banner-detik
PARENTING & KIDS

Viral Di Tiktok! Ini 5 Gaya Parenting yang Sedang Tren, Berminat Mencoba?

author

Sisca Christina03 Mar 2023

Viral Di Tiktok! Ini 5 Gaya Parenting yang Sedang Tren, Berminat Mencoba?

Sebanyak itu istilah gaya parenting yang beredar sekarang, terutama di Tiktok. Selain asing di telinga, ada juga yang bikin geleng kepala.

Gara-gara TikTok, wawasan parenting kita sebagai orang tua pun jadi ikutan luas. Gaya parenting sekarang nggak lagi sebatas authoritative, permissive parenting dan teman-temannya. Ada saja nama-nama gaya parenting baru, yang kalau diikuti, nggak akan ada habisnya.

Kalau mommies nggak pernah dengar scrunchy parenting atau almond parenting, mungkin mommies jarang buka TikTok, hehehe. Tapi, mommies nggak sendiri, kok! Tak perlu ambil pusing juga untuk mengadopsi atau nggak , atau mengira-ngira apakah mommies salah satu dari tipe-tipe parenting ini atau nggak. Sederhananya, ambil baiknya saja, kalau dirasa aneh, abaikan!

Berbagai Gaya Parenting yang Viral di TikTok

1. Sittervising parenting

Berbeda dari gaya pengasuhan kebanyakan yang menganjurkan untuk terlibat main dengan anak, sittervising parenting ciptaan Diciptakan oleh Susan Allison, M.Ed, pendiri akun Instagram Busy Toddler, mendorong orang tua untuk duduk dan mengawasi anak-anak mereka dari jarak aman. Menurut Allision, ada kalanya anak-anak membutuhkan pengalaman bermain tanpa orang dewasa. Orang tua mendorong permainan mandiri untuk anak. Ketika anak asyik bermain, orang tua juga mendapat waktu relaks sejenak. Win-win buat anak dan orang tua. Ini bagus untuk bagi orang tua yang merasa kewalahan karena merasa harus standby selama 24 jam untuk anak.

Baca juga: Pola Asuh Terbaik VS Terburuk, Apa Saja?

2. Crunchy parenting

Penganut crunchy parenting mempraktikkan gaya pengasuhan alami, termasuk dalam gaya hidup sehari-hari. Orangtua “crunchy” menggunakan popok kain, memilih mainan bayi ramah lingkungan, menyediakan makanan organik untuk anak dengan seminim mungkin limbah, bahkan mendaur ulang. Ibu crunchy juga menganut prinsip-prinsip berikut:

  • Menyusui secara eksklusif. Sebisa mungkin nggak kasih susu formula dan nggak pakai botol dot.
  • Memilih proses kelahiran spontan tanpa bantuan epidural/ILA; kalau bisa melahirkan di rumah lebih baik.
  • Tidur bersama bayi (nggak pakai baby crib).
  • Semuanya organik — dan itu termasuk makanan bayi buatan sendiri. 🌱
  • Memilih menggendong bayi dari pada pakai stroller.
  • Memilih perlengkapan perawatan tubuh bayi dari bahan organik, misalnya minyak kelapa, minyak zaitun untuk rambut, ruam popok, dan seterusnya. Bila perlu, bikin sendiri.
  • Kalau anak sakit, memilh minyak atsiri ketimbang obat.
  • Tidak memvaksinasi atau menunda memvaksinasi anak.
  • Membatasi teknologi di rumah.
  • Memilih homeschooling ketimbang sekolah umum.

3. Silk parenting

Berkebalikan dengan crunchy parenting, para orang tua “silk” berkarakteristik modern. Mereka memanfaatkan modernisasi dan teknologi yang ada untuk mempermudah pengasuhan anak. Prinsipnya kira-kira seperti ini: “Kalau bisa lebih mudah, ngapain dipersulit, sih? Kan kalau lebih mudah juga, kita nggak mudah burnout, dan itu baik untuk orang tua dan anak.” Jadi buat para mama silk, “Mohon maaf, saya menyerah dengan popok kain.” Orang tua dengan yang menerapkan “silk parenting” melakukan hal-hal berikut:

  • Memilih bersalin di rumah sakit. Mau spontan, mau caesar, mana aja sepanjang itu diperlukan untuk keselamatan ibu dan bayi.
  • Memilih popok sekali pakai.
  • Pro vaksinasi.
  • Menyusui bayi; tapi kalau susu formula memang diperlukan bayi, kenapa nggak?
  • Menggunakan keranjang bayi untuk membiasakan tidur terpisah dengan bayi.
  • Tak ragu memberi obat jika anak sakit, sepanjang itu anjuran dari dokter.

Baca juga: 7 Pola Pengasuhan Keluarga Kerajaan yang Unik dan yang Layak Dicontoh

4. Scrunchy parenting

Orang tua scrunchy adalah mereka yang mencomot beberapa metode dari silk dan beberapa metode dari crunchy parenting. Orang tua dengan scrunchy parenting nggak masalah dengan popok sekali pakai, karena itu memudahkan hidup mereka. Tapi sesekali bisa saja ganti ke popok kain. Pro menyusui eksklusif, dan selama mungkin sesuai anjuran yaitu hingga dua tahun. Tapi kalau anak sakit, nggak masalah jika harus memberi obat sesuai anjuran dokter. Oya, pro vaksin tentunya! Para ibu ini menganut prinsip keseimbangan. Nggak ekstrem pro atau kontra dengan gaya parenting tertentu. Sepertinya kebanyakan ibu menganut gaya pengasuhan ini, ya?

5. Almond parenting

Istilah almond parenting atau almond mom muncul pasca beredarnya video Yolanda Hadid, ibu supermodel Gigi Hadid menyuruh anaknya menyantap beberapa almond ketika anaknya mengeluh lemas akibat hanya makan segigit almond. Almond parenting adalah gaya pengasuhan yang negatif karena mengasuh anak berbasis diet yang ketat dan tidak sehat. Bahkan, menurut para ahli parenting dan dokter anak, ini bisa membahayakan kesehatan fisik dan mental anak.

Baca juga: Memahami Istilah Almond Mom yang Lagi Viral

Share Article

author

Sisca Christina

Ibu dua anak yang berprofesi sebagai digital nomad, yang juga suka menulis. Punya prinsip: antara mengasuh anak, bekerja dan melakukan hobi, harus seimbang.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan