banner-detik
EDUCATION

7 Tips Pilih Jurusan S2 untuk Kuliah di Dalam dan Luar Negeri, Catat!

author

Dhevita Wulandari27 Feb 2023

7 Tips Pilih Jurusan S2 untuk Kuliah di Dalam dan Luar Negeri, Catat!

Untuk melanjutkan kuliah S2 tentu perlu banyak hal yang harus dicari tahu. Beberapa tips pilih jurusan S2 ini bisa dicoba.

Ada berbagai macam tujuan bagi orang yang ingin melanjutkan kuliah S2. Mulai dari mendukung peningkatan kapasitas diri, daya saing, spesialisasi, hingga mendukung untuk karier masa depan.

Sebelum memilih dan menentukan jurusan dan fokus untuk S2, ada beberapa hal yang harus dicek terlebih dulu. Beberapa tips pilih jurusan S2 dari QS Top Universities ini bisa dijadikan panduan.

1. Kenali tujuan

Tulis semua jurusan yang diminati, cita-cita, karier yang diinginkan, pekerjaan impian, dan prediksi untuk 5 tahun ke depan. Langkah ini dapat membantu calon mahasiswa S2 untuk mengidentifikasi secara detail tujuan yang ingin dicapai, minat, dan semangat dalam meraihnya.

2. Cek prodi yang cocok dengan tujuan

Lakukan riset mengenai program studi atau jurusan yang dituju. Cek juga apakah materi perkuliahan sudah sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Kemudian, cek apakah jurusan yang diminati tersebut akan diterima luas dalam dunia industri yang diminati. Cari juga apakah ada perbedaan kualifikasi pendidikan yang lebih diminati di industri tersebut.

3. Kontak dan hubungi universitas tujuan

Kontak dengan universitas tujuan bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari mengikuti open days, webinar daring, atau sesi admisi yang digelar oleh kampus. Calon mahasiswa S2 juga bisa mengirim email untuk berbicara dengan tim akademik dan admisi, ketua prodi, maupun mahasiswa dari jurusan S2 yang diminati.

Dalam berkontak, calon mahasiswa S2 bisa cari tahu manfaat kuliah di jurusan tersebut, kriteria kandidat yang dicari di kampus tujuan, hingga gambaran perkuliahan sebenarnya di jurusan yang akan dipilih sehingga persprektif akan kuliah di sana menjadi semakin jelas.

Untuk mengetahui tips selanjutnya, baca di sini, ya.

BACA JUGA: 5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Guru Les Privat Anak

Cover: Photo by Ekrulila on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan