banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

Mengenal Cara Pakai ChatGPT yang Disebut-sebut Bisa Menghilangkan Banyak Pekerjaan

author

Mommies Daily09 Oct 2023

Mengenal Cara Pakai ChatGPT yang Disebut-sebut Bisa Menghilangkan Banyak Pekerjaan

ChatGPT adalah sistem kecerdasan buatan AI yang mulai naik daun. Gunakan untuk memaksimalkan pekerjaan Anda dengan cara-cara yang benar.

Kemunculan chatGPT menimbulkan banyak pro dan kontra karena dianggap menghilangkan pekerjaan dan menggantinya dengan mesin. Namun, jika menggunakannya dengan tepat maka teknologi ini bisa membuat pekerjaan Anda lebih mudah dan cepat.

ChatGPT adalah chatbot kecerdasan buatan (AI) yang menggunakan pemrosesan bahasa alami untuk menciptakan dialog percakapan seperti manusia. Simpelnya, Anda dapat bertanya pada ChatGPT dan mendapatkan jawabannya.

Namun, tidak sesimpel tanya jawab saja. Teknologi ini dapat merespons pertanyaan dan membuat berbagai konten tertulis, termasuk artikel, postingan media sosial, esai, dan email. Cara kerjanya secara otomatis akan generate atau menghasilkan jawaban dari pertanyaan sesuai dengan database yang dimiliki.

Hal inilah yang membuat banyak pekerjaan, terutama yang berbasis konten menulis seperti mendapatkan ancaman, karena chatbot  ini dengan mudah bisa menghasilkan konten tertulis. Eits, jangan khawatir dulu, karena hasil dari teknologi ini masih sangat ‘kasar’ dan terasa seperti mesin.

Sebaliknya, Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal jika tahu cara pakainya. Seperti apa cara pakainya? Simak penjelasan ini.

BACA JUGA: Kecanggihan ChatGPT Bikin 10 Pekerjaan Ini Diprediksi Terancam Hilang

Cara Pakai ChatGPT

Jika ingin menggunakannya, berikut langkah-langkah mengakses ChatGPT:

  1. Untuk menggunakannya pertama-tama buka browser dan masuk ke situs chat.openai.com.
  2. Kemudian Login untuk menggunakannya, Anda bisa klik Sign Up jika ingin belum pernah mengakses ChatGPT sebelumnya.
  3. Ikuti langkah-langkah sign up yang bisa terjadi dengan memasukkan email dan no telepon sebagai verifikasi.
  4. Akan muncul tampilan ChatGPT, kemudian tinggal ketikkan apa yang ingin ditanyakan.

Bagaimana penggunaan aplikasi chatbot  ini dalam kehidupan sehari-hari? Sebenarnya sangat beragam, misalnya Anda yang ingin berlibur ingin membuat itinerary perjalanan ke Bali selama 2 malam 3 hari. Maka ChatGPT akan membuatkan itinerary singkat perjalanan liburan tersebut.

Dalam pekerjaan, Anda juga bisa menggunakan ChatGPT untuk mempermudah proses kerja. Misalnya, seorang sekretaris bertanya bagaimana formula excel yang tepat untuk perhitungan invoice.

Manfaat ChatGPT

Jika sudah terbiasa menggunakan Chat GPT, maka berbagai manfaat akan mudah dirasakan.

1. Efisiensi

Chatbot bertenaga AI dapat menangani tugas-tugas rutin dan berulang, yang dapat membebaskan karyawan untuk fokus pada tanggung jawab yang lebih kompleks dan strategis.

2. Peningkatan kualitas konten

Penulis dapat menggunakan ChatGPT untuk memperbaiki kesalahan tata bahasa atau kontekstual atau untuk membantu bertukar pikiran tentang ide untuk konten.

3. Pendidikan dan pelatihan

ChatGPT dapat membantu memberikan penjelasan tentang topik yang lebih kompleks untuk membantu menjadi tutor virtual. Beberap waktu lalu, sempat viral bagaimana seorang anak sekolah menggunakan chatbot  ini untuk membantunya memahami Pelajaran.

4. Dukungan multibahasa

Teknologi ini dapat berkomunikasi dalam berbagai bahasa atau menyediakan terjemahan untuk bisnis dengan audiens global.

5. Skalabilitas

ChatGPT dapat menangani banyak pengguna secara bersamaan, yang bermanfaat untuk aplikasi dengan keterlibatan pengguna yang tinggi.

Perbedaan Layanan ChatGPT Gratis dan Berbayar

Tentu saja semua teknologi ini tidak gratis. Seperti teknologi pada umumnya, ada yang versi gratis dan berbayar. Apa bedanya, ya?

Versi gratis chatbot  ini menyediakan respons bertenaga AI untuk pertanyaan dalam berbagai bahasa. Namun, tidak menawarkan dukungan pelanggan, dan tanggapannya mungkin tidak secepat pada versi berbayar. Yang paling terasa, versi gratis biasanya ada limitasi yang berarti Anda hanya bisa menanyakan beberapa pertanyaan dalam pemakaian satu hari.

Selain itu, versi berbayarnya menawarkan respons prioritas, yang berarti pertanyaan Anda dijawab lebih cepat daripada versi gratisnya. Adapun keuntungan lainnya adalah fitur unlimited yang membuat Anda bisa bertanya pada ChatGPT sebanyak yang Anda mau.

Walau memudahkan dan mempunyai banyak keuntungan, chatbot  ini tak sepenuhnya sempurna. Tanggapan dapat terdengar seperti mesin dan tidak alami. Karena itu, penulis konten masih perlu meninjau dan mengedit konten agar mengalir lebih alami, seperti layaknya tulisan manusia.

BACA JUGA: 20 Pekerjaan yang Terancam Hilang dalam 5 Tahun, Apa Pekerjaanmu Sekarang Ada di Dalamnya?

Cover: Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan