banner-detik
LIFESTYLE

Destinasi Wisata Solo yang Hits. Tiket Masuknya Ada yang Gratis!

author

dewdew01 Sep 2023

Destinasi Wisata Solo yang Hits. Tiket Masuknya Ada yang Gratis!

Yang punya rencana mengunjungi kampung halaman Jokowi, cek rekomendasi destinasi wisata Solo berikut ini. Seru banget, bahkan ada yang HTMnya gratis.

Sepertinya mas Wali alias Gibran Rakabuming ngegas terus mempromosikan kota Solo sebagai kota budaya dan wisata. Jika Mommies mengunjungi Solo, banyak banget destinasi wisata yang bisa didatangi dan nggak rugi, deh, ke sana. Benar-benar memberikan experience tersendiri. Terutama ketika mengunjungi destinasi yang kaya akan budaya Jawa.

Selain menikmati suasana kota Solo yang khas, Mommies dan anak-anak bahkan bisa belajar tari Jawa juga di Istana. Mirip putri-putri keraton. Ada juga rumah khusus membuat essential oil di Tawangmangu, semacam area Puncak di Jakarta. 

Berikut ini beberapa destinasi wisata Solo yang hits. Ada yang tiket masuknya gratis, lho.

Solo Safari

Revitalisasi Solo Safari Tahap 2 Segera Dimulai, Bakal Ada Aviary-Hippo

Foto: Agil Trisetiawan Putra/detikJateng

Kawasan wisata edukasi satwa yang beralamatkan di area Jebres, Solo ini punya luas 13,9 hektar. Wah, anak-anak pasti senang banget diajak ke sini. Di sini, bukan hanya akan mengenal lebih dekat satwa endemik Indonesia, tetapi anak-anak juga mencoba berbagai atraksi di area hiburan yang tersedia!

Kalau dipikir-pikir, iya, sih, secara konsep mirip Taman Safarinya Puncak. Ada aktivitas Petting Zoo, tempat bermain dengan hewan-hewan jinak. Ada juga atraksi satwa dan menaiki Satwa Tunggang. 

Alamat: Jalan. Ir. Sutami No.109 Kentingan Kentingan , Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126

HTM:
Weekday: Rp 45.000-anak-anak
                   Rp 55.000-dewasa
Weekend: Rp 60.000-anak-anak
                   Rp 75.000-dewasa

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi Saat Mudik

Masjid Raya Sheikh Zayed 

Masjid yang merupakan replika dari Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi ini, memang belum lama dibuka. Diresmikan tgl 14 November 2022 lalu ini,  Masjid Raya Sheikh Zayed adalah hadiah dari Persatuan Emirat Arab (PEA) kepada Indonesia.

Arsitekturnya sendiri dibuat mirip aslinya dengan empat menara menjulang, dan satu kubah utama, dikelilingi 81 kubah-kubah kecil, dan ornamen bangunan Timur Tengah. Namun begitu, masjid ini menggunakan karpet bermotif batik serta tembok di dekat imam bertuliskan Asmaulhusna.

Banyak orang yang sudah berkunjung dan sholat di sini merasakan vibe-nya Arab banget. Lantunan ayat suci Al-Qur’an dikumandangkan khas Timur Tengah. Di tamannya ada pohon palem, lho. Masjidnya juga kesannya jadi mewah banget.

Alamat: Jl. Raya Solo No.122, Gilingan, Kec. Banjarsari,
HTM: Gratis

The Heritage Palace Solo

Foto: Heritage Solo

Sebenarnya lokasi mantan Pabrik Gula peninggalan kolonial Belanda ini, letak persisnya di kota Kartasura. Agak minggir sedikit, tapi masih berbatasan langsung dengan Solo. 

Didirikan pada tahun 1889, bangunan Pabrik Gula diubah jadi bangunan megah dengan arsitektur ala Eropa klasik pada tahun 1920. Bahkan The Heritage Palace ini sudah diakui sebagai Bangunan Cagar Budaya. 

Buat yang suka OOTD, cus, bawa kostum yang banyak dan bisa disesuaikan dengan gaya bangunannnya buat di-post di Instagram. Ada juga beragam aktivitas seperti berfoto, mengunjungi museum 3 Dimensi, menikmati museum transportasi, serta beberapa kegiatan lainnya.

Alamat: Jl. Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo Honggobayan, Pabelan, Kec. Kartasura
HTM: Mulai Rp 55.000

Puro Mangkunegaran

destinasi wisata Solo

Mau dinner ala keluarga Sultan Mangkunegaran? Mommies dan keluarga bisa ambil paket Gala Dinner yang mengedepankan nuansa klasik acara jamuan malam kerajaan Jawa.

Paket Gala Diiner ini meliputi pertunjukan 2 tarian khas Pura Mangkunegaran, mengunjungi museum, aktivitas potong tumpeng dan penyerahan cinderamata dari Pura Mangkunegaran, termasuk makan malam prasmanan.

Selain mengunjungi museum yang menyimpan berbagai koleksi berbagai benda bersejarah, Mommies dan si kecil bisa ikut workshop tari, seperti Tari Gambyong Retno Kusumo untuk anak perempuan, dan Tari Bondoyudo untuk anak laki-laki.

Alamat: Jl. Ronggowarsito No.83, Keprabon, Kec. Banjarsari
HTM: Rp 20.000 (untuk paket gala dinner cek website resminya di sini)

Baca juga: Tempat Wisata Hits di Jabodetabek

Keraton Surakarta Hadiningrat

Daftar Nama Raja-raja Keraton Surakarta pada Abad 18-19

Foto by: Antara Foto/Mohammad Ayudha

Perlu dicatat, ketika Mommie berkunjung ke Keraton Kasunanan ada beberapa tempat yang nggak boleh dimasuki. Tempat terlarang tersebut adalah kediaman Raja Pakubuwono.

Jadi saat Mommies mengunjungi area di Keraton Kasunanan, mommies boleh ke pendopo besar di dalam Sasana Sewaka. Di tempat itulah terdapat pertunjukan tari dan gamelan. 

Jangan lupa, saat masuk Sasana Sewaka lepaskan alas kaki dan berjalan dengan kaki telanjang di hamparan pasir yang diambil langsung dari Pantai Parangkusumo dan Gunung Merapi. 

Terdapat juga museum yang ada di dalam kawasan Keraton Kasunanan. Terdapat berbagai koleksi kerajaan seperti kereta kencana, tandu, patung, senjata kuno dan beberapa koleksi lainnya.

Alamat: Jl. Kamandungan, Baluwarti, Kec. Ps. Kliwon

Rumah Atsiri Solo

destinasi wisata solo

Jikalau Mommies lebih memilih untuk tidak menginap di Rumah Atsiri Glamping, Rumah Atsiri juga menyediakan paket tur 8 Jam.

Mommies akan dijemput dari titik penjemputan di Solo dan kemudian diantar ke Tawangmangu tempat rangkaian kegiatan tur. 

Dalam tur 8 jam ini mommies akan melihat langsung proses pembuatan minyak atsiri. Setelah makan siang dilanjutkan dengan tur museum dengan pemandu, mengunjungi bengkel dan diakhiri dengan menikmati snack untuk kemudian diantar lagi ke titik penjemputan.

Alamat: Jl. Watusambang, Watusambang, Plumbon, Kec. Tawangmangu
Harga paket: Hubungi +62812-111-222-63

House of Danar Hadi

Betul bahwa surganya batik Solo ada di Laweyan, Kauman, dan Pasar Klewer. Tapi kalau mau lihat pusat pelestarian budaya batik dan museum batik, Mommies wajib mengunjungi House of Danar Hadi. 

Museum batik ini sebenarnya bagian dari rumah keluarga Danar Hadi. Di dalamnya terdapat 10.000 helaian batik. Kain-kain batik ini berasal dari periode dan pengaruh budaya yang beragam. Ada batik Belanda, ada yang terpengaruh budaya Eropa, bahkan ada batik China, Djawa Hokokai, Sudagaran, dan sebagainya.

Buat pecinta batik, House of Danar Hadi adalah surganya.

Alamat: Jalan Slamet Riyadi Nomor 261, Sriwedari, Kecamatan Laweyan
HTM: Rp 8.000 – pelajar
           Rp 35.000 – umum

Share Article

author

dewdew

Mother of Two. Blogger. Make-Up Lover. Skin Care Amateur. Beginner Baker. Entrepreneur Wannabe. And Everything in Between. www.therusamsis.wordpress.com


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan