banner-detik
PARENTING & KIDS

Tips Persiapan Anak Masuk Dunia Sekolah, Semua Orang Tua Wajib Tahu!

author

Fannya Gita Alamanda11 Jul 2023

Tips Persiapan Anak Masuk Dunia Sekolah, Semua Orang Tua Wajib Tahu!

Yuk, bekali anak dengan segala persiapan dan tips berikut ini untuk membantu mereka siap masuk ke dunia sekolah!

Belajar dan berteman seharusnya menyenangkan, tetapi masuk sekolah baru bisa menjadi tantangan. Salah satu tantangan besar yang harus dihadapi bukan hanya olah anak melainkan orang tua juga adalah hari-hari pertama anak masuk ke sekolah baru.

Tanpa persiapan yang baik, masuk sekolah baru bak masuk ke medan perang. Begini cara orang tua dapat membantu anak happy menyambut hari pertama masuk sekolah dan belajar dengan senang. Yuk, bantu persiapan anak masuk sekolah dengan sederet tips berikut ini!

BACA JUGA: Rekomendasi Toko Seragam Sekolah yang Lengkap dan Harganya Terjangkau

Kenalan dengan Lingkungan Sekolah

Pada bulan dan minggu sebelum mulai sekolah, ada baiknya Mommies mengajak anak mengenal lingkungan sekolah seperti mengatahui rutinitas, peraturan, ruang kelas, ruang guru, perpustakaan, UKS, taman bermain, toilet, dan lain-lain.

Mommies bisa lakukan ini:

1. Jika anak menjalani prasekolah atau bimbel yang memiliki program transisi sekolah, pastikan dia mengikuti program berkunjung ke ‘sekolah besar’.

2. Jika anak tidak ikut program prasekolah atau bimbel, Mommies bisa ajak anak mengunjungi calon sekolahnya, atau lihat apakah sekolah yang Mommies tuju punya program transisinya sendiri.

3. Jika memungkinkan, di akhir pekan, ajak anak menjelajahi sekolah barunya.

4. Jika bisa, kunjungi sekolah dan temui guru si kecil, beritahu anak bahwa dia bisa menemui gurunya saat butuh bantuan.

5. Pastikan anak tahu di mana Anda akan menjemputnya.

6. Jelaskan peraturan dasar sekolah dan mengapa peraturan itu penting. Misalnya, ‘Kalau mau ke toilet, kamu harus kasih tahu Bu Guru supaya Bu Guru tahu kamu ada di mana.’

Persiapan Praktis untuk Memulai Sekolah

Sebaiknya siapkan seragam, kotak makan siang, tas, dan alat tulis beserta sederet hal berikut!

1. Suruh anak mencoba seragam dan sepatu sebelum hari pertama sekolah untuk memastikan semuanya nyaman. Sebaiknya minta anak mengenakan sepatu sekolah baru selama beberapa hari sebelum sekolah dimulai dan berlatih mengikat tali atau memasang tali gesper sepatunya sendiri.

2. Pilih tas sekolah yang nyaman untuk dibawa. Ransel dengan tali pengikat adalah yang terbaik.

3. Pilih kotak makan dan botol minum yang tutupnya mudah dibuka. Anak dapat berlatih menggunakan kotak makan siang saat makan siang di rumah atau ketika piknik di taman.

4. Pastikan anak membawa cukup bekal makanan sehat untuk istirahat dan makan siang.

5. Cari tahu apakah anak membutuhkan perlengkapan lain untuk sekolah seperti topi, baju khusus untuk di kelas seni, spidol, krayon, dan sebagainya.

6. Pastikan nama anak tertera dengan jelas di semua pakaian dan benda lain seperti kotak makan siang, botol minuman, dan tas sekolahnya.

Mengelola Perasaan Anak yang Campur Aduk

Memulai sekolah bisa menjadi perubahan besar bagi anak dan mereka mungkin menjadi cemas sekaligus bersemangat. Mommies perlu menyemangati mereka dan meyakinkan anak-anak bahwa mereka bakal senang di sekolah baru. Cara-cara ini bisa Mommies coba:

1. Jika ada anak-anak lain di sekitar tempat tinggal Anda yang bersekolah di sekolah yang sama, cobalah ajak mereka bermain di rumah sebelum hari pertama sekolah. Anak akan lebih lega jika tahu ada anak lain yang bersekolah di sekolah yang sama dengannya.

2. Beri anak banyak cinta dan dukungan. Jika melihat Anda bersemangat dan antusias tentang dia akan mulai bersekolah, ini mengirim pesan positif kepada anak bahwa sekolah itu menyenangkan.

3. Jika topik sekolah muncul dalam kegiatan sehari-hari dengan anak, gunakan ini sebagai kesempatan untuk memulai percakapan. Namun terlalu banyak membicarakan tentang sekolah dapat membuat anak merasa lebih cemas. Jadi, Anda perlu juga mengamati reaksinya.

4. Mommies bisa membacakan cerita tentang anak-anak yang memulai sekolah dengan bahagia. Membaca buku tentang sekolah baru bersama anak dapat membantu mengetahui perasaannya.

5. Cobalah mengantar anak ke sekolah dan berpamitan dengan nada riang. Setelahnya, rencanakan sesuatu yang menyenangkan untuk diri sendiri juga, seperti minum kopi bersama teman. Bahkan jika hati Anda sendiri gundah gulana dan khawatir, jangan perlihatkan di depan anak.

Minggu-minggu Awal Mulai Sekolah

Anak membutuhkan dukungan saat sekolah dimulai. Berikut adalah beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk bantu persiapan anak masuk sekolah dan melewati minggu-minggu pertama dengan mulus:

1. Usahakan mengantar anak ke sekolah dan tiba sebelum bel berbunyi, dan menjemput tepat waktu. Jika Anda terlambat, maka anak bisa sangat cemas.

2. Jika anak da khawatir berpisah dengan Anda, carilah cara untuk mengalihkan perhatiannya saat mengantar ke sekolah. Misalnya, Anda dapat mencoba menemui teman di gerbang atau berjalan ke sekolah bersama anak dan orang tua lainnya.

3. Jadikan waktu pulang sekolah sedikit istimewa. Ajak anak makan berdua di restoran favoritnya dan ajak dia ngobrol.

4. Bersabarlah jika anak ingin menceritakan setiap detail kecil tentang sekolah. Alih-alih banyak bertanya, cobalah mengatakan sesuatu seperti, “Cerita dong ke Mama, hal nyenengin apa yang kamu alamin hari ini.”

5. Bersikaplah fleksibel dengan camilan dan makanan. Pulang sekolah, anak mungkin akan sangat kelaparan. Jika anak diberi camilan sehat langsung setelah sekolah, itu akan membantunya tetap kenyang sampai makan malam.

6. Jangan berharap terlalu banyak anak akan segera menunjukkan kemajuan akademik. Jika anak senang dan terlihat menikmati sekolah, itu adalah hal luar biasa yang perlu disyukuri. Beri anak waktu untuk beradaptasi, prestasi akan menyusul.

7. Anak-anak biasa bermain dengan banyak anak yang berbeda dan terkadang juga bermain sendiri. Anak butuh waktu sebelum mereka akhirnya menemukan teman-teman yang klik dan membentuk kelompoknya sendiri.

8. Jika anak tampaknya sulit menyesuaikan diri dengan baik atau mengalami perundungan, segera bicarakan dengan wali kelasnya.

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Sepatu Sekolah yang Nyaman, Mulai dari Murah hingga Mahal

Cover: Freepik

Share Article

author

Fannya Gita Alamanda

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan