banner-detik
EDUCATION

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Guru Les Privat Anak

author

Dhevita Wulandari23 Feb 2023

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Guru Les Privat Anak

Les privat di luar jam sekolah ternyata bisa bantu anak lebih memahami pelajaran. Ini 5 hal yang harus dipertimbangkan saat memilih guru les privat anak.

Memberikan yang terbaik bagi anak adalah harapan setiap orang tua. Termasuk dalam memberikan pendidikan yang cukup dan layak bagi anak dengan memasukkannya ke sekolah yang bagus dan berkualitas. Meski begitu, terkadang anak bisa saja merasa kesulitan dalam mengikuti pelajaran di sekolah. Jika berada di dalam situasi seperti ini, salah satu yang bisa Mommies lakukan adalah mencari guru les privat untuk anak.

Namun, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih guru les privat untuk anak. Dari para Mommies di Instagram dan komunitas Mommies Daily, berikut beberapa pertimbangannya.

Berkonsultasi dengan guru di sekolah

Coba tanyakan pada guru di sekolah mengenai kesulitan apa yang anak alami dalam mengikuti proses belajar di sekolah. Misalnya di mata pelajaran apa yang anak mampu kuasai dan di mata pelajaran apa yang sulit untuk anak ikuti. Jika kesulitan yang anak rasakan sudah diidentifikasi, guru di sekolah juga bisa membantu anak mengatasinya dan Mommies juga bisa mencari guru privat sesuai mata pelajaran yang tidak terlalu anak kuasai.

BACA JUGA: 20 Kemampuan Anak SD yang Wajib Diketahui Semua Mommies!

Pengalaman dalam mengajar

Penting untuk mengetahui apakah calon guru privat memiliki pengalaman yang cukup dalam mengajar les privat anak-anak. Ini akan berpengaruh pada kemampuan guru privat dalam menyampaikan penjelasan pelajaran dengan baik, sehingga anak akan lebih mudah mengerti dan memahami penjelasan yang disampaikan.

Kepribadian

Cari tahu bagaimana kepribadian calon guru privat yang akan mengajar les anak. Bisa dengan bertanya langsung pada si calon guru saat wawancara atau bisa juga bertanya pada jasa yang menaunginya. Jika Mommies mendapatkan rekomendasi guru privat tersebut dari teman, bisa tanyakan bagaimana kepribadian calon guru privat tersebut saat mengajar les anak. Apakah dia memiliki sifat yang sabar, sopan, dan sebagainya.

Pilih yang sesuai gender anak

Sebagian orang tua merasa memilih calon guru privat yang sesuai gender anak akan membuat anak merasa lebih nyaman dan fokus saat kegiatan les berlangsung. Orang tua juga akan merasa lebih tenang tanpa harus stand by di samping anak yang bisa-bisa malah membuat anak tidak fokus belajar karena merasa terus diawasi.

Harga

Tentunya harga menjadi faktor penentu yang penting dalam mencari dan mempertimbangkan guru les privat anak. Cari guru privat yang bayaran masih sesuai budget Mommies, ya. Jangan sampai karena ingin memberikan yang terbaik bagi anak malah mengganggu cash flow keuangan keluarga. Saat ini sudah banyak kok jasa les privat beserta guru les privatnya yang memiliki harga terjangkau dengan kualitas yang bagus.

BACA JUGA: 5 Drakor Ini Ungkap Sisi Gelap Dunia Pendidikan di Korea

Cover: Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan