banner-detik
EDUCATION

15 Jurusan SMK yang Lulusannya Pasti Langsung Kerja dan Digaji Tinggi

author

Katharina Menge19 Jul 2023

15 Jurusan SMK yang Lulusannya Pasti Langsung Kerja dan Digaji Tinggi

Kalau mau langsung kerja setelah lulus dan digaji tinggi, maka pastikan kalian ambil jurusan SMK berikut ini! 

Berbeda dengan SMA, lulusan SMK sudah disiapkan untuk bekerja sejak dini. Ketika sudah lulus, mereka bisa langsung bersaing dengan banyak pencari kerja lainnya. Sekarang pun para lulusan SMK bisa mendapatkan gaji tinggi yang tak kalah dengan lulusan jenjang lainnya, lho!

Tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan swasta, kini BUMN maupun institusi negara juga banyak mencari lulusan SMK untuk bekerja di perusahaan mereka.

BACA JUGA: Kupas Tuntas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK): Kenapa Masih Jarang Diminati

Jurusan SMK dengan Prospek Gaji Tinggi

Yuk, kita lihat jurusan SMK apa saja yang lulusannya dibutuhkan dan berpotensi mendapatkan gaji yang tinggi. Siapa tahu bisa jadi pertimbangan untuk anak-anak yang ingin mempertimbangan pilihan pendidikan ini.

1. Pelayaran

Jurusan SMK pertama yang banyak dibutuhkan adalah pelayaran. Lulusan di bidang ini akan sangat dicari karena banyak perusahaan perkapalan atau jasa transportasi laut yang berlomba mencari orang yang berkualifikasi di dunia pelayaran, dan tidak bisa sembarangan.

Saat sekolah, para siswa di jurusan pelayaran akan banyak belajar tentang dasar-dasar pelayaran, kompas, kemudi kapal, prosedur darurat, hingga perawatan kapal. Dilansir dari website SMKN 4 Pati, lulusan SMK di bidang pelayaran biasanya digaji hingga Rp15 juta untuk kapal Indonesia, dan dua kali lipat dari itu, atau lebih, untuk kapal asing.

2. Farmasi

Lulusan SMK jurusan farmasi juga banyak dicari. Jurusan ini menjanjikan lulusannya bisa langsung dapat kerja dan digaji tinggi. Bahkan ketika lulus, anak jurusan farmasi bisa bekerja sebagai seorang apoteker.

Di masa sekolah, para siswa jurusan ini akan belajar banyak tentang ilmu kimia dan biologi, mengenal bahan obat-obatan, dan aneka jenisnya beserta kandungan di dalamnya.

3. Keperawatan

Selain jurusan farmasi, jurusan SMK di bidang kesehatan yang juga banyak dicari dan bisa dapat gaji tinggi adalah jurusan keperawatan. Jenis pekerjaan yang dilakukan juga sangat ebragam, mulai dari menjadi asisten perawat, asisten lab, hingga perawatan homecare. Gaji yang didapat berkisar antara Rp5-Rp7 juta, dan bisa lebih.

4. Akuntansi

Tidak ada perusahaan yang tak membutuhkan akuntan, jadi para lulusan jurusan akuntasi bisa bekerja di perusahaan mana saja. Sebab semua perusahaan pasti butuh ahli di bidang ini untuk mengerjakan pembukuan usaha. Sejak SMK, kalian akan belajar tentang neraca, laporan keuangan, baik teori maupun praktiknya.

5. Administrasi Perkantoran

Selain akuntasi, jurusan yang selalu dibutuhkan tenaga di setiap perusahaan adalah administrasi perkantoran. Lulusan SMK jurusan ini bisa bekerja sebagai admin, sekretaris, hingga resepsionis. Selain bekerja, lulusan ini juga harus mampu menjaga citra perusahaan sehingga tak jarang gaji yang ditawarkan cukup besar.

Untuk melihat daftar lainnya, klik di halaman selanjutnya!

BACA JUGA: Rekomendasi SMK Terbaik dan Jadi Favorit di Indonesia, Bisa Jadi Pilihan!

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan