banner-detik
EDUCATION

Sekolah Adat Arus Kualan, Menggabungkan Kurikulum dengan Alam di Tanah Kalimantan

author

Dhevita Wulandari10 Aug 2023

Sekolah Adat Arus Kualan, Menggabungkan Kurikulum dengan Alam di Tanah Kalimantan

Belajar sambil menanamkan kecintaan pada alam dan budaya di tanah Kalimantan menjadi kegiatan sehari-hari Sekolah Adat Arus Kualan. Intip selengkapnya, yuk!

Berdiri kokoh di tengah hutan Kalimantan, Sekolah Adat Arus Kualan adalah sistem pendidikan informal di provinsi Kalimantan Barat Indonesia, khusunya di daerah Simpang Hulu Kabupaten Ketapang. Berdiri sejak 2014, di sekolah adat ini proses belajar dan kurikulum dipadukan dengan upaya menjaga alam.

Di sini, para siswa akan dibekali dengan kemampuan membuat obat tradisional, memasak berdahan dasar bambu, mengidentifikasi tumbuhan hutan, serta berpartisipasi dalam permainan adat. Para siswa juga diajak berkunjung ke rumah sesepuh untuk belajar dari narasi mereka. Semua aktivitas sekolah dilakukan pada Jumat, Sabtu, dan Minggu.

BACA JUGA: Ini Dia 10 PTS Terbaik di Indonesia

Dari 2014 hingga 2023, tercatat sudah ada sekitar 350 siswa yang belajar di sekolah ini. Hingga saat ini, terdapat 168 siswa yang berpartisipasi aktif dalam program transformatif sekolah.

Di antara ratusan siswa yang berpartisipasi, ada beberapa anak yang mampu memahami pentingnya menjaga hutan mereka untuk pengobatan dan kesejahteraan masyarakat, seperti Selsi dan Elis.

Bagaimana cerita Selsi dan Elis dalam menjalani kegiatan belajar di Sekolah Adat Arus Kualan? Simak cerita selengkapnya dengan klik di sini ya, Mommies!

BACA JUGA: Mengenal LTMPT dan BP3 sebagai Penggantinya untuk Seleksi Masuk PTN

Cover: Detik.com

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan