banner-detik
SELF

4 Tipe Komunitas Orang tua yang Sangat dibutuhkan Oleh Kita Semua

author

fiaindriokusumo12 Jun 2023

4 Tipe Komunitas Orang tua yang Sangat dibutuhkan Oleh Kita Semua

Komunitas orang tua bisa menjadi support system yang luar biasa membantu para orang tua, asal tidak salah pilih, ya. Maka pastikan komunitas pilihan kita memiliki 4 hal ini. 

Perjalanan sebagai orang tua selama 17 tahun (dan akan  terus bertambah tentunya) membuat saya paham bahwa kehadiran komunitas itu ibarat kata support system yang luar biasa bagi para orang tua. 

Komunitas yang tepat bisa menjadi tempat kita curhat, mencari solusi, mendapatkan ide-ide sampai memberikan kita pertemanan baru, tak hanya untuk urusan anak tapi juga relationship hingga pekerjaan. Tapi ya balik lagi, asalkan memilih komunitas yang tepat. 

Berawal dari bertanya ke banyak orang tua yang pernah bergabung di komunitas parenting berbeda, akhirnya bisa disimpulkan bahwa orang tua itu sebenarnya butuh dan senang berada di tengah-tengah komunitas yang memiliki 4 hal ini dan menurut mereka komunitas Mommies Daily memiliki 4 hal ini. Apa saja? 

Baca juga: Manfaat Bergabung di Komunitas untuk para Orang tua

Tipe komunitas orang tua yang ada di Mommies Daily

1. Realistis itu penting untuk komunitas orang tua

Komunitas dengan anggota yang realistis membuat para orang tua tidak merasa terintimidasi gara-gara tuntutan untuk menjadi serba bisa dan menjadi orang tua yang sempurna (which is impossible!). 

Yang nggak kenapa-kenapa kalau memang nggak bisa masak dan harus beli makanan lewat aplikasi. 

Yang nggak kenapa-kenapa kalau nggak bisa tampil cantik dan cetar membahana setiap hari. 

Yang nggak masalah kalau rumah berantakan, anak nggak ikut kompetisi ini itu, atau dokter anaknya bukan dokter anak artis-artis.

Makanya kalau ketemu sama sesama orang tua yang santai, yang nginjek bumi, rasanya hati tenang dan menjalankan peran sebagai orang tua jadi lebih tenang. 

Apa kata mereka: 

“Senang banget kalau lempar pertanyaan di WAG Mommies Daily, mereka tuh selalu ngingetin aku untuk, jangan fokus sama influencer-influencer yang hidupnya kelihatan sempurna, karena kita nggak tahu aja gimana di dalam rumah tangga mereka. Berasa banget jadi manusia apa adanya kalau di sini.” – Riana, ibu dengan 2 anak, anggota WAG Mom with elementary kids.

2. Tidak menghakimi

Menjalani multi peran sebagai perempuan itu sudah penuh tantangan, rasa-rasanya nggak butuh lagi dihakimi oleh siapa pun, apalagi orang di luar sana yang nggak tahu perjalanan hidup kita. Makanya suka malas kalau ketemu orang-orang yang merasa dirinya paling benar dan kerap menyalahkan gaya parenting orang tua lain. Padahal,selama tidak membahayakan untuk anak, ya setiap orang tua punya value-nya sendiri-sendiri. Belajar untuk tidak mudah menghakimi.

Apa kata mereka: 

‘Sebagai seorang single mom dengan anak berkebutuhan khusus, teman-teman di komunitas Mommies Daily itu nggak pernah saya dengar menghakimi. Mereka malah support dan kasih masukan-masukan dengan kalimat yang bikin hati nyaman. Kalau ada perbedaan pendapat, biasanya mereka akan bilang dulu: Ini kalau aku ya, tapi kan orang lain bisa beda, jadi jangan disamaratakan dan nggak kenapa-kenapa kalau beda.”Permata, ibu tunggal dengan 1 anak berkebutuhan khusus, anggota WAG single mom & Mom with special needs kids

3. Mendukung peran sejajar antara suami dan istri dalam membesarkan anak

Mommies Daily menganggap para suami atau ayah itu bukan support system, tapi MAIN SYSTEM di dalam membesarkan anak. Banyak ibu yang butuh hal seperti ini agar tanggung jawab membesarkan anak tak lagi lebih besar ada di pundak ibu. Dan agar Indonesia tak lagi menjadi salah satu negara dengan kondisi Fatherless yang tinggi. 

Apa kata mereka: 

“Setiap kali curhat tentang drama anak remaja sampai mau nangis karena bingung, biasanya mommies-mommies di sini suka nanya: Papahnya gimana komennya? Ayahnya udah tahu belum? Berasa banget kalau di sini tuh menganggap urusan parenting nggak cuma urusan ibu, tapi juga para ayah atau suami. Dan komen-komen seperti itu jadi ngingetin saya lagi bahwa ada suami yang memang seharusnya diajak untuk berbagi serta diskusi.”Ariana, ibu dengan anak usia 14 tahun, anggota WAG Mom with Preteen and teens. 

4. Fun

Dalam proses membesarkan anak jangan lupa juga untuk bersenang-senang, karena semestinya parenting harus terasa menyenangkan sekaligus menantang. Fokus sama anak sudah harus, tapi jangan lupa fokus terhadap diri sendiri serta pasangan juga perlu dimasukkan ke dalam prioritas hidup. 

Apa kata mereka: 

“Kalau habis curhat sama mama-mama di sini, senangnya itu mereka suka langsung inisiatif ngajakin meet up sambil ngopi dan ngobrol. Benar-benar diajarin untuk memerhatikan diri sendiri juga. udah gitu dari Mommies Daily-nya sendiri juga suka bikinin event yang nggak hanya untuk anaknya tapi juga untuk orang tuanya. Jadi walau hati dan badan berasa capek, tetap ada rasa senangnya. Luv banget, lah!”Bubi, ibu dengan anak usia 7 tahun, anggota WAG Mom with Elementary Kids. 

Kalau Mommies ingin bergabung dengan komunitas Mommies Daily yang seru-seru serta baik hati ini, ahahaha, Mommies perlu tahu nih ada apa saja di Mommies Daily: 

1. WAG Komunitas Orang tua

Ada 15 WAG yang dibagi sesuai dengan usia anak dengan sekitar 2500 member lebih, sehingga Mommies benar-benar bisa ketemu dan sharing dengan sesama orang tua yang senasib sepenanggungan. Ini dia daftar WAG-nya: 

  • Pregnant Mom
  • New Mom (Mom with baby and breastfeeding Mom)
  • Mom with pre-K dan K Kids
  • Mom with elementary kids
  • Mom with preteen and teens 
  • Single Mom
  • Mom with special needs kids
  • Mom with twin and more
  • Dad’s Group

Langsung aja klik link di sini dan kita bisa seru-seruan bareng dengan sesama orang tua lain di dalam lingkungan yang positif. 

2. Social Media Mommies Daily

Jangan lupa untuk menikmati konten-konten dari Mommies Daily di social media kami yang dibuat dengan mengusung 4 value tadi: 

  • Realistis
  • Tidak menghakimi
  • Sejajar antara suami dan istri dalam membesarkan anak
  • Fun

Ada sitkom-sitkom yang relate banget lho dengan kehidupan kita sehari-hari seperti yang satu ini. Ada Facebook, Twitter, Instagram dan Tiktok

Nah untuk Youtube, banyak banget konten-konten dengan issue-issue menarik yang kerap bikin hati orang tua degdegan. Tentu saja kami bertanya ke expert untuk menjawabnya di MD Ask The Expert. Tak hanya yang serius-serius kok di Youtube, karena yang santai dan kocak seperti MD Review dan MD 911 juga ada. Tinggal tonton aja yang sesuai dengan minat Anda

3. MD Reviews

Ini adalah fitur yang akan membantu Mommies mencari barang-barang sebelum membeli agar Mommies #bebasnyesel dan nggak salah beli barang. Sudah pasti banyak barang untuk kebutuhan bayi, anak hingga kebutuhan Mommies sendiri. 

Sudah gabung di WAG yang mana atau belum? Share ya di kolom komen. 

Share Article

author

fiaindriokusumo

Biasa dipanggil Fia, ibu dari dua anak ini sudah merasakan serunya berada di dunia media sejak tahun 2002. "Memiliki anak membuat saya menjadj pribadi yang jauh lebih baik, karena saya tahu bahwa sekarang ada dua mahluk mungil yang akan selalu menjiplak segala perilaku saya," demikian komentarnya mengenai serunya sebagai ibu.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan