banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

20 Pekerjaan yang Terancam Hilang dalam 5 Tahun, Apa Pekerjaanmu Sekarang Ada di Dalamnya?

author

Dhevita Wulandari20 Sep 2022

20 Pekerjaan yang Terancam Hilang dalam 5 Tahun, Apa Pekerjaanmu Sekarang Ada di Dalamnya?

Dengan berkembangnya zaman dan teknologi, pekerjaan manusia bisa tergantikan oleh mesin atau robot. Kira-kira apa saja pekerjaan yang terancam akan hilang di masa depan?

Menyusul semakin cepat dan terus berkembangnya teknologi digital saat ini, beberapa pekerjaan diprediksi akan hilang pada 2025 yang akan datang. Kehadiran teknologi digital ini memang tidak bisa dipungkiri memiliki andil yang sangat besar dalam keberlangsungan hidup manusia.

Terancam hilangnya beberapa pekerjaan di masa depan ini bukan tanpa sebab, tapi tidak lain akibat adopsi dan penerapan sejumlah teknologi dalam kehidupan sehari-hari seperti AI dan otomatisasi. 

BACA JUGA: 4 Pekerjaan di Rumah Ini Bisa Buat Hidup Kaya Raya dan Bahagia

Hal ini ternyata turut terungkap dari laporan Forum Ekonomi Dunia (WEF) dengan judul ‘Survei Pekerjaan Masa Depan’ yang dirilis pada 2020 lalu. Khusus dalam bidang teknologi, revolusinya diramal akan semakin massive, di mana kondisi ini didorong oleh kecerdasan buatan dan otomasi (penggunaan mesin atau sistem kontrol).

Dalam laporan tersebut, 85 juta pekerjaan diperkirakan akan tergeser oleh perubahan besar-besaran yang diakibatkan pembagian tenaga kerja antar manusia dan mesin tahun 2025 mendatang.

Tidak hanya itu, terdapat jenis peran tertentu yang akan berkurang. Namun, akan ada kemunculan keterampilan serta pengalaman baru. Dari data survey, jumlahnya adalah sekitar 97 peran pada 15 industri dan 26 ekonomi.

Dikutip dari Yahoo.com, berikut daftar 20 pekerjaan yang terancam akan hilang di masa depan.

  1. Petugas Entri Data
  2. Sekretaris Administrasi dan Eksekutif
  3. Petugas Akuntansi, Pembukuan dan Gaji
  4. Akuntan dan Auditor
  5. Pekerja Perakitan dan Pabrik

Untuk tahu pekerjaan lainnya yang terancam akan hilang di masa depan, Mommies bisa baca di halaman selanjutnya, ya.

BACA JUGA: Jenis Pekerjaan Perempuan di Drakor, Di Sini Ada Nggak, Ya?

Cover image: Image by Drazen Zigic on Freepik

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS