banner-detik
EDUCATION

15 Kota Paling Ramah Pelajar di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?

author

Dhevita Wulandari01 Aug 2023

15 Kota Paling Ramah Pelajar di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?

Memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak menjadi salah satu tanggung jawab orang tua. Ini beberapa referensi kota di dunia paling ramah untuk pelajar.

Setiap negara memiliki sistem masing-masing dalam memberikan pendidikan yang layak bagi warga negaranya. Di antara ratusan negara yang ada di enam benua di dunia, ternyata terdapat beberapa negara yang memiliki kota yang ramah bagi para pelajarnya.

Mengutip dari CNBC Indonesia, ada beberapa destinasi kota terbaik bagi pelajar internasional dalam kategori QC Best Student Cities 2024 yang dilansir dari data Quacquarelli Symonds (QS). Dari data tersebut, London menempati posisi pertama.

Daftar Kota Paling Bersahabat bagi Pelajar

London, Inggris menduduki peringkat pertama dengan mendapatkan skor sempurna, yaitu 100 poin dari 100 poin. Selain London, ini dia 15 peringkat teratas kota yang paling ramah dan bersahabat bagi pelajar.

  1. London.
  2. Tokyo.
  3. Seoul.
  4. Melbourne.
  5. Munich.
  6. Paris.
  7. Sydney.
  8. Berlin.
  9. Zurich.
  10. Boston.
  11. Toronto.
  12. Vienna.
  13. Montreal.
  14. Kyoto-Osaka-Kobe.
  15. Singapura.

BACA JUGA: UNESCO Ingin Kembali Terapkan Larangan Pakai Ponsel di Sekolah, Mommies Setuju?

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Dari data tersebut, daftar 15 teratas memang tidak termasuk Indonesia. Namun, terdapat beberapa kota di Indonesia yang masuk di atas 100 besar, yaitu Jakarta menempati posisi ke-122, Yogyakarta menempati posisi ke-126, Bandung ke-133, dan Surabaya ke-145.

Penilaian dari QS ini diberikan terhadap 160 negara di dunia dan berasal dari enam indikator utama yang mencakup peringkat universitas, komposisi mahasiswa, ketertarikan terhadap kota tersebut sebagai tujuan belajar, aktivitas industri, keterjangkauan biaya, dan pendapat pelajar.

Selain itu, penilaian juga memperhitungkan populasi kota dengan minimal 250.000 jiwa dan menjadi tuan rumah bagi dua universitas dalam daftar QS World University Rankings terbaru. Terdapat juga pertimbangan lainnya yang mencakup keterjangkauan biaya pendidikan, jumlah pelajar internasional, keamanan dan kesehatan, serta survei dari mahasiswa.

Untuk tahu chart dan masing-masing poin dari 15 kota teratas yang paling bersahabat bagi pelajar, Mommies bisa lanjutkan baca dengan klik di sini, ya!

BACA JUGA: Perilaku Negatif yang Sering Dimiliki Murid di Sekolah, Hindari Anak Memilikinya!

Cover: Photo by Lara Jameson on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan