banner-detik
EDUCATION

10 Ide Bekal Sekolah untuk Anak TK dan SD yang Bebas Ribet

author

dewdew31 Aug 2023

10 Ide Bekal Sekolah untuk Anak TK dan SD yang Bebas Ribet

Ide bekal sekolah kali ini dijamin bergizi lengkap tapi gampang dalam menyiapkannya. Cek ide-idenya berikut ini, ya. Biar mommies bebas ribet.

Siapa di sini yang masih suka bingung mau bawain anak bekal apa kalau ke sekolah? Inginnya, sih, yang sat-set dan memudahkan hidup, tapi, kok, suka kehabisan ide bekal sekolah, ya. 

Apalagi, nih, sekarang anak-anak sudah masuk sekolah setiap hari. Kalau dibawain bekal yang itu-itu aja, anaknya bisa bosan. Belum omongan julid yang bilang Mama kurang kreatif, ya. Aish…

Biar nggak bingung lagi, coba simak beberapa ide bekal sekolah untuk anak TK dan SD berikut ini. 

Ide bekal sekolah snack

Bekal sekolah anak TK biasanya nggak perlu yang berat-berat. Maklum, kan, sekolahnya juga belum sampai siang. Ide bekal sekolah berikut ini juga bisa buat si anak SD untuk dimakan di waktu istirahatnya.

Cheese sandwich

Sandwich menjadi menu berikutnya yang cocok dijadikan bekal sekolah untuk anak TK dan SD. Isiannya pun bisa beragam. Sesuaikan dengan selera anak agar anak mau menghabiskannya. Mommies bisa membuat sandwich dengan isian keju dan telur. Jangan lupa masukkannya juga selada dan tomat agar kebutuhan serat si kecil terpenuhi. 

Roti canai dan dimsum  

Perpaduan rasa asin dan manis sangat cocok untuk dijadikan bekal sekolah anak. Menu bekal ini juga praktis untuk anak yang waktu istirahatnya singkat. Sekarang pun sudah banyak dijual roti canai dan dimsum frozen. Jadi bekal yang satu ini tentunya sat-set untuk disiapkan. Mommies hanya perlu memanaskan roti canai di atas pan dengan mentega. Sementara dimsum cukup dikukus atau dimasukkan ke dalam air fryer. 

Roti bakar selai kacang dan cokelat 

Nah kalau roti bakar, siapa sih yang nggak suka? Bukan cuma buat bekal si kecil, Mommies juga bisa sekalian membuatkannya buat sarapan pak suami. Kalau nggak punya mesin roti bakar, Mommies bisa membuatnya di atas pan. Lelehkan mentega di atas pan, lalu panggang roti sampai kecokelatan. Setelah itu oleskan selai kacang dan cokelat. Jadi deh, bekal enak dan sat-set. 

Bakpao aneka rasa 

Bakpao sekarang juga banyak tersedia dalam bentuk frozen lho, Moms! Tinggal pilih bakpao dengan isian yang jadi favorit si kecil. Menyiapkannya cukup dengan mengukusnya dan voila bekal bakpao siap menemani di sekolah. Bisa tambahkan buah juga untuk melengkapi bekal ya. 

Macaroni schotel

Supaya nggak repot di pagi hari, Mommies bisa menyiapkannya pada malam hari. Buat adonan macaroni schotel lalu tempatkan pada cetakan alumunium foil untuk satu porsi, kemudian simpan di dalam kulkas. Besok paginya, Mommies hanya perlu memanggangnya di dalam oven atau mengukusnya.

Ide bekal sekolah untuk makan siang

Nah, buat si anak SD yang jam sekolahnya sudah lewat jam 12 siang, tentu Mommies perlu menyiapkan bekal makan siang. Cek ide bekal sekolah berikut ini yang simpel cara masaknya, tapi tetap penuh gizi.

Grilled salmon saos teriyaki 

Salmon menjadi salah satu jenis ikan yang banyak disukai anak-anak karena teksturnya yang lembut. Mommies bisa membuat grilled salmon saos teriyaki untuk bekal si kecil. Memasak menu yang satu ini juga sangat praktis, marinasi salmon dengan saus teriyaki siap jadi, lalu  cukup panggang dalam grill pan. Jangan lupa lengkapi juga dengan sayuran agar bekal menjadi menu seimbang. 

Baca juga: Rekomendasi Tempat Makan yang Gampang Dibawa Untuk Bekal Anak

Fusili carbonara 

Pasta juga jadi salah satu comfort food nya anak-anak. Membuatnya pun cukup mudah. Menu fusili carbonara ini juga bisa jadi menu bekal satu keluarga, lho. Tambahkan buah dan cookies kesukaan si kecil, dijamin auto lahap. 

Nasi goreng a la hongkong 

Nasi goreng tanpa kecap manis ini juga menjadi menu favoritnya anak-anak. Bumbunya pun cukup praktis dan pasti ada di dapur. Bawang merah, bawang putih, garam, bubuk kaldu, saos tiram, dan sedikit kecap ikan cukup membuat nasi goreng ini menjadi sedap. Jangan lupa tambahkan telur mata sapi ya, Moms. 

Ayam saos tiram 

Menu ayam saos tiram juga cocok untuk jadi menu makan siang anak di sekolah. Fillet ayam menjadi bagian kecil, jika ada pilih bagian paha supaya lebih lembut. Lalu cukup tumis dengan bawang putih dan bawang bombay, tambahkan saos tiram, kecap manis, dan bubuk kaldu. Cukup 10 menit saja lho Moms memasaknya. Tambahkan salad dan buah juga untuk menu bekal yang lebih lengkap. 

Baca juga: Sebenarnya Berapa Banyak, Sih, Bekal yang Harus Dibawa Anak ke Sekolah?

Kimbab

Kimbab juga jadi satu menu bekal yang mudah untuk dimodifikasi. Mommies bisa membuatnya dengan isian yang beragam mulai dari salmon, udang, hingga sesimpel telur dadar. Gizinya lengkap banget lagi. Dari karbohidrat, protein, hingga serat dalam sekali hap. Bentuknya yang praktis juga tidak akan merepotkan anak saat memakannya di sekolah.

Nah itu dia ide bekal sekolah untuk anak TK dan SD. Ada yang sudah pernah Mommies buat?

 

Share Article

author

dewdew

Mother of Two. Blogger. Make-Up Lover. Skin Care Amateur. Beginner Baker. Entrepreneur Wannabe. And Everything in Between. www.therusamsis.wordpress.com


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan