banner-detik
SEX & RELATIONSHIP

5 Tanda Pasangan Melakukan Selingkuh Kecil atau Micro Cheating, Perlu Diwaspadai!

author

Fannya Gita Alamanda15 May 2023

5 Tanda Pasangan Melakukan Selingkuh Kecil atau Micro Cheating, Perlu Diwaspadai!

Apakah jadinya jika pasangan tertangkap melakukan selingkuh kecil? Sebelum berpikir terlalu jauh, kenali dulu tanda-tandanya!

Saat pasangan ketahuan melakukan selingkuh kecil mungkin kelihatannya nggak berbahaya dan very innocent, ya. Pada awalnya mungkin terasa begitu, tetapi jika nggak hati-hati, apa yang awalnya ‘cuma’ selingkuh kecil ini bisa memusnahkan hubungan dan pernikahan Anda.

Apa itu micro cheating atau selingkuh kecil? Micro cheating adalah tindakan apa pun yang dilakukan secara samar dan halus dengan niat menumbuhkan hubungan romantis yang tidak pantas dengan bukan pasangan resmi Anda,” jelas Alicia Muñoz, LPC, seorang terapis pasangan.

“Banyak orang tidak menganggap perselingkuhan emosional sebagai perselingkuhan karena tidak melibatkan hubungan seks,” papar terapis seks bersertifikat AASECT Jessa Zimmerman. Namun kita perlu tahu, ada rahasia, ketidakjujuran, dan pengkhianatan terjadi ketika seseorang melakukan selingkuh kecil. Dampakmya tetap menghancurkan.

BACA JUGA: Selingkuh Bukan Khilaf dan Jawaban Ketika Rasa Cinta Mulai Hilang

Contoh Selingkuh Kecil

Jika Anda bertanya-tanya apakah chat dengan mantan atau ketemu buat makan siang dengan seseorang yang menurut Anda menarik adalah selingkuh kecil?

Coba Anda ajukan pertanyaan-pertanyaan ini: Apakah saya sering menyembunyikan informasi dari pasangan saya? Bisakah tindakan saya berpotensi menyakiti pasangan saya? Bagaimana perasaan saya jika pasangan saya yang begitu? Jawaban Anda dapat mengklarifikasi apakah Anda sedang melakukan selingkuh kecil atau tidak.

Ini beberapa contoh tindakan selingkuh kecil:

  1. Mengirim pesan atau SMS dengan cara yang genit
  2. “Menyukai” atau mengunggah komentar provokatif di halaman Instagram atau Facebook seseorang yang menurut Anda menarik
  3. Berbohong tentang status hubungan Anda secara online atau secara langsung
  4. Memasang profil dengan status terselubung untuk melihat kemungkinan Anda bisa bertemu dengan seseorang yang “lebih baik” dari pasangan Anda
  5. Memberikan nomor telepon kepada orang yang Anda tahu menyukai Anda
  6. Berusaha keras untuk terlihat menarik demi mengesankan seseorang yang Anda sukai
  7. Secara obsesif melakukan cyberstalking pada seseorang yang Anda sukai
  8. Membicarakan kehidupan seks Anda dengan seseorang, melakukan sexting, atau mengirim foto syur kepadanya
  9. Sering berkomunikasi dengan seseorang yang suka merayu Anda
  10. Melepas cincin kawin ketika kumpul dengan kawan-kawan
  11. Saling bergenit-genit dengan orang lain
  12. Ngumpul dengan teman-teman tanpa sepengetahuan pasangan Anda
  13. Tetap berkomunikasi dengan mantan-mantan kekasih

Tanda-tanda Selingkuh Kecil

Mengetahui sudah terjadi perselingkuhan kecil memang nggak gampang dan ini bisa terjadi di tempat yang sangat umum seperti online (media sosial), di tempat kerja, dan di lingkungan sosial. Berikut ini adalah beberapa tanda klasik dari selingkuh kecil:

1. Kerahasiaan

Rahasia, kebohongan, dan kecurangan biasanya menjadi pusat segala bentuk perselingkuhan, tidak terkecuali micro cheating. Meskipun normal bagi seseorang untuk menginginkan privasi, main rahasia-rahasiaan dapat menandakan masalah yang lebih besar dengan kepercayaan dan kesetiaan.

2. Kurangnya perhatian

Seseorang yang melakukan selingkuh kecil sering kali tampak gelisah, sibuk, atau pikirannya menerawang kemana-mana. Gelisah itu normal, terutama ketika resah memikirkan pekerjaan kantor, tetapi gelisah dan asyik sendiri yang terjadi terus-menerus dan kurangnya perhatian terhadap pasangan adalah tanda bahaya.

3. Melanggar batasan

Selingkuh kecil dan perselingkuhan ‘biasa’, biasanya ditentukan oleh satu pasangan yang melanggar batas seputar kepercayaan dan kesetiaan. Ketika seseorang melakukan micro cheating, mereka biasanya melanggar batasan-batasan tertentu, entah sadar atau tidak. Misalnya, seseorang mungkin berkomunikasi dengan mantannya meskipun tahu tindakannya akan membuat pasangannya nggak suka atau rajin “menyukai” foto lawan jenis di media sosial meskipun pasangannya telah meminta dia untuk berhenti.

4. Defensif

Salah satu ciri lain dari perselingkuhan, termasuk perselingkuhan kecil adalah kecenderungan pelakunya untuk meremehkan perasaan pasangannya atau menyangkal melakukan kesalahan ketika ketahuan. Ini bisa terjadi dengan membelokkan masalah, menyangkal tindakan, menyalahkan pasangannya, dan mengarang penjelasan yang rumit dan tampaknya masuk akal ketika pasangannya mengkonfirmasi.

5 Tanda Pasangan Sedang Melakukan Selingkuh Kecil

Selingkuh kecil memang agak sulit dikenali, tetapi Anda bisa mencari tahu tanda-tandanya jika Anda merasa ada sesuatu yang terjadi. Jika Anda merasa ditipu, insting pertama Anda mungkin adalah segera menghadapi pasangan Anda. Sebelum Anda melompat, lakukan inventarisasi untuk menentukan apakah kecurangan mikro benar-benar terjadi, atau jika ada penjelasan yang lebih polos atas perilaku pasangan Anda.

Tanda-tanda Anda sedang Ditipu Mikro Mungkin Termasuk:

1. Pasangan Anda secara teratur berkomunikasi dengan mantan atau orang tertentu yang belum pernah mereka sebutkan sebelumnya
2. Pasangan Anda tampak terganggu atau tidak terhubung secara emosional dan mengabaikan Anda
3. Mereka merahasiakan media sosial dan aplikasi komunikasi mereka
4. Pasangan Anda tidak menyebut Anda di media sosial, di tempat kerja, dan lingkaran teman-temannya.
5. Ketika Anda membahas masalah ini, dia menjadi defensif, menyepelekan perasaan Anda, atau membohongi Anda.

Apa yang harus dilakukan Jika Pasangan Selingkuh?

“Cara terbaik untuk menangkal dan mencegah terjadinya selingkuh kecil adalah dengan memperkuat hubungan Anda,” saran Caroline Madden, PhD, penulis “Fool Me Once: Should I Take Back My Cheating Husband?” dan seorang terapis pernikahan yang berspesialisasi dalam penyembuhan setelah perselingkuhan di Burbank, California.

Jalin hubungan yang hangat, dalam, dan mesra, lebih perhatian kepada pasangan, sering-sering pacaran berdua, dan jangan gengsi mengekspresikan rasa cinta. Ini fakta: banyak orang tergoda untuk berselingkuh karena tidak merasa dihargai, diinginkan, dibutuhkan, dan dicintai.

BACA JUGA: 10 Kesalahan yang Sering dilakukan Saat Pasangan Berselingkuh

Cover: Freepik

Share Article

author

Fannya Gita Alamanda

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan