banner-detik
PARENTING & KIDS

7 Rekomendasi Anime yang Aman Untuk Anak

author

dewdew11 Oct 2023

7 Rekomendasi Anime yang Aman Untuk Anak

Nggak semua anime layak ditonton oleh anak-anak. Yang kategori Semua Umur saja ada yang harus tetap dibimbing orangtua. Berikut ini 7 rekomendasinya.

Berbicara tentang anime, jika diartikan secara harafiah, adalah kata yang merujuk dari bahasa Inggris “animation”. Seyogyanya semua karya animasi sebenarnya bisa saja disebut anime. Mau dari negara mana pun anime itu berasal. 

Cuma, nih, anime saat ini nggak ‘bisa’ disamain sama animasi layaknya Pixar. Anime bagi para penggemar fanatiknya adalah animasi yang berasal dari Jepang. Anime biasanya punya gaya gambar yang khas, kayak mata bundar besar, rambut warna-warni, dan ekspresi wajah yang dramatis. 

Meski tayang dalam animasi, nggak semua anime aman buat anak-anak. Jepang juga terkenal punya anime-anime dewasa, lho. Jadi Mommies harus waspada jenis anime yang ditonton anak-anak di rumah. Berikut ini rekomendasi anime yang aman untuk anak di bawah 12 tahun.

Pokemon

anime

Rating: 5 tahun ke atas

Salah satu serial anime yang sangat populer dan super menghibur! Very kids friendly, meski ada beberapa adegan kekerasan dan mungkin menakutkan buat anak-anak di bawah 5 tahun. Soalnya nggak semua monster Pokemon terlihat cute, ya. Punya moral of the story yang bagus tentang persahabatan dan team work. Banyak orangtua yang sarankan hanya untuk anak usia 5 tahun ke atas.

Baca juga: 10 Rekomendasi Film dan Drakor di Bulan Oktober 2023 yang Bisa Ditonton Bareng Keluarga

My Neighbour Totoro

rekomendasi anime

Rating: 5 tahun ke atas

Kalau untuk anak di bawah 5 tahun, salah satu anime terbaik produksi the infamous Studio Ghibli ini, memiliki adegan yang mungkin menakutkan dan mengejutkan. Contohnya saja adegan rumah pedesaan yang bobrok dan anak-anak menjelajahi rumah  gelap. Laba-laba yang keluar dari ruang gelap juga bisa bikin kaget. Super aman buat anak di atas 5 tahun ke atas. Mereka bisa ikut berimajinasi bareng Mei, Satuski, Totoro dan Cat Bus :)

Avatar The Last Airbender

Watch Avatar: The Last Airbender | Netflix

Rating: 8 tahun ke atas

Memang ada beberapa adegan perkelahian dan kekerasan, tapi nggak gory kayak Conan, sih. Ada juga kesan suicidal karena satu karakter menyerahkan nyawanya demi menyelamatkan rakyatnya, tapi selain itu tidak ada yang terlalu dark. Bahasanya cukup normal, yang penting orangtua harus membimbing, ya. Jangan sampai dilepas. Untuk anak umur 8-12 tahun, sih, mereka mungkin bisa jauh lebih paham moral of the story dari film ini. Di bawah itu buat seru-seruan aja.

Kiki’s Delivery Service

anime

Rating: Semua umur

Lagi-lagi salah satu anime terbaik Ghibli. Kiki’s Delivery Service sebenarnya merupakan kisah sederhana tentang seorang gadis berusia 13 tahun yang meninggalkan rumah dan belajar tentang dirinya (sebagai penyihir) dalam lingkungan baru. Mungkin nggak akan terlalu menarik buat anak di bawah 6 tahun tetapi mungkin juga terlalu childish untuk mereka yang berada di atas usia 11 tahun. Namun dari segi kesesuaian, bisa dibilang cocok untuk segala usia.

Mirai

anime

Rating: Semua umur dengan bimbingan orangtua 

Sebenarnya, sih, film anime besutan sutradara Mamoru Hosoda ini bercerita tentang anak kecil yang cemburu terhadap kedatangan adik barunya. Secara tema pas, deh, buat semua umur. Tapi mungkin beberapa adegan akan menakutkan dan mengejutkan untuk anak di bawah usia 5 tahun. Dan secara alur cerita mungkin akan terlalu complicated buat mereka. Anak usia sekolah sepertinya pas untuk nonton film ini dengan bimbingan orangtua. 

Ponyo

rekomendasi anime

Rating: Semua umur

Ponyo adalah satu film fantasi animasi. Lagi-lagi salah satu yang terbaik dari studio Ghibli. Buat pecinta anime dan art, anime ini wajib tonton. Berapapun umurmu. Animasi luar biasa menggunakan gambar tangan dan cat air. Bukan cuma menghibur bagi anak-anak, terutama yang berusia 5-7 tahun, tetapi juga buat yang gede-gede. Anak-anak  akan menganggap karakter utama film tersebut (Sosuke dan Ponyo) menyenangkan dan menginspirasi. Mommies bisa mendiskusikan moral of the story dari film ini seperti polusi yang punya pengaruh buruk bagi lingkungan, cinta, tidak menilai orang dari labelnya, dan masih banyak yang lain.

Cardcaptor Sakura

anime

Rating: 8 tahun ke atas dengan bimbingan orangtua

Kalau di angkatan kita (KITA?) mirip-mirip sama Sailor Moon, sih. Ceritanya lucu dan memiliki pesan positif tentang menerima diri apa adanya. Sangat cocok untuk keluarga yang berpikiran terbuka dalam mengasuh anak-anak. Ada beberapa karakter yang abu-abu mengenai orientasi seksual. Tapi, nggak ada adegan seks or nudity sama sekali. Hanya rok-rok pendek ala anime Jepang aja, sih, yang menurut saya masih wajar apalagi buat para pecinta anime.

Baca juga: Daftar Channel Youtube untuk Anak-anak, Mengandung Konten Kekerasan!

Share Article

author

dewdew

Mother of Two. Blogger. Make-Up Lover. Skin Care Amateur. Beginner Baker. Entrepreneur Wannabe. And Everything in Between. www.therusamsis.wordpress.com


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan