banner-detik
ACTIVITY & DESTINATION

Komunitas Bermain yang Seru dan Sarat Edukasi Buat si Kecil

author

AnitaThaTha28 Jun 2022

Komunitas Bermain yang Seru dan Sarat Edukasi Buat si Kecil

Sesekali coba deh ajak si kecil bergabung di komunitas bermain berikut ini. Bisa tambah teman dan pengalaman baru eksplore dunia bermain.

Bermain menjadi kegiatan yang disukai semua anak. Bukan hanya sekedar bermain, ternyata kegiatan yang satu ini juga dapat memberi manfaat yang baik untuk tumbuh kembang dan jiwa sosial si kecil.

Saat bermain, anak bisa bereksperimen untuk mendapatkan pengalaman baru, berekspolari untuk memenuhi rasa ingin tahunya, serta melatih anak juga untuk beradaptasi. Dengan bermain, anak juga bisa mengembangkan kemampuan bahasa, sosial emosional, seni, kognitif (daya berpikir), motorik (gerak), hingga moral agama.

Saat ini, sudah ada beragam komunitas bermain untuk anak-anak yang tersebar di seluruh Indonesia. Ini beberapa rekomendasi komunitas bermain anak yang bisa Mommies pilih untuk si kecil coba.

Komunitas Hong

Kalau lagi main ke Bandung, jangan lupa ajak si kecil main ke komunitas ini. Tepatnya di daerah Dago. Pendirinya, Zaini, merupakan pecinta dan peneliti permainan tradisional. Ia juga mengoleksi aneka mainan tradisional, bukan hanya yang berasal dari Indonesia, tapi juga dari seluruh belahan dunia.

Kata “Hong” berasal dari permainan petak umpet tradisi khas Sunda. Selain bermain, anak-anak juga bisa mengikuti workshop membuat mainan tradisional. Dengan kegiatani ini anak-anak jadi tahu proses pembuatan tradisional dan hasilnya bisa dibawa pulang.

Alamat: Jl. Bukit Pakar Utara No.26, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40198

Telepon: 022-2515773

Instagram: @komunitashong

BACA JUGA: Permainan Seru untuk Melatih Kemampuan Anak Membaca

Komunitas Dongeng Surabaya

Sesuai dengan namanya, komunitas ini merupakan kumpulan para pegiat dan penggiat dongeng yang berbasis di Surabaya. Komunitas Dongeng sangat aktif dalam membuat kegiatan sharing dan menyebarkan virus dongeng kepada anak-anak.

Instagram: @kumpuldongengsby

Komunitas Teman Main

Teman Main adalah komunitas yang mewadahi kegiatan bermain untuk anak-anak sambil belajar yang menyenangkan. Komunitas ini juga mendukung orang tua agar lebih peduli dan aktif pada tumbuh kembang anak melalui kegiatan yang edukatif. Dengan mengikuti kegiatan bersama komunitas ini, anak-anak diharapkan dapat menjadi pribadi yang cerdas, kreatif, dan percaya diri. Kegiatan yang bisa dilakukan seperti membaca buku, membuat origami, dan lain-lain

Website: www.temanmainid.com

Instagram: @temanmainid

Komunitas SafeKids Indonesia

SafeKids Indonesia adalah pergelakan nirlaba yang berbasis komunitas. Kegiatan yang dilakukan dalam komunitas ini fokus pada topik-topik keselamatan keluarga dan anak yang mengedukasi tentang pentingnya bahaya dan mengurangi risiko yang terdapat di rumah, di perjalanan, dan di tempat tujuan. Tujuannya agar tercipta lingkungan yang aman, bebas cidera, dan ramah untuk anak-anak di Indonesia.

Anak-anak juga akan diajak mencoba langsung dan merasakan pengalaman sambil belajar hal-hal yang penting mereka ketahui untuk keselamatan dirinya.

Website: www.safekidsindonesia.wordpress.com

Instagram: @safekidsindo

Di antara Mommies, ada yang sudah pernah coba salah satu komunitas di atas? Kalau ada, boleh dong bagikan ceritanya :)

BACA JUGA: 4 Permainan yang Bisa Meningkatkan Skill Matematika Si Kecil

Cover image: Freepik

Share Article

author

AnitaThaTha

Panggil saya Thatha. I’m a mother of my son - Jordy. And the precious one for my spouse. Menjadi ibu dan isteri adalah komitmen terindah dan proses pembelajaran seumur hidup. Menjadi working mom adalah pilihan dan usaha atas asa yang membumbung tinggi. Menjadi jurnalis dan penulis adalah panggilan hati, saat deretan kata menjadi media doa.


COMMENTS