banner-detik
PARENTING & KIDS

Meninggal Setelah Operasi Amandel dan Divonis Mati Batang Otak, Apa Itu?

author

Dhevita Wulandari04 Oct 2023

Meninggal Setelah Operasi Amandel dan Divonis Mati Batang Otak, Apa Itu?

Kabar duka muncul dari seorang anak yang meninggal dunia setelah operasi amandel dan divonis mati batang otak. Ini penjelasan dan penyebabnya.

A, seorang anak usia 7 tahun di Bekasi meninggal dunia dan diduga mengalami malpraktek setelah menjalankan operasi amandel (2/10). Ia dirawat dalam kondisi mati batang otak sebelum menghembuskan nafas terakhirnya.

Orang tua dan pengacara anak tersebut mengonfirmasi kabar kepergian dan membuat laporan atas kondisi A setelah operasi amandel. Setelah operasi, A tidak juga sadarkan diri. Padahal sang kakak, J, sudah sadar setelah menjalankan operasi yang sama.

Pengacara menyebut dokter sudah melakukan upaya agar A sadar tapi tidak ada hasil. Dokter akhirnya mendiagnosis A mengalami mati batang otak.

BACA JUGA: 8 Hal yang Diharapkan Orang Tua dari Sekolah Saat Ada Kasus Bullying

Apa itu mati batang otak?

Mengutip dari CNN Indonesia, mati batang otak atau brainstem death adalah kondisi seseorang tidak lagi memiliki fungsi otak, sehingga dibutuhkan mesin pendukung.

Melansir dari NHS, pasien tidak bisa bernapas dan sadar kembali jika tidak ada alat atau mesin pendukung.

Batang otak terletak di bawah otak dan terhubung ke sumsum tulang belakang. Batang otak juga bertanggung jawab mengatur sebagian besar fungsi otomatis tubuh yang penting bagi kehidupan seseorang, seperti pernapasan, denyut jantung, tekanan darah, menelan, hingga pengiriman informasi ke dan dari otak ke seluruh tubuh.

Ketika batang otak berhenti bekerja, otak tidak mampu mengirimkan pesan ke tubuh, tidak bisa mengontrol fungsi bawah sadar, dan tidak bisa menerima pesan dari tubuh.

Menurut laman Great Ormond Street Hospital, pasien dengan kematian batang otak tidak memiliki peluang untuk sembuh. Berdasarkan hukum yang berlaku di beberapa negara, termasuk Inggris, kematian batang otak adalah cara untuk menyatakan pasien meninggal karena terhentinya pernapasan dan sirkulasi.

BACA JUGA: 7 Kebiasaan Sehari-hari Penyebab Cacingan pada Anak, Termasuk Tidak Cuci Tangan

Lalu, apa yang bisa menyebabkan matinya batang otak? Untuk tahu penyebab mati batang otak, Mommies dan Daddies bisa lanjutkan baca dengan klik di sini.

Cover: Image by jcomp on Freepik

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan