banner-detik
LIFESTYLE

10 Rekomendasi Tempat Wisata Jawa Tengah dan Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi Saat Mudik

author

Katharina Menge15 Apr 2023

10 Rekomendasi Tempat Wisata Jawa Tengah dan Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi Saat Mudik

Saat mudik ke daerah Jawa Tengah atau Jawa Timur, Mommies wajib ajak si kecil mampir ke tempat wisata berikut ini!

Ketika mudik ke Jawa Tengah dan Jawa Timur, tentu saja Mommies dan keluarga tidak hanya mengisi waktu dengan bersilahturahmi dengan keluarga dan kerabat dekat, sebab mumpung sudah ada di sana, ada baiknya sekalian mampir ke tempat wisata yang ada di kota tersebut. Hitung-hitung liburan bersama keluarga.

Kalau Mommies dan si kecil berencana untuk menghabiskan waktu berlibur saat mudik, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk kalian!

BACA JUGA: Tips Mudik Bersama Balita yang Nyaman dengan Berbagai Moda Transportasi

Tempat Wisata di Jawa Tengah

Catat, Mom, ini piliha tempat wisata Jawa Tengah untuk Mommies dan keluarga, termasuk di kecil!

1. Brown Canyon, Semarang

Kalau di Arizona ada Grand Canyon, di Semarang ada Brown Canyon. Tempat wisata alam bekas pertambangan di Jawa Tengah ini bisa jadi pilihan untuk mengisi waktu mudik keluarga. Mommies bisa mengenalkan si kecil dengan pemandangan alam yang cantik dan indah di area perbukitan. Jangan lupa abadikan juga momen selama di sana, ya!

Alamat: Rowosari, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah

Foto: Instagram/paramatours

2. Taman Wisata Air Panas Guci, Tegal

Nikmati seruny berendam dan berenang di air panas bersama keluarga di Taman Wisata Air Panas Guci. Setelah sebelumnya bersilahturahmi dengan keluarga, kerabat, dan tetangga, isi sisa mudik Mommies dengan kegiatan santai ini. Tempatnya terbuka untuk umum dan banyak didatangi dari segala usia. Wajib datangi Pancuran 13 yang memiliki 13 pancuran air panas dan dipercaya dapat menyembuhkan aneka penyakit, terutama penyakit kulit.

Alamat: Jalan Objek Wisata Guci, Kalengan, Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah

3. Celosia Happy and Fun, Semarang

Kini tidak perlu jauh-jauh berkunjung ke Jepang atau Korea, Mommies cukup ajak keluarga pergi ke Celosia Happy and Fun. Selain hamparan aneka bunga yang indah, ada dua area menarik yang wajib dikunjungi, yaitu Little Korea dan Rural Japanese. Keduanya adalah sudut menari untuk menikmati keindahan musim semi di dua negara tersebut. Anak-anak juga bisa belajar mengenal banyak kebudayaan baru serta aneka jenis bunga yang tersedia di sana.

Alamat: Jl. Ke Candi Gedong Songo No.KM, RW.5, Beroken, Candi, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

Foto: Dok. Pribadi

4. Pantai Nampu, Wonogiri

Kalau ingin mencoba wisata air yang lebih terbuka, coba mampir ke sini. Pantai Nampu memberikan pemandangan indah yang bisa membuat perasaan damai dan tenang datang. Pantai ini punya pasir putih yang cantik dengan garis pantai yang panjang. Area pantainya juga dikelilingi oleh perbukitan karst yang jadi ciri khas pantai laut selatan pulau Jawa.

Alamat: Gunturharjo, Paranggupito, Wonogiri, Jawa Tengah

5. Candi Gedongsongo, Semarang

Masih di Semarang, isi liburan mudik nanti dengan datang ke wisata edukasi Candi Gedongsongo. Mommies bisa mengajak anak-anak berkeliling melihat keindahan candi yang tersebar di area tersebut. Supaya tidak lelah, sewa kuda poni untuk menemani keluarga berkeliling. Mommies juga bisa bersantai di Ayanaz yang terdapat di bagian dalam area Candi Gedongsongo, lho!

Alamat: Jalan Ke Candi Gedong Songo, Candi, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

Foto: Dok. Pribadi

Tempat Wisata di Jawa Timur

Kalau mudiknya di area Jawa Timur, maka wajib banget mampir ke deretan tempat wisata ini!

1. Jatim Park 2, Batu

Jatim Park 2 punya banyak wahana dan atraksi yang menarik, mulai dari The Legend Star, Jurassic Park, Sepeda Udara, dan banyak lainnya. Jatim Park 2 juga menawarkan program edukasi dan budaya yang menarik, seperti Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Kampung Jawa. Mommies dan keluarga pasti akan sangat terhibur jika mudik ke Jawa Timur dan mampir ke sini!

Alamat: Jl. Raya Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur

2. Batu Love Garden – BALOGA

Di akhir tahun 2020 lalu, Batu Love Garden atau BALOGA sudah dibuka dan jadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi saat mudik ke Jawa Timur. Mommies bisa mengajak anak-anak melihat beragam jenis bunga, buah, dan juga sayur-sayuran dengan berlatar Gunung Arjuno.

Alamat: Jl. Raya Pandanrejo No.91, Pandanrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur

Foto: Instagram/balogaofficial

3. Pantai Papuma

Papuma adalah singkatan dari Pasir Putih Malikan, yaitu pantai yang posisi daratannya menjorok ke laut dengan gugusan karang dan tebing di sekelilingnya yang berpadu dengan hamparan laut. Sangat indah untuk liburan nyaman Mommies dan keluarga saat mudik ke Jawa Timur.

Alamat: Jl. Raya Lojejer, Wuluhan, Kab. Jember, Jawa Timur

4. Museum Angkut

Saat berkunjung ke museum transportasi pertama di Asia Tenggara ini, Mommies dan si kecil bisa mengetahui sejarah mobil dari masa ke masa. Abadikan juga momen berfoto dengan kendaraan pertama yang dimiliki oleh Presiden RI hingga Istana Buckingham Inggris. Setiap hari hingga akhir pekannya juga selalu ada show menarik yang wajib ditonton.

Alamat: Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur

Foto: Instagram/museumangkut

5. Kelenteng Sanggar Agung

Dikenal juga dengan nama Klenteng Hong San Tang, di sini konon dikatakan kalau Dewi Kwan Im pernah menunjukkan sosok dirinya. Klenteng ini merupakan tempat ibadah yang dibuka untuk tujuan wusata di Jawa Timur. Mommies bisa ajak anak-anak untuk mengenalkan ragam budaya lainnya yang ada di Indonesia dengan berkunjung ke sini.

Alamat: Jl. Sukolilo No.100, Sukolilo Baru, Kec. Bulak, Kota SBY, Jawa Timur

BACA JUGA: 9 Tips Mudik Bersama Bayi, Dijamin Nyaman dan Anti Repot!

Cover: Instagram/museumangkut

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan