banner-detik
LIFESTYLE

15 Ide Kegiatan Saat Lebaran Hanya di Rumah Saja, Tetap Seru!

author

Rahmasari Muhammad19 Apr 2023

15 Ide Kegiatan Saat Lebaran Hanya di Rumah Saja, Tetap Seru!

Lebaran tahun ini tidak kemana-mana dan di rumah saja? Tenang Mommies, banyak kegiatan saat lebaran di rumah saja yang tetap seru untuk dilakukan, kok!

Tidak terasa sebentar lagi kita akan menyambut Hari Lebaran yang biasanya menjadi momen yang ditunggu, waktunya kita mudik menemui keluarga dan juga berkumpul serta bersilaturahmi merayakan hari kemenangan bersama-sama. 

Tapi sebenarnya banyak juga kegiatan yang bisa dilakukan jika di tahun ini Mommies berlebaran di rumah saja. Apa saja sih alternatif kegiatannya? 

1. Menata Ulang Rumah

Menata ulang rumah dapat menjadi salah satu kegiatan yang mengasyikkan di saat libur lebaran. Bingung cari ide? Lihat saja di Pinterest, website lifetimedesign.co, homeshabby.com, dekoruma.com, indonesiadesign.com, goodhomedesign.com, atau majalah design and interior seperti style & décor (styleanddecormagz.com), ideaonline magazine (idea.grid.id), Majalah Asrinesia (asrinesia.com). 

Selain menata ulang rumah, bisa juga buat minor renovation seperti mengecat kembali rumah atau memperbaiki bagian-bagian rumah yang bocor. 

2. Membuat Dekorasi/Hiasan Rumah

Bosan dengan hiasan rumah yang itu-itu saja? Buat hiasan rumah yang unik yuk! Sekarang banyak banget tutorial membuat hiasan rumah dengan beragam teknik, mulai dari sulam, origami, macrame, dan teknik lainnya yang tentunya menarik untuk dieksplorasi. 

3. Bereskan dan Sortir Barang

Jangan lupa juga bereskan & sortir barang-barang yang sudah menumpuk di rumah! Untuk yang masih bagus dan layak pakai, bisa disumbangkan atau dijual kembali. Dijamin setelah itu, rumah akan lebih terlihat lebih lapang dan nyaman!

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Tontonan untuk Libur Lebaran, dari Film hingga Serial Bertema Keluarga!

4. Mencoba Resep Baru

Mumpung libur, yuk kita eksekusi resep-resep yang selama ini kita simpan tapi belum sempat dicoba! Mulai dari baking kue, menu makanan sehari-hari, hingga snack yang sat set! Untuk yang belum punya stok resep, bisa intip resep di cookpad.com, masakhariini.com, sajiansedap.grid.id, resepkoki.id atau lihat di Youtube & TikTok.

Banyak banget resep viral bertebaran yang menarik untuk dicoba. Kalau enak dan sukses, bisa banget jadi ide bekal keluarga ketika libur sudah usai & mulai beraktivitas di luar rumah lagi. 

5. Membaca Buku

Mommies hobi beli buku tapi nggak sempat dibaca? Nah, momen libur lebaran bisa jadi waktu yang tepat untuk membuka koleksi buku & membacanya. Jangan lupa sekalian bereskan rak bukunya ya, agar lebih mudah mencari buku yang ingin dibaca. Ingin baca buku tapi nggak mau menambah barang dirumah? Baca saja secara digital di ipusnas.id atau Google Play Books! 

6. Berolahraga

Kesibukan sehari-hari kadang-kadang membuat kita lupa olahraga atau mager. Nah, jadikan momen libur lebaran ini untuk upgrade diri kita menjadi lebih sehat! lakukan yoga, zumba, pound fit, atau olahraga lain yang bisa diakses tutorialnya via Youtube. Bisa juga sambil quality time olahraga dengan pasangan dan anak! Kalau bosan di rumah dan situasinya memungkinkan, ambil udara segar sambil berjalan kaki atau jogging di area sekitar rumah. 

7. Menonton Film dan Drama Seri

Foto: Photo by JESHOOTS.com on Pexels

Pastinya banyak banget film dan drama seri menarik yang bisa ditonton selama liburan nih, Mommies! Langganan saja Netflix, Disney Hotstar atau Prime Video, dijamin liburan akan terasa cepat dan nggak membosankan! 

8. Game time 

Di rumah ada permainan catur, monopoli, Uno, atau kartu? Yuk coba main bersama pasangan dan anak! Bisa recharge energy dan mempererat bonding! Game time juga bisa mengasah sportivitas dan problem solving skill anak. 

Ingin mengenal pasangan dan anak lebih baik? Bisa mainkan kartu “tentang kita” (Instagram: @maintentangkita) yang berisi pertanyaan-pertanyaan menarik seputar diri dan keluarga. 

9. Silaturahmi Online

Berlebaran di rumah saja tapi kangen dengan keluarga dan sahabat? Hubungi keluarga, rekan dan sahabat melalui telepon, video call atau Zoom. Jangan lupa buat janji dulu ya Mommies, agar waktunya match dan ngobrolnya lebih enak.

10. Berkebun

Berkebun bisa banget jadi salah satu aktivitas pengisi momen libur Lebaran nih, Mommies. Hunting alat-alat berkebun yang lucu untuk penambah semangat, lalu mulai deh berkebun dan bercocok tanam di sekitar rumah. Untuk awal, pilih tanaman yang mudah dirawat misalnya sirih gading atau lidah mertua. Ingin hasilnya bisa dinikmati oleh keluarga? Tanam saja cabai, kangkung, atau bayam. Kalau sudah panen, tinggal petik, dan olah!

Ingin menanam bunga yang bisa dijadikan hiasan rumah? Pilih bunga yang bisa ditanam di pot seperti peace lily, anthurium, begonia, petunia atau krisan. 

11. Menghadiri Kajian Virtual / Mendengarkan Ceramah Online

Momen libur lebaran di rumah saja juga dapat dimanfaatkan untuk menambah ilmu agama, baik mendengarkan ceramah online ataupun menghadiri kajian virtual. Momen lebaran untuk introspeksi dan upgrade ilmu? Check! 

12. Meditasi

Momen libur lebaran bisa menjadi waktu yang tepat untuk istirahat sejenak dari padatnya aktivitas dengan melakukan meditasi. Banyak sekali manfaatnya ya, mulai dari menenangkan diri, recharge energi, meningkatkan awareness dan fokus, mengelola kecemasan, juga meningkatkan kesehatan emosional. Hidup bisa lebih sehat dan balance ya, Mommies

13. Mengunjungi Public Space

Ingin mengajak anak ke taman, perpustakaan atau public space yang belum sempat dikunjungi? Yuk manfaatkan waktu luang di momen libur ini yang ada untuk berjalan-jalan berkeliling kota. Malas membawa mobil atau cari parkir? Naik saja MRT atau transportasi umum lainnya, seru juga kok! 

14. Merawat Binatang Peliharaan

Punya binatang peliharaan di rumah? Coba luangkan waktu untuk merawat binatang kesayangan kita. Ajak bermain, berikan vaksin, mandikan, grooming, atau lakukan perawatan lain agar binatang peliharaan kita tetap sehat dan terawat.

15. Tata ulang foto

Sejak ada HP dengan fitur kamera canggih, foto jadi menumpuk begitu saja tanpa sempat dicetak atau dirapikan. Jangan sampai momen-momen berharga hilang begitu saja ya Mommies. Tata ulang foto keluarga, backup ke G-drive, external hard disk atau laptop, dan cetak beberapa foto untuk dipajang dirumah. 

BACA JUGA: 4 Etika di Tempat Umum yang Harus Diajarkan ke Anak

Cover: Photo by fauxels on Pexels

Share Article

author

Rahmasari Muhammad

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan