banner-detik
LIFESTYLE

8 Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya untuk Semua Jenis Rambut

author

Katharina Menge30 Jun 2023

8 Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya untuk Semua Jenis Rambut

Kalau Mommies ingin menghilangkan kutu rambut dan telurnya dari rambut si kecil dan keluarga, pastikan mencoba deretan cara ampuh berikut ini!

Cara menghilangkan kutu rambut bukanlah hal yang sulit, tetapi kuncinya adalah dilakukan dengan rutin dan telaten. Kutu rambut atau Pediculus humanus capitis adalah hewan parasit yang hidup dengan menghisap darah di kepala. Hewan ini bisa berkembang biak cepat dengan menghasilkan telur-telur yang kemudian menempel pada batang rambut.

Buruknya, gigitan kutu akan memberikan efek yang kurang nyaman. Akan timbul rasa gatal dan membuat penderitanya terus menerus menggaruk-garuk kepala. Seringkali bisa berefek timbulnya luka hingga kulit kepala berdarah.

BACA JUGA: Oh Noooo, Teman Sekolah si Kecil Kutuan

Cara Ampuh Menghilangkan Kutu dan Telurnya

Karena itu penting untuk segera membasmi kutu rambut beserta telur-telurnya agar kulit kepala terhindar dari infeksi dan iritasi.

Dilansir dari Healthline, CDC (Centers for Disease Control and Prevention) menyebutkan bahwa di Amerika Serikat ada sekitar 6-12 juta kasus anak umur 3-11 tahun yang mengalami masalah kutu rambut setiap tahun.

Orang yang terkena kutu biasanya tertular dari orang lain, baik dari lingkungan sekolah, transportasi umum, ataupun menggunakan barang yang sama dengan penderita kutu rambut. Perlu Mommies ingat bahwa kutu hanya bisa hidup di luar kepala selama maksimal 24 jam. Karena itulah kutu akan loncat dari satu kepala ke kepala lainnya demi bertahan hidup.

Yuk, intip deretan cara menghilangkan kutu dan telurnya di bawah ini!

1. Gunakan sisir kutu atau serit

Cara pertama yang paling mudah dan ampuh untuk basmi kutu adalah dengan menggunakan sisir khusus kutu atau sisir serit. Jarak antar gigi sisir yang satu ini sangat rapat dan keras, jadi kutu bisa dengan mudah terperangkap di sela-sela sisir dan terangkat, termasuk telur kutunya.

Mommies cukup basahi dulu rambut atau keramas menggunakan shampoo. Perlu diperhatikan untuk merapikan agar tidak kusut. Setelah itu gunakan sisir kutu sedekat mungkin dengan kulit kepala lalu sisir dari akar hingga ke ujung rambut secara perlahan. Bersihkan sisir kutu setelahnya dan pastikan kutu yang tertangkap dipisahkan dan dijauhkan dari rambut. Mommies bisa mengulangi lagi gerakan menyisir tersebut ke bagian rambut lainnya.

2. Pakai Sampo Khusus

Jika ingin menghilangkan kutu, Mommies tidak bisa menggunakan sampo biasanya. Pastikan Mommies memilih dan menggunakan sampo yang mengandung permethrin, yaituzat pestisida aktif pembasmi kutu. Zat tersebut dipercaya bisa menghilangkan kutu rambut setelah beberapa kali penggunaan. Untuk penggunaannya yang tepat, Mommies bisa baca petunjuk yang ada di kemasan.

3. Pakai Alkohol

Cara ampuh lainnya untuk menghilangkan kutu adalah menggunakan alkohol benzil dengan kandungan 5%. Namun alkohol ini bersifat keras sehingga tidak disarankan dan sebaiknya dihindari untuk diberikan kepada anak-anak dan orang di atas usia 60 tahun.

Cara penggunaannya mudah, kok. Mommies bisa secara manual mencampurkan alkohol benzil dengan baby oil. supaya lebih mudah, Mommies juga bisa mencari sampo atau produk perawatan rambut yang memiliki kandungan alkohol benzil. Saat diaplikasikan, coba untuk mendiamkan produk selama 10-30 menit dan setelah itu bilas rambut sampai bersih.

Untuk tips menghilangkan kutu lainnya klik di halaman selanjutnya!

BACA JUGA: Tips Cukur & Potong Rambut Anak Beserta Rekomendasi Alat Potong Rambut

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan