banner-detik
SELF

5 Cara Efektif Mengencangkan Kulit Leher yang Kendur dan Keriput

author

RachelKaloh29 Aug 2023

5 Cara Efektif Mengencangkan Kulit Leher yang Kendur dan Keriput

Aging is inevitable, tapi cara efektif berikut ini bisa dilakukan untuk mengencangkan kulit leher yang kendur dan keriput.

Siapa, sih, yang nggak mau menua seperti Sophia Latjuba? Ya, meski uang tentu ada andil di sini, tapi gaya hidup yang kita pilih juga bisa bawa pengaruh besar terhadap bagaimana kita ingin tampil meski usia terus bertambah. Salah satu masalah yang sering dialami dan menjadi concern kita di usia baya ini adalah penampakan kulit leher. Paling anti, deh, kalau sampai kulit leher jadi kendur dan keriput. Tapi, gimana caranya biar bisa tetap kencang. Meski keriput tidak bisa terelakkan, setidaknya bisa diminimalkan. Yuk, simak cara mengencangkan kulit leher berikut ini.

1. Menggunakan teknik pijat khusus yang bisa mengencangkan kulit leher

Dilansir Wolipop, teknik pijatan berikut ini bisa membantu mengencangkan kulit leher. Caranya: 

  1. Duduk senyaman mungkin, sandarkan kepala dan tubuh di kursi agar relaks. 
  2. Tempelkan kedua telapak tangan di bawah dagu untuk menyanggah kepala, kemudian gerakkan kepala ke kiri dan kanan selama beberapa menit dengan perlahan dan hati-hati. 
  3. Gunakan minyak zaitun atau baby oil ke telapak tangan. Aplikasikan pada kulit leher dengan gerakan memijat, di mana jari-jari tangan di posisi horisontal, lalu bergerak dari tulang selangka mengarah ke dagu. Lakukan selama 5-6 menit untuk mempertahankan elastisitas kulit leher.
  4. Pijat juga bagian tengkuk (belakang leher) dengan cara yang sama, menggunakan jari-jari tangan secara bergantian selama 1-2 menit.

Setelah selesai, leher tidak perlu dibersihkan karena minyak zaitun memiliki nutrisi yang dapat melembapkan kulit. 

2. Jadikan latihan leher sebagai rutinitas kebugaran Anda 

Judul gerakannya adalah Neck Stretch with Os. Caranya:

  1. Duduklah tegak di kursi atau sofa.
  2. Letakkan jari telunjuk Anda di dagu.
  3. Buka dan tutup mulut Anda.
  4. Tekan jari telunjuk Anda untuk menahan pembukaan mulut Anda.
  5. Rentangkan leher Anda ke atas dan ke bawah saat Anda membuka dan menutup mulut, jaga agar leher Anda tetap sejajar dengan tulang belakang.
  6. Lakukan ini 5 kali, dua kali sehari.

3. Lakukan perawatan dengan krim atau serum yang mengandung bahan alami pengencang kulit

Rangkaian perawatan wajah Anda sebaiknya diisi dengan penggunaan serum yang memiliki fungsi anti aging dan mengandung bahan-bahan penting, seperti Retinol, Bakuchiol, Peptide, dan Ceramide. Karena tujuannya mengencangkan kulit leher, maka ingatlah untuk mengaplikasikan krim maupun serum pada bagian leher secara merata, jangan hanya di wajah saja. 

Baca juga: 10 Gaya Hidup yang Wajib Diterapkan di Usia 40-an

4. Mengonsumsi makanan kaya akan antioksidan dan kolagen

Sebetulnya, Anda tidak perlu menyetok makanan khusus yang mengandung kolagen dan kaya akan antioksidan. Karena, kandungan kolagen ada pada makanan yang kita konsumsi sehari-hari, seperti ikan, ayam, putih telur, kaldu, dan buah-buahan seperti jeruk, buah beri, tomat dan sayuran hijau. Jadi, pastikan dalam satu porsi makan, selalu sedia nasi atau sumber karbohidrat lainnya, pilihan lauk di atas, dan sayuran. Lengkapi juga kebutuhan nutrisi Anda dengan mengonsumsi buah-buahan. 

5. Menghindari faktor penyebab kendur dan keriput, seperti paparan sinar matahari dan rokok

Sinar matahari yang kita jumpai sehari-hari adalah salah satu faktor penyebab kulit mudah kendur dan keriput. Oleh karena itu, penggunaan sunscreen setiap hari (meski Anda berada di dalam rumah seharian), sangat wajib dan tidak boleh dilewati. Sebisa mungkin, hindari merokok maupun terpapar asap rokok.

Baca juga: 5 Penyebab Berkurangnya Produksi Kolagen di Usia 40-an, Hati-hati Perokok!

Bisa disimpulkan bahwa menjaga kulit leher tetap kencang tidaklah sesulit yang dibayangkan. Kuncinya, ada di gaya hidup yang kita pilih sehari-hari. Pertanyaannya sekarang, apakah Anda siap menjaga komitmen untuk hidup sehat setiap hari? It’s your call!

Image by Freepik

Share Article

author

RachelKaloh

Ibu 2 anak yang hari-harinya disibukkan dengan menulis artikel dan content di media digital dan selalu rindu menjalani hobinya, menjahit.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan