banner-detik
LIFESTYLE

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimasak Menggunakan Air Fryer

author

Katharina Menge29 Jun 2023

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimasak Menggunakan Air Fryer

Tidak semua bahan aman dimasak menggunakan air fryer dan ini daftar makanan yang tidak boleh diolah menggunakan alat tersebut.

Kehadiran air fryer saat ini sangat membantu para Mommies mengolah makanan dengan mudah dan cepat, sebab hampir semua makanan bisa digoreng, termasuk menggunakan air fryer. Tidak hanya itu, hasil masakannya juga lebih sehat karena bisa meniru proses deep fryer dengan menggunakan sedikit minyak.

Sayangnya, tidak semua makanan aman dimasak menggunakan peralatan dapur yang satu ini. Ada sederet makanan yang ternyata tidak boleh dimasak menggunakan air fryer, lho.

BACA JUGA: 20 Menu Sahur Simpel Di Bawah 15 Menit Waktu Masak

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimasak Pakai Air Fryer

Berikut sederet daftar makanannya dan Mommies wajib hindari, ya!

1. Sayuran hijau

Memasak sayuran hijau, seperti bayam, sawi hijau, bokcoy, dan sejenisnya, di air fryer tidak akan membuatnya matang dengan merata. Saat ingin mengolah sayuran dengan air fryer, pilihlah sayuran yang berat, seperti brokoli, kembang kol, dan zucchini. Kecuali Mommies mau bikin keripik bayam, baru bisa di air fryer.

2. Makanan dari adonan tepung dan basah

Dilansir dari Dilansir dari Reader’s Digest, hindari mengolah makanan basah dari adonan tepung, seperti ayang goreng dan aneka gorengan. Bukannya kering dan renyah, justru adonannya jadi berantakan dan tetap basah. Kalau mau berhasil, makanan dengan adonan tepung basah harus dilapisi tepung lagi, telur, kemudian remah-remah roti. Itu untuk menghindari adonanbasah tepung menetes. Namun jika tipe makanan ini sudah digoreng sebelumnya atau ingin dihangatkan, maka aman untuk diolah di air fryer.

3. Popcorn

Sangat tidak disarankan membuat popcorn pakai air fryer karena suhu di dalamnya tidak cukup tinggi untuk bisa membuat popcron meletup sempurna. Bahayanya, popcorn justru bisa meledak dan menempel di beberapa bagian air fryer dan membuatnya rusak.

4. Keju

Keju yang diolah dengan air fryer tanpa lapisan apapun hanya akan membuatnya meleleh sempurna dan menjadi cairan yang mengotori air fryer Mommies. Kalau mau mengolah keju, coba lapisi dulu dengan tepung panir atau tepung roti.

5. Roti

Bayangan Mommies mungkin air fryer akan memanggang roti dengan cukup baik dan hasil yang merata. Nyatanya, tekanan udara yang tinggi justru akan membuat roti jadi kering, pecah, dan menjadi remah-remah yang beterbangan ke seluruh air fryer.

6. Daging iris atau makanan berlemak

Dua makanan tersebut memiliki kesamaan, yaitu sama-sama memiliki lemak yang justru akan meleleh dan bisa menempel di seluruh bagian air fryer. Bekasnya akan sulit diberhikan dan malah membuat air fryer rusak. Belum lagi daging dan makanan berlemak yang diolah malah jadi kering dan keras.

7. Ayam utuh

Air fryer punya ruang terbatas dan butuh ruang untuk sirkulasi udara, sedangkan ayam utuh sangat besar ukurannya. Belum tentu muat masuk ke dalam air fryer. Jika masuk pun, ruang untuk sirkulasinya akan kurang dan membuat proses masak tidak maksimal dan kematangan daging tidak merata.

BACA JUGA: 14 Resep Masakan Rumahan untuk Seminggu, Penghangat Perut di Musim Hujan

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan