banner-detik
EDUCATION

6 Sekolah Dasar Islam Favorit di Jabodetabek, Ada Sekolah Si Kecil?

author

Dhevita Wulandari31 Mar 2023

6 Sekolah Dasar Islam Favorit di Jabodetabek, Ada Sekolah Si Kecil?

Sekolah dasar Islam tentu tidak kalah kualitas pendidikannya dengan sekolah swasta dan negeri pada umumnya. Berikut beberapa rekomendasinya di Jabodetabek.

Sebagian orang mungkin berpendapat sekolah negeri dan swasta sudah cukup bagi anak mereka. Tapi tahukah Mommies ternyata sekolah berbasis agama seperti sekolah Islami juga tidak kalah diminati?

Beberapa alasan penting orangtua memasukkan anak ke sekolah Islami adalah agar anak memiliki pendidikan dasar agama yang baik dan luas dan memupuk karakter berakhlak.

Sekolah Islam tidak hanya mengajarkan teori, tapi juga bagaimana cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dalam lingkungan keluarga, sekolah, pertemanan hingga sosial anak.

Jika Mommies sedang mencari sekolah dasar Islami untuk anak, berikut beberapa rekomendasinya di Jabodetabek.

Jakarta

SDI Al Azhar 1 Kebayoran Baru

Siapa yang tidak tahu SD Islam Al Azhar 1 atau yang sering disebut Alpus ini. Memiliki visi misi “Beradab, Kolaboratif dan Berwawasan Global”, sekolah ini menggunakan Kurikulum Nasional Pendidikan dan Kebudayaan serta Kurikulum Pengembangan Pribadi Muslim (KP2M) Al Azhar.

Selain mendidik murid agar menjadi pribadi yang beriman dan bertakwa, SD Al Azhar juga mengajarkan peserta didik agar melek IPTEK yang penting untuk masa depan. Ada pun beberapa kegiatan unggulan di sekolah ini mulai dari Tahfiz Al Quran, Coding, Desain Grafis, Robotik, Sains, hingga Sinematografi.

Alamat: Gedung A Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar, Jl. Sisingamangaraja No.1, RT.2/RW.1, Selong, Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12110.

Webstite: https://sdia1.al-azhar.sch.id/

Instagram: sdialpust01

SD Global Islamic School

SD Global Islamic School (GIS) memiliki 4 pilar pendidikan, yaitu pilar akademik, keislaman, kepemimpinan, dan bahasa Inggris. Menggunakan Kurikulum Nasional Plus dengan menggabungkan kurikulum dari dinas pendidikan dan 4 pilar, SD GIS juga memiliki fasilitas sekolah yang mampu mewadahi dan mendukung proses belajar anak.

Alamat: Jl. Condet Raya No. 5 Kramat Jati, Jakarta Timur 13530

Website: www.global-islamic.com

Instagram: globalislamicschool_gis

BACA JUGA: 5 Sekolah Anak-anak Artis Indonesia, Ada Sekolahnya Rafathar!

Bogor

SD Bosowa Bina Insani

SD Bosowa Bina Insani menggunakan Kurikulum Nasional dan Kurikulum Indivual, serta menerapkan sistem bilingual untuk meningkatkan penggunaan bahasa asing pada setiap peserta didik. Sekolah ini juga memiliki program KIMTAQ, yaitu program kajian Islam dan Tahfiz Al Quran.

Untuk memberikan pengalaman belajar aktif bagi peserta didik, sekolah juga menerapkan metode BBCT (Beyond Center and Circle Time) atau moving class dengan metode pembelajaran Fun Learning yang menggunakan metode nondirect teaching yang ramah anak.

Alamat: Jl. KH. Sholeh Iskandar, Kec. Tanah Sereal, Bogor, Jawa Barat

Website: https://bogor.bosowaschool.sch.id/program/program_sd

Instagram: bosowabinainsani

Depok

SDIT Al Haraki

Sudah memiliki akreditasi A terbaik se-Jawa Barat, SDIT Al Haraki juga menjadi Sekolah Standar Nasional (SSN) yang memiliki segudang prestasi. Sekolah ini mempunyai beberapa program unggulan seperti Tahfidzul Quran, Literacy, hingga Character Building.

Salah satu ciri khas yang dimiliki SDIT Al Haraki adalah menjadi friendly school sebagai wujud komitmennya dalam menjadi lembaga pendidikan yang memperhatikan seluruh aspek tumbuh kembang anak. Semua komponen yang terdapat di sekolah ini mulai dari sarana prasarana, fasilitas, hingga budaya dikemas dengan konsep ramah anak.

Alamat: Jl. Belimbing III No. 1-2, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat

Website: https://sd.alharaki.sch.id/

Instagram: sit_alharaki

Tangerang

SD Al-Fath

Memiliki visi untuk menjadikan sekolah sebagai sekolah unggulan yang bermoto “Sekolah Dwibahasa Berwawasan Islami”. SD Al Fatah juga mempersiapkan para peserta didik untuk mampu bersaing secara global dengan tetap mengedepankan akhlak mulia dalam tindakan maupun pemikiran.

SD Al Fatah memiliki mata pelajaran pada umumnya, namun ada tambahan kelas seperti Physical Education (PE), Performing Art, hingga renang. Uniknya lagi, sekolah ini memiliki ekstrakurikuler menjahit atau sewing club.

Alamat: Jl. Raya Cirendeu No.24, Pisangan, Kec. Ciputat Timur, Tangerang Selatan 15419

Website: https://alfathschoolindonesia.sch.id/sd/

Instagram: alfath_school_indonesiaSd

Bekasi

SDIT Thariq Bin Ziyad Pondok Hijau Permai

Dengan pembiasaan dan pembinaan akhlak Islami, ibadah-ibadah wajib, dan ibadah sunah, SDIT Thariq Bin Ziyad membantu mewujudkan pribadi Islami dan kesiapan diri dalam proses pembentukan karakter pribadi da’i bagi para peserta didik. Selain dibekali dengan bacaan Al Quran yang baik (tahsin) dan hafalan Al Quran (tahfiz), sekolah ini juga membiasakan menggunakan bahasa Inggris dan Arab.

Kurikulum yang digunakan mengacu pada Dinas Pendidikan dan dikolaborasikan dengan kurikulum sekolah Islam terpadu yang sudah terbukti dan diakui dapat mencetak pribadi anak yang shaleh dan cerdas. Sekolah ini juga banyak mengahasilkan peserta didik yang berprestasi dalam bidang renang, panahan, hingga pencak silat.

Alamat: Perum Pondok Hijau Permai, Jl. Raya Pondok Hijau Permai No. 23, RT.2/RW.15, Pengasinan, Kec. Rawalumbu, Bekasi 17115.

Website: https://php.sdit-tbz.sch.id/

Instagram: sdittbzphp

BACA JUGA: 10 Sekolah Dasar Favorit di Solo, dari Negeri Sampai Swasta

Cover: Photo by Katerina Holmes on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan