banner-detik
EDUCATION

Fakta Shou Zi Chew, CEO TikTok yang Kini Jadi Idola Banyak Orang

author

Katharina Menge28 Mar 2023

Fakta Shou Zi Chew, CEO TikTok yang Kini Jadi Idola Banyak Orang

Pasca mencuri perhatian dunia karena menghadiri sidang dengar pendapat DPR AS, sosok CEO TikTok Shou Zi Chew kini jadi idola banyak orang.

Akhir pekan lalu nama CEO TikTok Shou Zi Chew ramai jadi perbincangan pasca menghadiri Rapat DPR Amerika Serikat (AS), Sabtu, (25/3). Kehadirannya dalam rapat tersebut untuk menyelesaikan ancaman pemblokiran TikTok di AS, akibat adanya kecurigaan para anggota parlemen di sana menyangkut persoalan keamanan.

Meski dicecar banyak pertanyaan, Shou Zi Chew mampu menjawab dengan tenang dan menjelaskan berulang kali bahwa perusahaannya tidak memiliki keterkaitan dengan China. Dia pun dengan tegas membantah tuduhan bahwa TikTok membagikan data atau memiliki koneksi dengan Partai Komunis China.

Aksinya tersebut tenyata membuat dirinya menjadi sorotan. Tidak hanya pembawaannya yang tegas dan tenang, sosoknya yang awet muda juga mencuri perhatian. Dalam waktu kurang dari 24 jam, dirinya langsung jadi idola di banyak portal media sosial. Banyak yang mengaguminya, baik laki-laki hingga perempuan.

Apa Mommies termasuk yang mengidolakan sosok Shou Zi Chew? Mommies Daily pun merangkum beberapa fakta mengenai sosok CEO TikTok yang berusia 40 tahun ini.

BACA JUGA: 10 Tips Live Streaming di TikTok, Bikin Jualan Laris dan Banyak Viewers!

Fakta Shou Zi Chew

Yuk, kita kenalan dengan deretan fakta CEO TikTok Shou Zi Chew berikut ini!

1. Warga negara Singapura

Shou Zi Chew adalah pria keturunan Cina yang lahir di Singapura 1 Januari 1983. Dia merupakan warga negara Singapura dan bukan warga negara Cina. Chew juga fasih berbahasa Inggris dan Mandarin.

Dilansir dari Wall Street Journal, Chew berasal dari keluarga yang sederhana. Ayahnya bekerja di bidang konstruksi, sementara ibunya di bidang pembukuan. Dia sempat tinggal di London untuk melanjutkan pendidikannya, tetapi akhirnya kembali ke Singapura. Di sana dia tinggal bersama istri dan dua anaknya.

2. Lulusan Harvard

Untuk pendidikannya, Chew bersekolah Institusi Hwa Chong dengan warisan Tionghoa yang kuat dan fasih berbahasa Inggris serta Mandarin. Dia kemudian menyelesaikan wajib militer untuk Singapura dan diangkat jadi perwira.

Setelah itu dia pindah ke Inggris untuk melanjutkan pendidikan di University College London dan mendapatkan gelar sarjana ekonomi tahun 2006. Pasca mendapatkan gelar sarjana, Chew kemudian melanjutkan kuliah di Harvard Business School dan lulus dengan gelar MBA tahun 2010.

3. Pernah Magang di Facebook

Di tahun 2009, saat masih kuliah S2, Chew pernah magang atau jalankan summer internship di Facebook selama 3 bulan. Setelah meraih gelar MBA di tahun 2010, Chew kemudian bekerja di perusahaan modal ventura di Hong Kong selama sepuluh tahun.

4. Sudah Menikah

Mommies yang mau mengidolakan Shou Zi Chew harus tahu kalau dia sudah menikah dengan istrinya, Vivian Kao, dan punya dua orang anak. Chew dan Vivian bertemu ketika mereka sama-sama menjadi mahasiswa di Harvard Business School. Vivian adalah lulus dari Wellesley College dengan gelar di bidang ekonomi dan studi China sebelum kemudian mengenyam pendidikan di HBS.

Hubungan keduanya kemudian semakin dekat ketika mereka juga bersama-sama magang di California setelah tahun pertama mereka di sekolah bisnis.

5. Jadi CEO TikTok Sejak Mei 2021

Chew pertama kali bergabung dengan TikTok tidak langsung menjadi CEO. Awalnya dia bergabung di bulan Maret 2021 sebagai chief financial officer atau kepala keuangan. Kala itu posisi CEO masih dipegang oleh Kevin Mayer, mantan eksekutif Walt Disney Co.

Namun, dua bulan kemudian, tepatnya di bulan Mei 2023, Kevin Mayer mengundurkan diri dan Chew dipromosikan menjadi CEO TikTok. Shang Timing, pendiri sekaligus mantan CEO ByteDance, ungkap kalau kehadiran Chew membawa pengaruh besar bagi TikTok.

Serunya, meski dia adalah CEO TikTok, tetapi anak-anaknya tidak menggunakan aplikasi tersebut. Alasannya karena TikTok untuk dibawah 13 tahun tidak tersedia di Singapura. Namun, Chew dan Vivian akan mengizinkan jika anak-anaknya tinggal di Amerika dan TikTok versi anak-anak sudah tersedia.

Sudah semakin kenal dengan sosok Shou Zi Chew, kan?

BACA JUGA: Viral Di Tiktok! Ini 5 Gaya Parenting yang Sedang Tren, Berminat Mencoba?

Cover: The Cut

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan