banner-detik
LIFESTYLE

5 Olahraga yang Aman untuk Usia 40-an, Ada Yoga hingga Pilates

author

Dhevita Wulandari10 Jun 2023

5 Olahraga yang Aman untuk Usia 40-an, Ada Yoga hingga Pilates

Olahraga menjadi salah satu kegiatan yang penting dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat hingga menua. Ini beberapa olahraga yang aman untuk usia 40-an.

Berada di usia 40-an bukan jadi alasan untuk tidak aktif berolahraga lagi. Memang benar, semakin usia meningkat, fungsi otot hingga sendi bisa semakin berkurang. Namun, ada cara untuk tetap terus berolahraga agar tubuh semakin sehat. Caranya dengan memilih olahraga mana yang cocok dan tetap aman untuk dilakukan di usia 40-an.

Olahraga untuk Usia 40-an

Sebelum memilih mana olahraga yang cocok dan aman, pastinya ada beberapa hal yang harus Mommies perhatikan. Salah satunya yaitu menghindari olahraga yang terlalu berat bagi tubuh. Sebab, bukannya makin sehat, efek buruk malah justru bisa terjadi, lho!

Dan ingat, jangan memaksa diri terlalu keras hingga olahraga secara berlebihan. Jadi, secukupnya saja, ya. Nah, ini beberapa olahraga yang bisa Mommies lakukan di usia 40-an.

BACA JUGA: Rekomendasi Produk Kecantikan untuk Liburan ke Daerah Dingin untuk Usia 40 Tahun ke Atas

1. Yoga

Yoga bisa menjadi salah satu andalan yang tepat untuk olahraga di usia 40-an, sebab yoga merupakan olahraga yang bukan hanya melibatkan tubuh tapi juga pikiran dalam prosesnya. Sekaligus bisa menjadi meditasi dengan beberapa teknik yang diterapkan, mulai dari pernapasan, keseimbangan, hingga keharmonisan antara emosi hingga jiwa.

Meski terlihat mudah dan ringan dilakukan, yoga ternyata dapat memberi banyak manfaat baik bagi tubuh. Mulai dari mengurangi potensi penyakit kronis, menjaga keseimbangan tubuh, hingga menjaga kesehatan mental.

2. Pilates

Pilates termasuk olahraga yang low impact dan low risk. Manfaatnya juga baik untuk usia yang sudah beranjak, mulai dari memperbaiki postur tubuh, membuat otot semakin kencang, hingga bisa menjaga berat badan agar stabil. Pilates juga bisa membantu mengatasi nyeri di punggung atau bagian otot lain yang sering terjadi di usia 40-an.

Untuk mengetahui olahraga lainnya, Mommies bisa baca dengan klik di sini, ya!

BACA JUGA: Mencerahkan hingga Anti Aging, Ini 10 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah

Cover: Image by tirachardz on Freepik

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan