banner-detik
LIFESTYLE

15 Menu Sahur dan Buka Puasa Berbahan Dasar Sosis dan Nugget

author

dewdew22 Mar 2023

15 Menu Sahur dan Buka Puasa Berbahan Dasar Sosis dan Nugget

Meski menu sahur dan berbuka hanya dengan sosis dan nugget, bisa banget kok divariasikan. Agar kebutuhan akan gizi keluarga terpenuhi.

Ada! Ada banget masanya kita berada di dalam keadaan terdesak atau udah nggak tahu lagi mau masak apa untuk disajikan di saat sahur dan berbuka. Entah itu karena nggak ada ide, lupa belanja, hingga tanggal tua. Nugget dan sosis to the rescue kalau begini caranya. Nah, supaya nggak cuma sekadar digoreng, berikut ini menu sahur dan buka puasa berbahan dasar sosis dan nugget yang Insha Allah bisa memenuhi kebutuhan gizi keluarga. 

Nugget Saus Telur Asin

Lelehkan mentega, tumis bawang putih hingga kuning dan wangi. Masukkan kuning telur asin, cabe rawit dan daun bawang. Aduk-aduk hingga tercampur rata, kental dan mendidih. Tuang di nugget yang sudah digoreng.

Baca juga: Rekomendasi Katering dan Frozen Food Untuk Sahur dan Buka Puasa

Nugget Cabe Garam

Panaskan wajan, lelehkan margarin, kemudian tumis bawang putih hingga setengah kering. Masukkan cabe rawit, daun bawang, gula dan garam. Tumis sebentar, kemudian masukkan nugget yang sudah digoreng.

Nugget Balado 

Mau pakai cabe hijau atau cabe merah juga boleh. Nggak usah repot, cabe merah dan cabe hijau balado siap pakai sudah banyak yang jual, lho. Tinggal goreng nugget, lalu campurkan dengan cabe sesuai selera.

Nugget Tofu Saus Tiram

Goreng dulu tofu, lalu angkat setelah berwarna kecoklatan. Tumis bawang putih dan bawang bombay, masukkan saus tiram. Koreksi rasa, tambahkan garam dan gula sesuai selera. Baru masukkan nugget yang sudah digoreng. Terakhir, masukkan tofu. Nggak usah diaduk udah siap disajikan.

Nugget Saus Madu dan Wijen

Kalau ini persiapannya, sih, gampang. Tinggal tumis bawang putih dan bawang bombay. Setelah wangi masukkan saus cabe dan madu. Boleh dikira-kira saja sesuai selera. Tambahkan bumbu-bumbu. Kalau sudah mendidih, masukkan nugget yang sudah digoreng. Aduk sebentar, tuang biji wijen. 

Nugget Saus Teriyaki

Sumber: Detikfood

Sekarang, sih, saus teriyaki siap pakai banyak dijual di supermarket mommies. Sisihkan nugget yang digoreng. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukkan saus teriyaki, air secukupnya, garam dan gula. Boleh juga tambah kaldu ayam bila suka. Setelah kuah teriyaki kental dan mendidih, masukkan nugget. Aduk sebentar.

Nugget Saus Lemon

Tumis bawang putih hingga wangi. Masukkan sekitar 3 sendok makan air perasan lemon, madu, gula pasir, dan garam. Tambahkan air segelas, tunggu hingga mendidih. Tuang larutan maizena, aduk hingga mendidih. Tuangkan di atas nugget yang sudah digoreng.

Nugget Saos Korea

Campur sekitar 2 sendok makan saus gochujang, madu secukupnya, perasan jeruk nipis, garam, dan air secukupnya. Aduk rata, lalu masukkan ke dalam tumisan bawang putih. Kalau mau kental tinggal dituang larutan maizena. Masukkan nugget yang sudah digoreng, aduk hingga nugget tertutup saus. Taburi biji wijen.

Kimbab Sosis

menu sahur sosis nugget

Sumber: Detikfood

Modalnya cuma nasi hangat, lembaran nori dan sosis goreng. Dibakar juga boleh. Saat menggulung tambahkan wortel rebus dan sayur bayam rebus. Sajikan dengan soy sauce atau kecap asin.

Sosis Tumis Paprika

Goreng sosis dan sisihkan. Tumis bawang bombay hingga wangi menggunakan minyak wijen. Tambahkan paprika yang sudah diiris tipis. Tuang saus tiram, dan masukkan bumbu-bumbu. Setelah paprika matang, masukkan sosis, aduk sebentar.

Sosis Goreng Saus Mentega

Tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan kecap manis, saus tiram, kecap asin, saus inggris (kalau ada) dan saus tomat. Koreksi rasa, tambahkan garam dan gula sesuai selera. Masukkan sosis dan bawang bombay, tunggu hingga matang. Jika suka sajikan dengan perasan jeruk nipis.

Sop Ayam Sosis

menu sahur sosis nugget

Yang ini tinggal tambahin sosis ayam di dalam isian sop, ya, mommies. Potong agak sedikit tebal agar rasanya lebih terasa. 

Tumis Brokoli Sosis

menu sahur sosis nugget

Sumber: Detikfood

Bumbunya sama aja, kok, seperti bumbu capcay. Sayurnya selain brokoli, bisa ditambah wortel dan daun kapri. Alih-alih ayam, proteinnya bisa diganti sosis. 

Sosis Tahu Teriyaki

Daripada susah-susah, gunakan saus teriyaki botolan yang banyak dijual di supermarket. Nanti tinggal dikoreksi rasa, biasanya saya tambahkan kecap manis dan gula. Campuran sosis dan tahunya bisa ditambah sayur brokoli sebagai serat.

Sosis Tofu Gochujang

Campur soy sauce, gochujang, garam, merica, gula dan air secukupnya. Aduk rata, lalu tuangkan di atas tumisan bawang bombay. Tambahkan air, masukkan sosis. Terakhir masukkan tofu. Kalau mau goreng dulu tofunya juga bisa.

 

Share Article

author

dewdew

Mother of Two. Blogger. Make-Up Lover. Skin Care Amateur. Beginner Baker. Entrepreneur Wannabe. And Everything in Between. www.therusamsis.wordpress.com


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan