banner-detik
PARENTING & KIDS

7 Buku Sex Education yang Bagus untuk Anak Balita hingga Remaja

author

Rahmasari Muhammad05 Sep 2023

7 Buku Sex Education yang Bagus untuk Anak Balita hingga Remaja

Buku sex education berikut ini menurut saya bisa digunakan untuk mengajarkan anak mengenai pendidikan seks mulai dari beragam rentang usia anak. 

Sex education sangat penting dikenalkan sejak dini, agar anak mengetahui cara menjaga diri, menjauhkan anak dari kejahatan seksual, mempersiapkan anak untuk pubertas, mencegah kehamilan usia diri, juga membiasakan anak menjaga kesehatan termasuk organ reproduksinya. Hal-hal tersebut dapat diajarkan melalui buku sex education yang tepat.

Baca juga: Pertanyaan Tentang Seks dari Anak yang Bikin Pusing Orang tua dan Cara Menjawabnya

Apa saja sih rekomendasi buku sex education yang bagus untuk anak sesuai usia mereka? Simak yuk! 

Buku Untuk Anak Usia 3-5 tahun

1. Seri Buku “Aku Bisa Melindungi Diri”

Seri buku yang ditulis oleh Fita Chakra ini sesuai untuk anak berusia 3-5 tahun. Sebagai awal bisa dibacakan cerita “Apa beda laki-laki dan Perempuan” untuk mengenalkan sex education yang mendasar yaitu konsep perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Setelah itu, dapat dilanjutkan dengan cerita “Saat Aku Takut dan Bingung” yang mengajarkan anak menjaga bagian tubuh yang boleh & tidak boleh dipegang.  Selanjutnya yang dapat dikenalkan yaitu cerita “Aku Berani bilang Tidak” yang mengajarkan anak melindungi diri dari kejahatan seksual, contohnya dengan menolak ajakan atau pemberian orang yang tidak dikenal. 

Selain diisi dengan cerita seputar pendidikan seksual, seri buku ini juga memberikan tips bagi orangtua dan pendidik tentang apa yang sebaiknya diajarkan & dilakukan kepada anak-anak, agar anak lebih paham konsep seksualitas sesuai usianya. 

2. Seri Buku “Pendidikan Seksual untuk Anak Usia Dini” 

Buku karya Pauline Oud yang diterbitkan oleh Clavis ini berisi gambar-gambar dan ilustrasi yang menarik, lucu serta mudah dipahami anak, juga cerita singkat yang mudah dibacakan orangtua. 

“Semua tentang tubuh kita” membahas tentang tubuh manusia dari ujung kaki hingga ujung rambut. Apakah kamu tahu nama bagian tubuhmu? Bagaimana cara merawat tubuh? Apa yang kita lakukan jika sakit? Buku sex education ini penuh informasi untuk memperkenalkan dan menjelaskan mengenai pendidikan seksual untuk anak usia dini, mulai 3 tahun ke atas.

Karya Pauline Oud lain yang sesuai untuk anak usia dini yaitu “Perasaan Ya & Tidak”, yang membahas tentang berbagai perasaan yang dialami anak. Buku ini membantu anak merasa bahwa merekalah pemilik tubuh mereka dan berhak mengatakan ya atau tidak sesuai dengan kondisi yang mereka alami sehari-hari. 

Buku ini juga tepat untuk membantu anak memahami konsep pengendalian diri dan juga meningkatkan kepercayaan diri melalui permainan dan pertanyaan yang mendidik dan menyenangkan.     

3. Buku “Amazing You”

Jika Mommies ingin menggunakan buku berbahasa Inggris sebagai media edukasi, Buku “Amazing You” dapat menjadi pilihan buku sex education yang sesuai untuk anak berusia 3-6 tahun.  “Amazing You” membahas tentang konsep seksualitas seperti bagian tubuh, kelahiran, dan reproduksi dengan penjelasan sederhana dan ilustrasi menarik, menjadikan buku ini salah satu alternatif buku sex education yang tepat untuk anak usia dini. 

Buku Sex Education yang Sesuai untuk Anak Usia 6-12 tahun 

1. Buku “Aku dan Diriku Berharga” 

Buku sex education karya Nova Dhelia & Andillah Utami ini memiliki format yang unik. Selain cerita, juga menyajikan lembar aktivitas anak, yang sesuai untuk anak berusia 5-9 tahun.  Pendidikan yang diberikan di buku sex education ini cukup lengkap, mulai dari pengenalan perasaan, pengenalan jenis sentuhan, pengenalan orang di sekitar anak, pengenalan bagian tubuh yang boleh disentuh & tidak, serta pengenalan cara bersikap kepada orang lain disekitar anak. 

2. Buku “Dari Mana Adik Bayi Berasal?” 

Buku sex education karya Watiek Ideo ini berisi 21 pertanyaan seputar seksualitas yang sangat tepat dikenalkan untuk anak berusia 6 tahun keatas, berisi pertanyaan yang seringkali ditanyakan anak, dilengkapi jawaban tepat yang dapat diberikan orangtua. Diharapkan melalui buku ini, orangtua mampu menjelaskan konsep seksualitas berdasarkan keilmuan dengan kalimat sederhana yang dapat dipahami anak. 

Buku ini menarik karena disajikan dalam bentuk komik full color, menyajikan tips ngobrol seksualitas bersama anak, juga isinya telah direview oleh Psikolog dan Ginekolog, menjadikannya buku sex education yang tepat untuk anak usia SD.

Sumber foto dari sini

3. Buku “Am I Doing Okay?” 

Buku sex education karya Psikolog Anastasia Satriyo, Gisella Tani Pratiwi & Anggita Hotna Panjaitan ini berfokus kepada persiapan anak menjelang pubertas, khususnya seputar perubahan diri & emosi anak. 

Seringkali, anak merasa bingung dengan perubahan yang mereka alami pada masa pra-remaja (biasanya di usia 10-12 tahun), karena itulah sangat diperlukan pendampingan orangtua agar anak memahami konsep perubahan diri dan pubertas, juga dapat mempersiapkannya dengan lebih baik. Buku sex education ini dapat menjadi pilihan tepat untuk orangtua yang memiliki anak usia pra-remaja & remaja. 

4. Buku “Ada Apa Dengan Tubuhku?”

Buku sex education pra-remaja & remaja karya Lynda Madaras ini menyajikan pembahasan lugas & lengkap mengenai perubahan bentuk & ukuran tubuh, pola makan & olahraga, pertumbuhan kilat, organ reproduksi, rambut yang tumbuh di bagian tubuh tertentu, perubahan suara, asmara dan Hasrat seksual, serta edukasi lain seputar pubertas yang layak diketahui anak di usia pra-remaja & remaja. 

Buku seks education ini memiliki dua versi, untuk anak laki-laki & Perempuan, yang membuatnya menjadi lebih spesifik sesuai kondisi masing-masing gender sehingga lebih mudah dipahami anak.   

Share Article

author

Rahmasari Muhammad

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan