banner-detik
VIDEOS

MD Ask the Expert: Tips Anak Percaya Diri di Hari Pertama Masuk Sekolah Ala Psikolog Pendidikan

author

Dhevita Wulandari16 Jul 2023

MD Ask the Expert: Tips Anak Percaya Diri di Hari Pertama Masuk Sekolah Ala Psikolog Pendidikan

Khawatir anak merasa tidak percaya diri di hari pertamanya masuk sekolah? Ini tips agar anak percaya diri dari psikolog pendidikan.

Hari pertama masuk sekolah selalu menjadi hari yang ditunggu-tunggu banyak orang tua dan anak. Kelas baru, teman baru, wali kelas baru, hingga suasana baru membuat hari pertama masuk sekolah lebih exciting dari pada hari biasanya.

Namun ternyata, tidak semua anak antusias dalam menyambut hari pertama masuk sekolah ini. Ada sebagian anak yang merasa takut, cemas, khawatir, bahkan tidak percaya diri dengan suasana dan orang-orang baru. Jika anak Mommies mengalami hal ini, tidak perlu khawatir. Cobalah untuk memahami dan validasi perasaan anak mengenai hal ini. Kemudian, barulah berikan anak pandangan mengenai kesenangan dan manfaat yang akan didapatkannya di suasana dan orang-orang baru yang akan dirasakannya.

Kalau sudah melakukan semua hal tersebut dan ternyata tidak berjalan lancar pada anak, tetap tenang ya, Mommies. Mungkin ada bagian-bagian yang terlewatkan sehingga bukannya membuat anak tenang dan percaya diri, malah semakin membuat dia cemas.

Mengenai hal ini, Mommies Daily berkesampatan bertanya langsung kepada psikolog pendidikan, Binky Paramitha, M.Psi., Psikolog, seorang Psikolog Pendidikan Rumah Dandelion. Psikolog Binky juga turut memberikan tips agar anak percaya diri di hari pertama masuk sekolah. Serta, ada juga hal-hal penting yang Mommies harus tahu dan perhatikan.

Mau tau apa saja? Tonton video lengkapnya di YouTube channel Mommies Daily berikut ini, yuk!

BACA JUGA: 

Tips Orang Tua di Hari Pertama Anak Masuk Sekolah

Aturan dan Larangan Pungutan dan Sumbangan Sekolah, Orang Tua Wajib Tahu!

Cover: Mommies Daily

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan