banner-detik
SELF

Equality dan Equity, Apa Bedanya? Mommies Harus Tahu!

author

Mommies Daily07 Mar 2023

Equality dan Equity, Apa Bedanya? Mommies Harus Tahu!

Serupa tapi tak sama, ini perbedaan equality dan equity yang harus Mommies tau agar bisa wujudkan kesetaraan di lingkungan masyarakat.

Ditulis oleh: Putri Azzahra

Di dunia maya beberapa waktu lalu sempat terjadi diskusi antara perbedaan equality dengan equity. Diskusi ini cukup menarik, karena baik equality dengan equity memiliki peran penting dalam kehidupan bersosial, agar setiap orang bisa punya kesempatan yang setara. Walau begitu, equality dan equity sebenarnya berbeda, loh! Yuk, simak perbedaan antara equality dengan equity!

BACA JUGA: Tips Mendukung Kesetaraan Gender di Lingkungan Sekolah yang Bisa Diterapkan Tenaga Pengajar

Serupa tapi tak sama, ini perbedaan equality dengan equity

Equality artinya memberi setiap orang kesempatan atau sumber daya yang sama terlepas dari apakah setiap orang membutuhkannya atau tidak. Dengan kata lain, setiap orang menerima kesempatan, baik dari yang sudah mereka miliki maupun tidak mereka miliki.

Sedangkan equity adalah mengakui bahwa setiap orang memiliki keadaan yang berbeda, dan kesempatan atau sumber daya yang dibagikan sesuai dengan kebutuhan untuk menyamakan kedudukan secara sama atau setara.

Tidak bisa saling dipisahkan

Walaupun berbeda, equality dan equity sama-sama saling berhubungan. Khususnya jika ingin mencapai kesetaraan dan adil di sebuah kehidupan bersosial. Kita tidak bisa mencapai equality tanpa menerapkan equity dalam prosesnya, begitupun sebaliknya.

Memahami perbedaan ini bisa menjadi tahapan besar jika kita ingin mencapai keadaan setara dan adil di lingkungan sosial. Jika Mommies masih bingung, ilustrasi dari Sheronda Rae di akun Instagramnya ini bisa memberikan gambaran mengapa equality dengan equity saling berhubungan.

Solusi untuk masalah di masyarakat

Equality dan equity bisa menjadi solusi untuk masalah yang ada di masyarakat, seperti kemiskinan, kriminalitas, pendidikan, dan lain-lain. Dengan memahami dan menjalankan equality dan equity, kita dapat membantu pemerataan ekonomi yang selama ini disebabkan oleh ketidaksetaraan yang sudah dibawa dari generasi ke generasi lainnya. Dengan mendistribusi kesempatan dan sumber daya sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan, kita bisa mengatasi masalah yang sering ada di masyarakat.

BACA JUGA: Menurut Pakar, Ini Cara Terbaik Ajarkan Anak Tentang Kesetaraan Gender

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan