banner-detik
SELF

5 Penyebab Berkurangnya Produksi Kolagen di Usia 40-an, Hati-hati Perokok!

author

Dhevita Wulandari23 Jun 2023

5 Penyebab Berkurangnya Produksi Kolagen di Usia 40-an, Hati-hati Perokok!

Selain faktor usia, ternyata ada penyebab lain yang bisa membuat produksi kolagen berkurang di usia 40-an. Hindari sebelum terjadi yuk, Mommies!

Mommies pasti sudah tidak asing dengan istilah kolagen yang biasa ditemukan di dunia kesehatan dan kecantikan. Secara alami, tubuh kita ternyata juga memproduksi kolagen, lho! Kolagen adalah jenis protein yang bertanggung jawab pada kesehatan sendi dan elastisitas kulit.

Namun, produksi kolagen akan menurun seiring bertambahnya usia. Usia yang bertambah juga menyebabkan jumlah kolagen yang semakin sedikit. Akibatnya, kulit menjadi lebih mudah keriput dan kendur.

BACA JUGA: Mengenal Pelvic Rest, Ketika Si Panggul Perlu Istirahat

Penyebab Produksi Kolagen Berkurang

Selain faktor internal, ada juga faktor eksternal yang memengaruhi produksi kolagen. Nah, apa saja yang bisa menyebabkan produksi kolagen semakin berkurang, khususnya di usia 40-an?

1. Faktor usia

Penuaan pasti terjadi pada semua orang dan merupakan proses alami yang tidak bisa dihindarkan. Proses penuaan dapat memengaruhi banyak hal di tubuh kita, termasuk tingkat produksi kolagen yang berkurang. Kolagen dalam tubuh juga ada yang bisa pecah lebih cepat.

Menurut dr. Garry Cussel, mulai usia 20, produksi kolagen pada lapisan dermis berkurang 1% setiap tahun. Akumulasi yang terus terjadi menyebabkan kolagen dalam tubuh sangat berkurang saat memasuki usia 40. Tentunya, kualitas kolagen saat sudah berumur juga tidak sebagus ketika muda.

Studi dari Molecular Mechanisms of Dermal Aging dan Antiaging Approaches menunjukkan kalau kolagen jadi terfragmentasi dan distribusinya menjadi lebih longgar.

2. Terpapar sinar UV

Menggunakan sunscreen secara rutin memiliki banyak manfaat pada kesehatan kulit. Sebab, ternyata sinar ultraviolet juga menjadi penyebab produksi kolagen dalam tubuh semakin melambat dan proses pemecahan juga terjadi lebih cepat.

Mommies juga perlu membatasi diri terlalu lama terpapar sinar matahari. Jika memang ingin berjemur untuk mendapatkan vitamin D, rata-rata waktu yang dianjurkan adalah 10-20 menit sebanyak 3-4 kali per minggu agar tetap mendapatkan asupan vitamin D yang cukup.

Untuk mengetahui penyebab lain berkurangnya produksi kolagen pada usia 40-an, Mommies bisa lanjutkan baca dengan klik di sini, ya!

BACA JUGA: Penyebab dan Gejala Bronkopneumonia, Viral Karena Polusi Udara

Cover: Photo by Teona Swift: https://www.pexels.com/photo/crop-senior-woman-applying-hydrating-eye-patches-6874396/

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan