banner-detik
EDUCATION

Rekomendasi Tempat Belajar Tenis Meja untuk Anak, Latih Refleks dan Kemampuan Motoriknya!

author

Katharina Menge04 Jul 2023

Rekomendasi Tempat Belajar Tenis Meja untuk Anak, Latih Refleks dan Kemampuan Motoriknya!

Untuk anak-anak yang mau belajar tenis meja, berikut ini rekomendasi tempat belajar yang bisa jadi pilihan kalian!

Tempat belajar tenis meja atau ping pong memang belum banyak dan belum sepopuler jenis olahraga lainnya, terutama untuk anak-anak. Namun bukan berarti tidak ada, lho. Selain itu ada banyak juga anak-anak yang berminat untuk belajar jenis olahraga yang satu ini.

Olahraga tenis meja pun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak di masa depan. Mereka akan belajar banyak hal baru lewat olahraga yang satu ini.

BACA JUGA: Rekomendasi Tempat Les Olahraga Panahan untuk Anak, Perkuat Fokus dan Konsentrasi

Manfaat Olahraga Tenis Meja untuk Anak

Ini dia sederet manfaat yang bisa dirasakan anak jika di rutin olahraga tenis meja!

1. Membangun otot dan tulang

Bermain tenis meja membantu anak-anak membangun tulang dan otot mereka. Tubuh dan otot anak diajak bergerak mengikuti arah bola untuk berusaha membalas serangan dari lawan. Kedua bagian tubuh itu pun jadi terlatih dan terbentuk dengan sehat.

2. Merangsang refleks dan kemampuan motorik

Tenis meja mengharuskan anak untuk menggerakkan beberapa anggota tubuhnya secara bersamaan, seperti kaki, pinggang, lengan, dan tubuh bagian atas. Ini membantu anak-anak untuk mengembangkan refleks tubuh dan kemampuan motoriknya.

3. Koordinasi mata dan tangan

Ke mana arah bola terlempar, mata dan tangan anak harus kompak untuk bisa memberikan serangan balasan. Koordinasi mata dan tangan anak juga akan terlatih ketika dia akan melakukan service dan harus selalu mengawasi bola dan pergerakan lawan.

4. Melatih pemikiran dan perencanaan cepat

Ke arah mana harus membalas serangan? Di mana titik kelemahan lawan? Dan banyak pertimbangan serta rencana yang harus disiapkan oleh anak dalam waktu cepat ketika bermain ping pong. Anak jadi belajar mengembangkan kemampuan strategi mereka.

5. Melatih memori jangka panjang

Tenis meja juga membantu anak-anak dalam hal ingatan jangka panjang mereka. Dengan merangsang ketajaman mental, permainan ini menantang bagian otak yang bertanggung jawab untuk konsentrasi dan keterampilan belajar.

Foto: Freepik

Rekomendasi Tempat Belajar Tenis Meja

Nah, sekarang intip daftar tempat belajar tenis meja yang bisa diikuti oleh anak-anak.

1. PTM Liga Mas Pancoran

PTM Liga Mas Pancoran ada di daerah Jakarta Selatan dan terbuka untuk siapa saja yang ingin belajar tenis meja, termasuk anak-anak. Jangan ragu sebab anak-anak akan dilatih oleh pengajar yang kemampuannya tak perlu lagi diragukan.

Instagram: @ptmligamas
Alamat: Jl. Pancoran Timur IIIB No.1, RW.9, Pancoran, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12780
Telp: 0811-891-790

2. PTM Sukun

Anak asuh dari PTM yang satu ini baru saja memborong piala dari Liga Tenis Meja Junior Terry Palmer Indonesia 2023 yang digelar di Lampung, 18-21 Mei 2023. Setiap perwakilan atletnya bisa menduduki tiga besar di nomor beregu dan perorangan. Wajib jadi pertimbangan tempat les tenis meja anak Mommies, nih!

Instagram: @ptmsukun

3. PTM AIF

PTM yang satu ini tidak hanya menggelar pelatihan untuk anak-anak tapi juga kejuaraan. Jadi, si kecil tidak hanya latihan tenis meja tapi juga diajak untuk mencoba bertanding dan mengasah kemampuan mereka. Anak-anak yang berprestasi juga punya kesempatan ikut kejuaraan lainnya, lho.

Instagram: @aif.ttc
Alamat: Jl. Batu Belah No.7, RT.1/RW.4, Cipedak, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12630
Telp: 0812-1836-3967

4. PTM Stoni Ttc

Kalau Mommies yang berdomisili Bekasi, maka bisa mendaftarkan si kecil ke club tenis meja yang satu kini. PTM Stoni juga rutin mengadakan kejuaraan tenis meja untuk semua usia, termasuk anak-anak mulai dari usia 10 tahun.

Instagram: @ptmstoni
Alamat: Jl. Pangkalan 1 No.82, RT.001/RW.006, Bantargebang, Kec. Bantar Gebang, Kota Bks, Jawa Barat 17151

5. PTM Arwana Jaya

Pilihan lainnya tempat les tenis meja untuk anak yang bisa diikuti adalah PTM Arwana Jaya. Anak-anak dilatih untuk mengembangkan hobi mereka jadi kemampuan lebih mendalam dan mungkin bisa membawa mereka jadi atlet di masa depan.

Instagram: @ptmarwanajaya

BACA JUGA: Rekomendasi Tempat Les Catur untuk Pemula hingga Master dan Biayanya

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan