banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

12 Cara Tingkatkan Team Building Saat Kerja Remote

author

Dhevita Wulandari04 Jul 2023

12 Cara Tingkatkan Team Building Saat Kerja Remote

Bingung cara membangun kedekatan dan menciptakan team building dengan rekan kerja saat kerja remote? Ini beberapa kegiatan yang bisa dilakukan.

Dalam dunia kerja, memiliki kerja sama yang baik dengan anggota satu tim dan divisi lain dapat meningkatkan produktivitas dan menghasilkan waktu kerja yang efisien. Namun ternyata, masih banyak karyawan perusahaan yang merasa kesulitan mengenai bagaimana menciptakan hubungan baik dengan rekan kerja guna memperlancar pekerjaan. Apabila saat di kantor saja merasa kesulitan, apalagi jika harus bekerja secara virtual atau remote.

Bagi sebagian orang, bekerja secara remote, work from home, atau jarak jauh dengan rekan kantor bisa jadi terasa sulit untuk membangun kedekatan  personal demi pekerjaan. Jika Mommies adalah salah satu yang merasa seperti ini, tenang, ada solusinya yaitu dengan teknik team building.

Melansir dari Meraki Lane, berikut manfaat dan cara tingkatkan team building yang bisa Mommies contoh di kantor.

Manfaat Kegiatan Team Building

Meski sederhana, tapi team building punya dampak yang baik bagi kerja sama tim terutama ketika harus bekerja dari jarak jauh, seperti:

  • Membuat karyawan merasa bagian dari tim.
  • Membangun kepercayaan di antara sesama karyawan.
  • Meningkatkan moral.
  • Meningkatkan kepuasan karyawan.
  • Meningkatkan tingkat retensi.

BACA JUGA: 5 Kesalahan Melamar Kerja Paling Sering Terjadi, Wajib Dihindari!

Cara Tingkatkan Team Building

Meningkatkan team building bisa dilakukan dengan beberapa aktivitas dan permainan secara virtual seperti berikut ini.

1. 2 Kebenaran dan 1 Kebohongan

Bermain tebak-tebakan sebelum memulai sebuah rapat bisa menjadi solusi agar suasana lebih cair. Salah satu permainan yang bisa dilakukan adalah 2 Truths and a Lie atau 2 Kebenaran dan 1 Kebohongan. Minta setiap orang untuk menuliskan 2 kebenaran pribadi dan satu kebohongan tentang diri mereka, kemudian minta setiap orang lainnya untuk menebak dan menentukan mana yang benar dan mana yang bohong dari seseorang yang sedang menjadi subjek tebakan. Selain bisa mencairkan suasana, permainan ini bisa menjadi cara cepat dan mudah agar setiap anggota tim bisa mempelajari karakter dan fakta pribadi satu sama lain.

2. Pernah, Nggak Pernah

Permainan “Never Have I Ever” juga sering kali dimainkan dan cocok jadikan ice breaking. Permainan ini menjadi salah satu cara menyenangkan untuk mengenal orang-orang lebih dalam. Untuk memainkannya dari jarak jauh dengan teman kantor, setiap orang bisa tulis daftar 10 pernyataan hal yang pernah dan tidak pernah mereka lakukan. Kemudian, setiap orang lainnya harus menebak mana yang pernah alami atau tidak pernah dialami seseorang yang sedang menjadi subjek tebakan.

3. Tebak Orangnya

Tebak orang atau guess the person bisa menjadi aktivitas team building untuk saling mengenal satu sama lain pada tingkat yang lebih pribadi. Cara memainkan permainan ini dengan meminta setiap orang mengirimkan beberapa fakta tentang diri mereka sebelum rapat tim, kemudian gabungkan semua fakta tersebut menjadi satu. Selanjutkan, munculkan dan bacakan satu per satu fakta-fakta yang sudah dikumpulkan. Semua orang yang mengikuti permainan harus menebak milik siapakah fakta yang sudah dibacakan. Selain seru, permainan ini juga bisa jadi cara untuk mempelajari fakta menarik setiap orang dalam tim.

4. Pengakuan

Weekly recognition atau pengakuan mingguan sudah menjadi permainan yang sering dilakukan di luar negeri. Permainan ini juga menyenangkan untuk dilakukan demi mencapai team building yang kuat. Caranya dengan membagikan sesuatu yang positif tentang rekan kerja. Bukan untuk cari muka, tapi benar-benar menceritakan hal yang telah orang lain atau rekan kerja tersebut lakukan untuk membantu diri kita, orang lain atau rekan kerja lainnya. Cerita positif ini dapat memotivasi untuk terus semangat bekerja dan mengenal anggota tim lebih dekat lagi.

5. Picture Day

Saling menunjukkan foto atau video juga bisa menjadi cara untuk mengenal satu sama lain secara lebih pribadi. Caranya bisa dilakukan misalnya dengan mengumpulkan dan mengirimkan foto yang dianggap penting dan berkesan dari setiap orang ke WhatsApp Group. Kemudian, setiap orang harus menceritakan di mana foto itu diambil dan mengapa foto atau video tersebut memiliki makna yang mendalam bagi mereka.

6. Tantangan Origami

Origami challenge atau bermain origami dengan tantangan tertentu juga menyenangkan untuk dilakukan bersama setiap anggota tim secara virtual . Berguna untuk mengasah kembali kreativitas dan kenangan masa kecil, kegiatan ini bisa dilakukan dengan santai sambil membawa camilan masing-masing saat bertemu secara online dengan rekan kerja.

BACA JUGA: Mengenal Virtual Assistant, Pekerjaan yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

7. Step Challenge

Saat bekerja dari rumah, kita sering lupa untuk tetap cukup bergerak dan melangkah. Step challenge atau tantangan langkah bisa menjadi kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama rekan kerja secara virtual sambil bercerita atau sambil melakukan permainan. Lebih seru lagi kalau ada target langkah yang harus dipenuhi dan dicapai.

8. Water Shots

Bukan bermain tembak-tembakan air seperti saat kecil, water shots di sini lebih kepada saling mengingatkan untuk minum air putih yang cukup. Saat sedang serius bekerja apalagi jika ada deadline yang harus segera diselesaikan, sering kali kita lupa untuk minum dan mencukupi kebutuhan air bagi tubuh. Dengan bermain water shots bersama rekan kerja, Mommies bisa bikin peraturan misalnya jika menyebutkan kata dalam bahasa Inggris, maka orang tersebut harus minum air putih seteguk. seru dan menyehatkan, kan?

9. Klub Buku

Apabila Mommies menemukan banyak dari rekan kerja yang suka membaca buku, tidak ada salahnya untuk membentuk klub buku. Saat selesai jam kerja, anggota klub buku bisa bertemu secara virtual untuk saling menceritakan buku apa yang sedang dibaca, apa pelajaran penting yang didapatkan, dan bisa saling merekomendasikan buku menarik untuk dibaca. Kegiatan ini tidak perlu dilakukan setiap hari atau setiap minggu, sebulan sekali bisa jadi pilihan waktu yang tepat.

10. Virtual Happy Hour

Jam senang di luar jam kerja juga bisa dilakukan secara virtual. Kegiatannya bisa bermacam-macam tergantung pada keinginan dan kesepakatan semua rekan kerja. Bisa dengan bercerita selain urusan pekerjaan, nonton film bersama, dan masih banyak lagi.

11. Mengadakan ‘Potluck’ Secara Remote

Bikin acara potluck tapi virtual? Sounds great! Mommies dan semua rekan kerja yang mengikuti kegiatan ini bisa saling memamerkan makanan apa yang dibawa dan bisa saling menginfokan resep makanan jika dimasak sendiri atau berbagi info rekomendasi makanan dan camilan favorit. Kegiatan ini juga bisa menjadi sangat menyenangkan bagi rekan kerja yang tinggal sendirian dan memberikan pengalaman bagu semua orang untuk bisa makan bersama, sehingga kedekatan bisa lebih terjalin meski bertemu secara virtual.

12. Tunjukkan dan Beri Tahu

Membangun team building dalam pekerjaan juga bisa dilakukan dengan membagikan cerita dan pengalaman yang memiliki makna pribadi bagi setiap orang dan menjelaskan mengapa itu sangat berharga bagi mereka. Selain bisa mengenal rekan kerja dengan lebih baik, kegiatan ini juga dapat membangun kepercayaan satu sama lain.

Cover: Photo by fauxels on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan