banner-detik
EDUCATION

Tzu Chi Primary School, Ajarkan Anak Mandiri dan Mampu Mencintai Diri Sendiri

author

Katharina Menge16 Aug 2023

Tzu Chi Primary School, Ajarkan Anak Mandiri dan Mampu Mencintai Diri Sendiri

Tak hanya mengedepankan pendidikan akademis, Tzu Chi Primary School juga ajarkan anak-anak untuk mampu menjadi pribadi yang utuh dan bahagia.

Setiap bertandang ke area Pantai Indah Kapuk (PIK), Tzu Chi School selalu berhasil menarik perhatian banyak orang. Bentuk bangunannya yang kokoh dan berdiri tegak membuat banyak mata tak lepas untuk memandang. Rasa penasaran pun terbentuk dengan apa yang diajarkan kepada para siswanya untuk bekal masa depan.

Tzu Chi School memiliki tiga jenjang pendidikan yang ditawarkan, mulai dari Early Childhood, Primary, dan Secondary. Pendidikan yang diberikan pun terintegrasi untuk membentuk siswa yang tak hanya memilik kemampuan akademik yang baik tapi juga mampu menerapkan banyak nilai-nilai kehidupan yang baik.

Mommies Daily pun berkesempatan untuk bertandang langsung ke Tzu Chi School dan bertemu dengan Tan Triwanti, kepala sekolah Tzu Chi Primary School, untuk bertanya lebih dalam mengenai proses pendidikan serta metode belajar di sekolah swasta yang satu ini.

BACA JUGA: Rekomendasi Tas Sekolah yang Nyaman untuk Anak SD, SMP, dan SMA

Mendidik Anak yang Berguna Bagi Diri Sendiri dan Orang Lain

Berada di bawah naungan Yayasan Buddha Tzu Chi Wiyata Indonesia, Tzu Chi Primary School berusaha memberikan pendidikan yang berkualitas bagi para siswanya dengan menyediakan fasilitas yang komprehensif dan tenaga pengajar yang kompeten.

Tak hanya fokus pada pendidikan akademis, Tzu Chi juga mengajarkan pendidikan budi pekerti kepada para siswanya. “Jadi, pendidikan budi pekerti dan akademis sama-sama berjalan beriringan. Kedepannya kami berharap bisa membentuk sumber daya manusia yang tidak hanya berguna bagi orang lain dan bangsa, tetapi juga untuk dirinya sendiri,” jelas Miss Tri.

Tzu Chi percaya bahwa anak-anak harus menjadi pribadi yang utuh dan bahagia dengan dirinya sendiri terlebih dulu sebelum akhirnya bisa berguna dan membahagiakan orang lain. “Di jenjang sekolah dasar ini, kami mengajarkan anak-anak untuk juga bisa mengurus diri sendiri dulu, sebelum mereka mencoba untuk menolong orang lain,” tambah Miss Tri.

Untuk bisa maksimal dalam menerapkan hal tersebut, Tzu Chi tidak hanya berpatok pada teori dengan memberikan nasihat pada anak, tetapi juga menerapkan itu dalam aktivitas sehari-hari dan terintegrasi dalam proses pembelajaran.

Punya Kelas Pendidikan Budaya Humanis

Tzu Chi Primary School menerapkan kurikulum Cambridge untuk para siswanya. Di kelas 6 nanti, akan-anak akan diwajibkan untuk mengambil ujian Internasional Cambridge untuk Mathematic, English, dan Science. Di dalam pendidikan tersebut juga dimasukan nilai-nilai penting pendidikan humanis Tzu Chi yang merupakan keunikan dari sekolah ini.

“Jadi kita ada yang namanya Pendidikan Budi Pekerti yang diterapkan dalam satu subjek pendidikan, yaitu Pendidikan Budaya Humanis. Jadi ada kelasnya,” jelas Miss Tri. Pendidikan budaya humanis ini fokus untuk mengajarkan anak-anak tentang nilai kehidupan dan moral. Dalam penerapannya, para pengajar menggunakan perenungan dari Master Cheng Yen, pendiri Yayasan Tzu Chi.

Keunikan lainnya, Tzu Chi juga punya kelas Meracik Teh, Kaligrafi, dan Merangkai Bunga. Bukan tanpa tujuan, ada banyak filosofi dan pembelajaran yang diajarkan ke anak lewat kegiatan di dalam kelas tersebut.

“Meracik teh mungkin terlihat sederhana, tetapi di dalamnya ada filosofi yang diajarkan. Nomor satu adalah anak-anak diajarkan bersyukur,” ujar Miss Tri. Anak-anak akan diajarkan mulai dari bagaimana cara daun teh itu didapatkan, siapa yang mengerjakan, sehingga anak-anak mampu menghargai dari mana hal-hal yang mereka dapatkan. Ketika meracik teh pun anak diajarkan tata kramanya, lebih tenang dan tidak terburu-buru, dan juga diajarkan rasa menghormati dan menghargai pada saat menyajikan teh untuk diri sendiri dan orang tua.

Tzu Chi School juga sangat menjunjung nilai rasa bersyukur, rasa menghormati, dan cinta kasih. Karena itulah anak-anak juga dididik untuk menjadi pribadi yang bahagia sehingga bisa memberi tanpa pamrih dan mampu berguna untuk diri sendiri dulu. Hal itu diajarkan lewat Pendidikan Kecakapan Hidup (life skill) dan Lingkungan Hidup, yang diterapkan di kelas Budaya Humanis dan juga rutinitas di kelas.

Anak-anak sejak kelas satu sudah diajarkan kemampuan untuk mengurus dirinya sendiri, mulai dari mengenakan seragam dengan benar, memasang dan membuka ikat pinggang, mengikat tali sepatu, menyusun buku dengan rapi, cara duduk yang baik, hingga memberi salam yang benar.

“Hal-hal kecil yang mungkin kesannya simpel tapi sebenarnya hal seperti ini yang anak-anak harus terus diajarkan dan dipraktekkan terus menerus. Kami ingin anak-anak datang ke sekolah dengan rapi tapi jangan bergantung pada orang lain yang melakukan itu untuk kamu (anak), jadi kamu (anak) harus bisa melakukannya sendiri,” terang Miss Tri.

Semakin naik tingkat, pelajaran kecakapan hidup yang diajarkan juga semakin beragam, seperti menggosok baju, memotong sayuran dan buah, hingga memasak. Tujuannya tentu saja agar anak-anak memiliki keterampilan kecakapan hidup yang berguna baik untuk sekarang maupun di masa depan.

Fasilitas Lengkap untuk 60 Kelas

Untuk setiap tingkatan, Tzu Chi Primary School membuka 10 kelas sehingga total ada 60 kelas dengan jumlah siswa per kelas sekitar 25 anak. Kini Tzu Chi Primary School memiliki dua gedung yang terdiri dari ruang belajar, hall olahraga, ruang art & craft, ruang kaligrafi, ruang merangkai bunga, ruang musik, lab sains, indoor playground, ruang masak, ruang tari, dan sebagainya.

Untuk lunch time, sekolah menyediakan makan siang vegetarian. Melalui praktek bervegetaris, mereka sudah mengurangi zat emisi karbon dari peternakan. Hal ini juga sejalan dengan value Tzu Chi, yaitu cinta kasih, yang dimulai dari cinta kasih ke diri sendiri, cinta kasih ke orang lain, dan terakhir cinta kasih ke lingkungan, yang bisa dilakukan dengan cara bervegetarian.

Untuk kegiatan belajar mengajar, Tzu Chi Primary School menggunakan tiga bahasa pengantar, yaitu Bahasa Indonesia, Mandarin, dan English. Para pendidiknya juga merupakan tenaga pengajar yang berkompeten dari dalam dan luar negeri.

Kalau banyak yang berpikir Tzu Chi School adalah Sekolah khusus Buddha, maka Mommies salah. Sekolah ini mengajarkan pelajaran agama yang disesuaikan dengan agama masing-masing siswa dengan tenaga pengajar yang juga berlatar belakang beragam agama.

Tzu Chi School
Alamat: Jl. Pantai Indah Kapuk Boulevard, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
Telp: (021) 2233 9888
Website: tzuchi.sch.id

Biaya masuk:
Untuk informasi biaya masuk bisa hubungi: Mr.Ryan melalui email info@tzuchi.sch.id

BACA JUGA: 23 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Memilih Sekolah Dasar

Foto: Tzu Chi School

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan