banner-detik
PARENTING & KIDS

8 Daftar Channel YouTube yang Berbahaya untuk Anak-anak, Mengandung Konten Kekerasan!

author

Katharina Menge10 Oct 2023

8 Daftar Channel YouTube yang Berbahaya untuk Anak-anak, Mengandung Konten Kekerasan!

Sebaiknya Mommies hindari deretan channel YouTube ini agar tidak ditonton anak-anak karena kontennya yang tidak sesuai. Catat, ya!

Ada banyak channel YouTube yang bisa ditonton anak-anak, apalagi dengan kehadiran YouTube Kids yang semakin mempersempit pilihan tontonnya sesuai usia. Sayangnya, kita tidak bisa menghindari algoritma YouTube yang mungkin saja menampilkan konten serupa dengan tonton si kecil tapi sebenarnya mengandung konten yang berbahaya dan tidak pantas.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa channel YouTube yang kontennya cukup berbahaya untuk anak-anak.

BACA JUGA: 11 Rekomendasi YouTube dan Podcast untuk Anak Balita, Tonton dan Dengar Yuk!

Daftar Channel YouTube yang Berbahaya untuk Anak

Ini dia daftar channel YouTube yang harus Mommies perhatikan!

1. Toys and Funny Kids Surprise Eggs

Channel YouTube yang satu ini menghadirkan tokoh serupa karakter Disney ternama dalam bentuk playdoh, yang tentu menarik anak-anak. Sayangnya, konten yang dihasilkan cukup meresahkan karena memperlihatkan video dengan tema dan pembahasan dewasa, seperti Elsa yang telanjang hingga sosok Spiderman yang menggunting bikini.

2. Skibidi Toilet

Tampilannya kepala toilet dengan badan manusia. Kontennya juga banyak berisi kekerasan, tembak-tembakan, sampai saling bunuh.

3. Rainbow Friends

Rainbow Friend adalah game Roblox yang dibuat dengan konsep mengganggu dan menakutkan. Sensasi jumpscare dan dikejar monster inilah yang membuat pengguna tertarik pada game ini. Namun, elemen ini mungkin tidak cocok untuk segala usia, terutama anak-anak. Selain itu, di dalamnya juga terdapat konten LGBT.

Sayangnya, ada banyak YouTuber yang membahas konten ini sehingga perlu Mommies jauhkan dari tontonan anak-anak di YouTube.

4. Smile Kids TV

Beberapa tahun lalu channel YouTube ini menampilkan konten serupa Doc McStuffins dengan mengubah sosok dan ceritanya jadi lebih menyeramkan dan tidak layak ditonton anak-anak. Mereka menggunakan judul yang menarik sehingga mungkin ditonton anak-anak. Beruntung kini channelnya sudah dilaporkan dan ditutup.

5. Antlia TV

Konten videonya menampilkan karakter serupa Doc McStuffins juga dengan cerita yang tidak layak ditonton anak-anak. Banyak adegan kekerasan yang diselipkan dan berbahaya jika ditonton oleh anak-anak.

6. MSA previously My Story Animated

Channel Youtube ini terlihat seperti kartun anak-anak tapi Mommies harus tahu bahwa banyak kontennya yang berisi cerita, bahasa, dan tindakan dewasa.

7. Denny Animations

Konten animasi yang ditampilkan cukup gelap dan menyeramkan. Anak-anak mungkin bisa ketakuan ketika menontonnya tapi tak ada yang tahu apakah mereka akan berhenti atau terus menyaksikan video lainnya di channel ini. Kisah yang ditampilkan dalam videonya juga kerap seputar konten dewasa.

8. Vivziepop

Channel kini menampilkan banyak cerita animasi yang cukup gelap. Meski di awal video sudah ada peringatan mengenai kontennya yang penuh kalimat kasar dan penuh kekerasan, serta imbauan bahwa kontennya untuk dewasa, tetapi tidak bisa dipungkiri anak-anak mungkin saja menonton melihat visualnya yang bak film kartun.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Film Kartun Bahasa Inggris Edukatif untuk Anak, Bantu Si Kecil Belajar Bahasa Inggris!

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan