banner-detik
LIFESTYLE

20 Daftar Istilah Gen Z di Media Sosial, Biar Orang Tua Nggak Bingung!

author

Dhevita Wulandari08 Sep 2023

20 Daftar Istilah Gen Z di Media Sosial, Biar Orang Tua Nggak Bingung!

Mommies dan Daddies pasti sering bingung membaca postingan anak di media sosial. Biar nggak bingung, ini daftar istilah Gen Z yang sering dipakai.

Setiap generasi pasti memiliki bahasa yang unik dan sering digunakan, seperti halnya generasi Z atau Gen Z saat ini. Ternyata, banyak bahasa slang yang digunakan Gen Z di media sosial yang sering kali membuat para generasi sebelumnya kebingungan saat membacanya.

Slang adalah ragam bahasa dan ungkapan musiman yang digunakan oleh kelompok sosial tertentu dalam situasi informal dan disebut juga bahasa gaul. Bahasa slang ini biasanya diciptakan hampir mirip dengan kata aslinya, namun lebih ear catchy atau gampang nempel di telinga.

Bahasa Slang Gen Z yang Sering Digunakan di Media Sosial

Biar Mommies dan Daddies nggak bingung lagi saat melihat postingan anak atau Gen Z lainnya di media sosial, ini daftar istilah Gen Z yang mungkin perlu diketahui.

1. Gamon

Gamon merupakan singkatan dari gagal move on. Istilah ini sering disebut Gen Z untuk orang yang baru putus cinta namun belum bisa melupakan mantannya.

2. Kalcer

Kalcer diambil dari bahasa Inggris “culture” dengan pengucapan yang sama namun dalam tulisan bahasa Indonesia. Istilah ini bisa digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu yang sedang populer. Bisa ditujukan untuk fashion, kegiatan, barang, dan lain-lain.

3. Mentil

Unik, mentil merupakan singkatan dari mental illness. Istilah tersebut digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang mengalami atau memiliki gangguan kesehatan mental.

4. Skiber

Skiber adalah singkatan dari “Skip Berat”. Artinya, seseorang yang tidak ingin melakukan aktivitas tertentu.

BACA JUGA: Rating Tertinggi, Ini 20 Film Anime Terbaik dan Seru Sepanjang Masa

5. YGY

Istilah ini sudah sering muncul di media sosial. YGY merupakan singakatan dari “Ya Guys Ya” atau “Ya Gaes Ya”, atau bisa juga “Ya Ges Ya”. Singkatan ini biasa digunakan untuk meyakinkan sesuatu kepada orang lain.

6. Rizz

Memiliki arti kharisma, istilah ini digunakan ketika seseorang memiliki kharisma yang bisa menarik lawan jenis dalam konteks romantis. Mommies juga bisa menggunakan istilah ini untuk Daddies. Misalnya, karena Daddies memiliki rizz makanya Mommies bisa jatuh hati dan menikah dengannya. Cieee.

7. YTTA

YTTA adalah singkatan dari “Yang Tau Tau Aja”. Singkatan ini digunakan saat seseorang memberitahu suatu informasi namun tidak menggunakan konteks yang jelas.

8. Cheugy

Nah, untuk istilah ini agak jauh berbeda dari istilah aslinya. Cheugy artinya out of date atau tidak trendi lagi. Biasanya digunakan saat seseorang mengomentasi sesuatu yang trennya sudah lewat.

9. IYKYK

Terlihat sulit, padahal IYKYK merupakan singkatan dari “If You Know You Know” atau “Kalau kamu tahu, pasti tahu”. Istilah ini biasanya lebih mengarah ke obrolan suatu circle yang memang hanya dimengerti oleh orang-orang satu circle-nya.

10. Periodt

Periodt digunakan saat seseorang setuju dengan suatu pernyataan. Bukan typo, huruf t diakhir kata memang sengaja ditambahkan untuk menekankan poin dan makna yang disampaikan.

Nah, kira-kira ada istilah apa lagi yang sering digunakan oleh para Gen Z di media sosial? Untuk tahu istilah lebih banyak lagi, Mommies dan Daddies bisa lanjutkan baca dengan klik di sini, ya!

BACA JUGA: Rekomendasi Drakor Terbaru di Bulan September

Cover: Image by <a href=”https://www.freepik.com/free-photo/teenagers-friends-having-fun-together_22894040.htm#query=gen%20z&position=0&from_view=search&track=ais”>Freepik</a>

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan