banner-detik
EDUCATION

7 Persiapan Anak Sebelum Masuk SD, Orang Tua Penting Ajarkan Semua!

author

Katharina Menge05 Jul 2023

7 Persiapan Anak Sebelum Masuk SD, Orang Tua Penting Ajarkan Semua!

Sebelum masuk SD, ada persiapan yang harus dilakukan oleh orang tua untuk bantu anak siap menyambut fase baru dalam hidupnya itu! Catat, ya, Moms!

Jenjang sekolah dasar (SD) adalah masa baru yang akan dijalani oleh anak, dan untuk persiapan menyambutnya, Mommies harus tahu deretan hal penting yang harus diajarkan kepada mereka sebelum itu.

Masa sekolah dasar adalah fase baru yang penuh dengan hal-hal menarik, mulai dari teman baru, sekolah baru, pelajaran baru, pakaian baru, dan banyak hal lainnya. Anak akan memasuki masa yang penuh kegembiraan sekaligus tantangan bagi mereka.

Namun, banyak orang tua yang khawatir ketika anak akan memasuki jenjang ini. Hal-hal baru tersebut justru memicu ketakutan orang tua karena merupakan hal yang berbeda dengan apa yang dihadapi anak saat PAUD. Lalu apa yang harus dilakukan orang tua untuk memastikan anak siap menghadapi perubahan tersebut?

Mommies harus membekali anak dengan beragam persiapan, termasuk rasa percaya diri karena anak akan bertemu dengan orang baru. Dengan begitu anak bisa merasa nyaman memasuki lingkungan baru, siap untuk belajar, dan menghadapi aneka tantangan yang mungkin muncul.

BACA JUGA: 23 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Memilih Sekolah Dasar

Persiapan Anak Sebelum Masuk SD

Ini dia deretan persiapan anak sebelum masuk SD yang bisa Mommies lalukan!

Selain Gratis, Ini 5 Alasan Orang Tua Menyekolahkan Anak Ke Sekolah Negeri

1. Biarkan anak berekspresi

Sebelum anak masuk SD, ada baiknya Mommies biasakan anak untuk berkumpul dan bermain dengan teman-temannya. Ajak anak ikut kegiatan olahraga, seni, atau kegiatan lain yang bisa mendorong bakat mereka.

Mommies sebenarnya bisa melakukan itu sedini mungkin untuk membuat anak mudah bersosialisasi dan mengekspresikan dirinya. Dengan mampu mengekspresikan dirinya, anak bisa jadi lebih percaya diri ketika masuk SD nanti.

2. Buat suasana terbuka

Tumbuhkan suasana terbuka di dalam keluarga Mommies, salah satunya adalah dengan mengobrol bersama. Mommies bisa membiasakan hal itu dengan cara yang paling mudah, yaitu mengajak anak berkomunikasi mengenai kegiatannya sehari-hari.

Selalu sediakan waktu untuk berbicara dengan anak minimal dua kali dalam sehari dan biarkan anak bercerita sambil mengutarakan isi hatinya. Kebiasaan ini akan anak berani untuk bertanya atau meminta pendapat, sekaligus bercerita pada Mommies ketika nanti dia mengalami masalah di sekolah.

3. Aktivitas berkelompok

Dilansir dari situs SDS Angkasa 4 Halim, mengajak anak untuk mengikuti suatu komunitas yang sesuai dengan minatnya adalah hal yang penting. Selain dapat mengasah bakat, kegiatan tersebut bisa memberikan anak kesempatan untuk bergaul dan mendapat teman baru.

Anak jadi terbiasa untuk berbaur dan mengenal orang lain. Kebiasaan ini akan membuat dia mudah berteman dengan siapa saja di sekolah dasar nanti.

Untuk persiapan anak sebelum masuk SD berikutnya klik di halaman selanjutnya!

BACA JUGA: Pendidikan Seks untuk Anak Usia Sekolah Dasar, Apa Saja?

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan