banner-detik
PARENTING & KIDS

Seperti Nikita Willy, Ini 5 Manfaat Jarang Belikan Anak Mainan

author

Dhevita Wulandari29 Jun 2023

Seperti Nikita Willy, Ini 5 Manfaat Jarang Belikan Anak Mainan

Selain menghemat uang dan tidak bikin rumah berantakan, ini beberapa manfaat jarang belikan anak mainan seperti yang dilakukan oleh Nikita Willy.

Gaya pengasuhan Nikita Willy kerap menjadi sorotan publik. Diungkap dari laman Instagram pribadinya ketika melihat anaknya, Issa Xander Djokosoetono, senang mandapatkan mainan baru, ternyata Nikita jarang membelikan anaknya mainan.

“Karena hampir tidak pernah beli mainan baru, sekali beli happy banget,” tutur Nikita, dikutip dari laman Instagram@nikitawillyofficial94.

Dikutip dari laman Today’s Parent, Kepala Program Studi Anak Usia Dini di University of Guelph-Humber di Toronto, Nikki Martyn, mengatakan mainan membuat anak berpikir lebih baik.

Meski begitu, jarang memberikan mainan pada anak seperti yang dilakukan Nikita Willy juga memberikan manfaat yang baik untuk anak.

BACA JUGA: Lelah Menghadapi Kebiasaan Buruk Anak, Ini Cara Menghentikannya Menurut Pakar

Manfaat Jarang Belikan Anak Mainan

Berikut ini 5 manfaat yang bisa didapatkan Si Kecil ketika orang tua jarang membelikan mainan baru.

1. Lebih fokus bermain

Jarang membelikan anak mainan atau memiliki sedikit mainan bisa membuat anak lebih fokus bermain dengan mainan tersebut. Ini juga bisa membuat anak mampu bermain secara mandiri.

Sehingga, orang tua bisa menyelesaikan pekerjaan rumah dan mengerjakan pekerjaan lainnya. Maka dari itu, sebaiknya Mommies mengurangi jumlah koleksi mainan Si Kecil.

2. Anak lebih kreatif

Sebuah penelitian di University of Toledo di Ohio yang sudah diterbitkan dalam jurnal Infant Behavior and Development, dilakukan pada 36 balita yang berusia 18 hingga 30 bulan. Semua balita ini diundang ke ruang bermain dengan dua kali kunjungan. Pada kunjungan pertama, mereka hanya diberi empat buah mainan. Lalu, pada kunjungan berikutnya mereka diberikan 16 jenis mainan.

Hasilnya menunjukkan bahwa kunjungan dengan mainan lebih sedikit mengharuskan anak lebih kreatif dan eksploratif. Hal ini juga dapat membuat anak lebih berkembang secara kognitif.

BACA JUGA: Orang Tua, Tolong Jangan Menolak Ketika Anak Remaja Meminta 5 Hal Ini

Untuk mengetahui manfaat lainnya saat jarang membelikan anak mainan, Mommies bisa baca dengan klik di sini, ya.

Cover: Image by Freepik

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan