banner-detik
PARENTING & KIDS

Menjadi Orang Tua Saat Masih Remaja, Ini Cara Parenting Ibu Selena Gomez

author

Sisca Christina13 Mar 2023

Menjadi Orang Tua Saat Masih Remaja, Ini Cara Parenting Ibu Selena Gomez

Pernah merasa gagal dalam mengasuh anaknya saat masih kecil, kini sang ibu belajar ulang parenting bagi Selena Gomez dengan cara berikut.

Cantik, sukses, terkenal di seluruh dunia di usia muda seperti Selena Gomez mungkin impian banyak orang. Tapi selalu jadi sorotan dan privasi terganggu, hingga mengalami gangguan mental sebagai konsekuensi dari kesuksesannya sebagai bintang, nggak semua orang siap hadapi. 2020 lalu Selena Gomez didiagnosis mengidap gangguan bipolar. Ternyata, ini menjadi titik balik sang ibu, Mandy Teefy, untuk membenahi gaya parentingnya yang pernah ia anggap gagal di masa lalu. Seperti apa parenting ibu Selena Gomez?

Menjadi Orang Tua di Saat Masih Remaja

Seperti dikutip dari Newsweek, ibu Selena Gomez melahirkan dirinya saat masih berusia 16 tahun. Saat lagi ranum-ranumnya dan seharusnya lagi menikmati indahnya masa remaja, sang ibu malah terpaksa jadi orang tua. Ia harus mengasuh anak dirinya sendiri saat sebetulnya dia smasih harus diasuh sebagai remaja. Saya, sih, nggak kebayang, ya. Menjadi orang tua di saat usia sudah lebih matang saja pergumulannya nggak enteng. Gimana saat masih remaja?

Pernah Gagal

Sang ibu terang-terangan menyatakan bahwa gaya parentingnya dahulu nggak membuahkan hasil hubungan ibu-anak yang baik dengan Gomez. Sebab, saat itu dia sendiri sedang mengalami banyak pergumulan berat. Belum lagi, ia harus menelan pil pahit harus bercerai dengan ayah Gomez saat usia anaknya masih 5 tahun. Praktis, hubungannya dengan sang anak makin berantakan.

Baca juga: Selena, Hailey dan Justin Bieber, Pelajaran Apa yang Bisa Kita Ambil?

Menjalani Peran Ibu dengan Gangguan Mental

Teefey sendiri mengatakan bahwa dia sendiri pernah mengalami trauma dan ADHD (attention deficit hyperactivity disorder), gangguan yang membuatnya sulit fokus. Jadi, nggak mudah baginya mengasuh anak saat dirinya sendiri memiliki masalah mental dan butuh bantuan.

Belajar Parenting Lagi dengan Membangun Ulang Komunikasi

Sang ibu memahami betul kekurangannya di masa lalu, dan kini ia nggak segan untuk belajar lagi mengasuh dan merawat Gomez dengan lebih baik; terutama saat mengetahui bahwa anaknya didiagnosis mengidap gangguan mental bipolar 2020 lalu. Dulu, ia mengasuh dengan gaya parenting yang dia butuhkan, bukan yang anaknya butuhkan, dan nggak berhasil. Kini, dia belajar berkomunikasi lagi dengan anaknya dengan cara yang lebih baik, dan saling meluangkan waktu. Ini membuat hubungannya dengan sang bintang jauh lebih baik.

Mendengar dan Mendampingi Anak adalah Kunci Utama Parenting

Bagi ibu Selena Gomez, agar pengasuhan anak berjalan dengan baik, kuncinya terletak pada keinginan untuk mendengarkan anak, mendampingi dan melibatkan anak dalam setiap prosesnya. Setelah mengarungi berbagai pergumulan dalam hal parenting, sang ibu lebih mengerti sekarang bahwa setiap orang tua harus belajar bagaimana berbicara kepada anak sebagaimana mereka perlu diajak bicara dan mencintai mereka sebagaimana mereka perlu dicintai.

Baca juga: 5 Tips Parenting dari Dwayne Johnson

Foto: detik.com

Share Article

author

Sisca Christina

Ibu dua anak yang berprofesi sebagai digital nomad, yang juga suka menulis. Punya prinsip: antara mengasuh anak, bekerja dan melakukan hobi, harus seimbang.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan