banner-detik
SELF

14 Cara Mengusir Nyamuk dengan Mudah, Pakai Aroma Serai hingga Air Sabun

author

Dhevita Wulandari06 Jul 2023

14 Cara Mengusir Nyamuk dengan Mudah, Pakai Aroma Serai hingga Air Sabun

Bisa menggunakan barang-barang yang ada di rumah, ini cara mudah untuk mengusir nyamuk agar pergi dan nggak gampang balik lagi.

Menjadi salah satu hewan yang bisa mengancam kesehatan manusia, nyamuk bisa menularkan berbagai macam penyakit melalui gigitannya. Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan RI, gigitan nyamuk tidak hanya membuat kulit gatal atau bentol, tapi juga membahayakan kesehatan manusia.

Bahkan menurut Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) gigitan nyamuk bisa mengakibatkan iritasi atau alergi pada kulit yang disebabkan oleh air liur nyamuk.

BACA JUGA: Masa Simpan Daging di Lemari Es Berdasarkan Jenisnya, Perlu Tahu!

Cara Mengusir Nyamuk di Rumah

Meski berukuran kecil dan memiliki kemampuan terbang yang cepat, nyamuk tetap bisa dibasmi dan diusir dengan cara yang mudah menggunakan barang-barang yang ada di rumah. Dilansir dari Prevention, Marnys, dan Outbreak News Today, ini cara mengusir nyamuk dengan mudah menggunakan barang-barang yang biasanya ada di rumah.

1. Gunakan Aroma Serai

Memiliki aroma segar yang khas, bumbu dapur ini diyakinin dapat mengusir nyamuk. Caranya dengan patahkan batang serai dan letakkan pada tempat yang terdapat banyak nyamuk. Jika Mommies ingin lebih praktis lagi, coba gunakan produk minyak yang mengandung serai untuk dioleskan pada tubuh.

2. Membakar Ampas Kopi

Membakar ampas kopi dan menaburkannya di sekiling rumah atau titik yang terdapat banyak nyamuk bisa membuat nyamuk pergi. Hal ini karena ampas kopi yang dibakar memiliki kandungan emisi karbon dioksida yang dihindari nyamuk.

3. Gunakan Siung Bawang Putih

Cara mudah lainnya untuk mengusir nyamuk bisa dengan meletakkan beberapa siung bawang putih di tempat yang banyak nyamuk. Mommies juga bisa coba rebus bawang putih hingga mendidih, kemudian masukkan airnya ke dalam botol spray untuk disemprotkan di dalam ruangan.

Untuk tahu cara mudah mengusir nyamuk dengan barang-barang yang biasanya ada di rumah, Mommies bisa lanjutkan membaca dengan klik di sini, ya!

BACA JUGA: Menu Diet Ubi, Bisa Turunkan Berat Badan dalam 3 Hari

Cover: Photo by Anuj on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan