banner-detik
PARENTING & KIDS

15 Ide Kencan Asyik Ibu dengan Anak Perempuan dan Anak Laki-laki

author

Fannya Gita Alamanda11 Oct 2023

15 Ide Kencan Asyik Ibu dengan Anak Perempuan dan Anak Laki-laki

Sibuk jangan dijadikan alasan untuk mengabaikan quality time bersama anak. Ini 15 ide kencan Mommies bersama anak perempuan dan anak laki-laki, bekal cerita indah di kemudian hari!

Pernah dengar cerita pilu seorang teman. Anaknya curhat, dia selalu bisa punya gadget terbaru, sepatu basket paling mahal, bahkan rutin pergi berlibur… bersama teman-temannya. Si anak bilang, “Saya punya banyak banget cerita dengan teman-teman saya, tapi nggak punya sesuatu buat diceritakan ke orang-orang tentang liburan bersama ayah dan ibu saya.” Sedih ya.

Anak-anak senang kencan dengan orang tua mereka

Hidup ini bikin kita semua sibuk. Salah satunya untuk memenuhi kebutuhan anak-anak. Tapi apa gunanya semua harta materi yang kita punya ketika kita bahkan nggak bisa membeli waktu untuk dapat berama anak-anak kita? Menyisihkan (bukan menyisakan) waktu buat anak-anak akan bantu mereka paham bahwa mereka berharga buat Mommies.

Melakukan aktivitas secara teratur dengan putri dan putra penting karena kedekatan emosional dengan orang tua membuat anak-anak punya kepribadian yang ceria, percaya diri, dan bahagia. Bahkan dapat mengurangi risiko anak tertarik pada hal-hal negatif.

Ide kencan bersama anak perempuan usia 4-9 tahun

Nah, daftar aktivitas di bawah ini bisa mengukir senyum manis di wajah anak-anak Mommies.

1. Piknik di taman

Thank, God. Makin ke sini semakin banyak taman-taman outdoor yang disediakan pemerintah kota untuk wisata murah meriah dan dekat dengan alam. Siapkan tikar, camilan lezat, dan minuman favorit. Sambil makan di rumput dengarkan cerita terbaru si kecil. Mommies pasti geli mendengar celotehannya.

2. Bermain air di kolam renang

Ambil pakaian renang dan tabir surya, lalu pergilah bermain air di kolam renang terdekat. Jarang anak kecil yang tidak suka basah-basahan di dalam kolam.

BACA JUGA: 15 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 1-5 Tahun, Apa Saja?

3. Ngopi-ngopi cantik

Siapa bilang anak perempuan Mommies nggak bisa jadi teman nge-date asyik di kafe. Your toddler will make the cutest coffee date. Mommies bisa traktir si Kecil minum es susu cokelat, jus buah, atau smoothie. Mau tambah seru? Bawa buku cerita, permainan, dan proyek seni yang ‘bebas kekacauan’ untuk hiburan selama ngafe.

4. Kunjungi tempat pertunjukan lokal

Tempat pertunjukan atau atraksi lokal sempurna untuk hari ibu dan anak. Coba cek apa yang ada di area terdekat, mungkin kebun binatang, perpustakaan, pameran sains, atau museum yang cocok untuk dikunjungi anak-anak. Mommies boleh mengizinkan anak memilih barang-barang kecil di toko suvenir sebagai memento kencan kalian hari itu.

5. Tea Party

Anak-anak perempuan umumnya suka berpura-pura menjadi nyonya rumah dan mengadakan jamuan teh. Nah, Mommies bisa meniru idenya. Tapi alih-alih mengajak teman-teman si kecil, Mommies bisa mengundang semua boneka kesayangannya sebagai tamu. Mommies juga bisa menyediakan aneka biskuit favoritnya.

Ide kencan bersama anak perempuan usia 10-15 tahun

6. Mendaki

Salah satu kencan ibu-anak favorit adalah mendaki alam. Menjelajah di alam terbuka, menghirup udara segar, sambil bertukar cerita dengan anak perempuan Mommies pasti menyenangkan.

7. Saling merias wajah.

Keluarkan tas rias Mommies, dan biarkan anak perempuan melakukan apa pun yang dia inginkan dengan merias wajah ibunya. Setelah itu bertukar peran. Mommies mungkin terlihat konyol setelah dia selesai didandani, tetapi dia akan senang dengan perannya sebagai make up artist dadakan.

8. Memanggang kue

Aroma adonan brownies atau muffin yang sedang dipanggang pasti menggoda selera. Meski mungkin saja hasilnya nanti tidak sempurna, tetap saja prosesnya akan sangat menyenangkan!

9. Membuat karya seni bersama

Anak dapat menggambar, mendesain kartu ucapan terima kasih, atau membuat karya seni yang levelnya sedikit lebih sulit buat remaja perempuan Mommies. Menciptakan karya seni tidak hanya penting bagi perkembangan anak, tetapi juga terbukti berdampak baik pada kesehatan dengan mengurangi stress, kecemasan, meningkatkan emosi positif, dan mengurangi kemungkinan depresi.

BACA JUGA: 15 Kalimat dari Orang Tua yang Perlu Didengar Anak Sebelum Tidur, Bisa Memperkuat Bonding!

Ide kencan bersama anak laki-laki usia 4-9 tahun

11. Berdonasi ke penampungan hewan

Saat berada di penampungan hewan setempat, gunakan kesempatan ini untuk membantu membuat perbedaan dengan meyumbangkan makanan, mainan, handuk bekas, wadah makan dan minum, dan lain lain. Ingat, anak memerhatikan dan kelak akan menjadi peniru orang tuanya yang murah hati.

12. Belanja bahan makanan di toko kelontong

Berada di dalam toko kelontong juga bisa menjadi tempat wisata sehari bersama anak! Keluarkan daftar belanjaan dan biarkan anak membantu Mommies menemukan semua barang, mencentangnya dari daftar, dan izinkan dia jika kepingin jajan sesuatu yang sebelumnya nggak kalian rencanakan. Upayakan pilih hari dan jam ketika kondisi toko lumayan sepi.

12. Ke tempat pencucian mobil

Anak-anak sukaaa sekali diajak ke tempat pencucian mobil otomatis! Sebelumnya, siapkan dulu camilan dan minuman ringan untuk teman kalian ngobrol di dalam mobil.

Ide kencan bersama anak laki-laki usia 10-15 tahun

13. Pergi ke pertandingan olahraga

Ada event olahraga yang nggak terlalu jauh dari rumah? Ajak anak laki-laki Mommies ke sana. Entah pertandingan bisbol, sepak bola, futsal, atau basket diadakan di GOR atau di sekolah si anak laki-laki, ini akan menjadi kesempatan baik untuk menjalin ikatan dengannya. Jangan lupa bawa topi, tabir surya, kotak pendingin minuman, dan makanan ringan. Anak laki-laki Mommies akan menghargai waktu yang ibunya sisihkan untuknya.

14. Membawa jalan-jalan anjing atau kucing

Mengajak jalan-jalan santai anjing atau kucing kesayangan ditemani anak laki-laki akan sangat menyenangkan. Ini cara yang manis untuk memperkuat bonding, nggak cuma dengan hewan peliharaan, tapi terutama dengan anak laki-laki. Bonus lain? Mommies dan si anak laki-laki jadi lebih bugar dan ramping karena aktivitas ini lumayan membakar kalori.

15. Permainan board games dan card games

Ini tipe permainan yang asyik dilakukan saat hujan. Lagi-lagi, jangan lupakan minuman dan camilan, dan bersiaplah untuk pertandingan persahabatan!

BACA JUGA: Komunitas Bermain yang Seru dan Sarat Edukasi Buat Si Kecil

Cover: Photo by Ketut Subiyanto on Pexels

Share Article

author

Fannya Gita Alamanda

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan