengatur ulang memori jangka pendek, sehingga anak dapat menyimpan informasi dengan lebih baik setelah bangun. Mereka yang tidur siang juga lebih mudah mempelajari informasi baru.

2. Meningkatkan fokus

Anak yang tidur siang sebelum memulai mapel baru bisa lebih fokus. Tidur siang dapat membantu mereka memperhatikan dengan lebih baik, dan akan membuat anak lebih mungkin untuk mencari jawaban dari soal-soal yang dipelajari saat mapel.

3. Memperbaiki suasana hati

Masa sekolah bisa menjadi masa yang penuh dengan stres dan emosi bagi anak. Menjaga mereka dari kurang tidur adalah cara yang alami dan efektif untuk meringankan perasaan bad mood.

4. Meningkatkan kreativitas

Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur siang dapat meningkatkan pemikiran kreatif dan pemecahan masalah, dan “berpikir di luar kebiasaan” seperti ini dapat sangat berguna ketika siswa sedang mengerjakan esai atau tugas seni.

5. Mengurangi stres

Tidur siang meningkatkan produksi hormon yang disebut norepinefrin yang meredam efek stres pada tubuh fisik, terutama pada tekanan darah dan detak jantung. Karena masa sekolah tidak diragukan lagi merupakan waktu yang sangat menegangkan, apa pun yang dapat dilakukan untuk mengurangi stres pasti bermanfaat.

6. Meningkatkan imun tubuh

Kurang tidur dapat memiliki efek yang sangat negatif pada sistem kekebalan tubuh. Sekolah bisa jadi sarang kuman, karena para mahasiswa datang dari seluruh penjuru negeri dan belum tentu hidup dengan higienis seperti yang seharusnya. Tidur siang dapat membantu mengatasi hal ini dengan meningkatkan molekul pengatur kekebalan yang disebut interleukin-6 di dalam tubuh.

7. Lebih nyenyak tidur di malam hari

Tubuh manusia cenderung lelah di sore hari, dan hal ini tidak dapat dihindari. Namun, dengan mengikuti jam tubuh alami, anak akan merasa segar setelah tidur siang dan tidur lebih nyenyak di malam hari, Mommies.

BACA JUGA: 15 Kalimat dari Orang Tua yang Perlu Didengar Anak Sebelum Tidur, Bisa Memperkuat Bonding!

Ditulis oleh: Imelda Rahma

Cover: Image by wirestock on Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan