banner-detik
DAD'S CORNER

Suami Langsung Tidur Usai Bercinta? Ini Alasan Mereka dan Kata Pakar

author

Sisca Christina19 Feb 2023

Suami Langsung Tidur Usai Bercinta? Ini Alasan Mereka dan Kata Pakar

Jangan kesal jika suami langsung tidur usai bercinta. Malah, mommies harusnya senang. Lho, kok bisa? Simak alasannya berikut.

Melihat suami tertidur pulas usai bercinta bisa membuat beberapa wanita mendengus kesal. Harapannya, bisa uyel-uyelan, berpelukan, ngobrol santai, yaaa apapun yang bisa mendukung afterplay lah. Sayangnya, harapan itu harus pupus pasal banyak pria yang auto tidur usai bercinta. Bukannya nggak ingin meladeni istri, tapi, ngantuknya itu, lho, nggak tertahankan. Mengapa, sih, terjadi demikian?

Supaya bisa lebih mengerti situasi di benak para suami, berikut ini alasan para suami dan alasan secara klinis mengapa para pria seringkali langsung tertidur usai bercinta.

Alasan suami langsung tidur usai bercinta

“Ya, karena memang sudah malam, sudah waktunya tidur”

Alasan paling jamak nan lumrah. Pada umumnya pasangan menjadwalkan sesi bercinta di malam hari. Wajarlah, ya. Sudah selesai urusan kerja, anak-anak, rumah tangga, ini dan itu, maka waktu bercinta yang paling bebas gangguan dan saat sudah santai, ya, di malam hari. “Sehabis bercinta, mau ngapain lagi selain tidur?” begitu kata seorang bapak. Alasan yang logis.

“Capek..”

Bercinta, walau dengan segala konsekuensi nikmatnya, tetap melelahkan. Apalagi jika lebih dari satu sesi, hehehe. Lagi-lagi, biasanya sesi ranjang dilakukan setelah semua urusan seharian yang melelahkan selesai. So, wajar kalau seks menambah daftar kegiatan yang membuat suami capek dan ingin tidur.

Alasan ini rupanya didukung juga oleh pakar seks. Aktivitas seks ternyata lebih melelahkan secara fisik bagi pria ketimbang wanita. Menurut penulis buku Why Do Men Fall Asleep After Sex, Mark Leyner dan Billy Goldberg, M.D., glikogen penghasil energi yang ada di dalam otot pria terkuras habis saat berhubungan seks dan setelah klimaks. Pada umumnya, pria memiliki lebih banyak massa otot dari pada wanita, otomatis pria menjadi lebih lelah setelah berhubungan seks.

“Nggak kepikiran after play”

“Sudah sama-sama senang kan, memang masih perlu after play, lagi, ya?” Begitu kata salah seorang bapak dua anak. Bagi beberapa pria, bercumbu rayu setelah bercinta dirasa nggak perlu-perlu amat. Atau, simply, nggak kepikiran, karena inti permainan sudah dicapai. Hmm, tipikal pemikiran logis para suami.

“Seks membuat badan relaks…”

… dan ingin tidur! Bagi pria yang sehari-harinya menghadapi pekerjaan yang membuat stres, otot-otot tegang dan pikiran tak tenang dan kerap membuat sulit tidur, seks justru membantu membuat tubuh mereka lebih relaks, lebih mudah mengantuk dan kemudian tertidur.

Menurut sleep advisor Men’s Health, W. Christopher Winter, M.D. usai berhubungan seks, tubuh melepaskan hormon prolaktin. Hormon ini bahkan mampu menekan dopamin (yang bisa membuat pria terjaga) dan kemudian merangsang kantuk datang.

Selain prolaktin, ada pula hormon oksitosin yang juga melonjak saat berhubungan seks. Hormon inilah yang mampu menghilangkan ketegangan atau stres dari pikiran para suami dan membuatnya lebih relaks dan lekas pulas.

Ditambah lagi, jika mommies dan pasangan bercinta dengan lampu padam, maka dapat pula memicu hormon melatonin.

Nah, lengkaplah sudah ketika prolaktin, ositosin dan melatonin bersatu, niscaya suami bakal tidur lelap seketika usai bercinta.

Baca juga: Bosan Berhubungan Seks Gitu-gitu Aja? Coba Variasikan Dengan Cara Ini

Tidur lelap bukti puas

Para pakar sepakat bahwa ketika suami langsung tertidur usai bercinta, itu bisa menandakan ia mengalami kepuasan. Rasa puas, hangat, relaks kemudian memicu rasa kantuk yang tak tertahankan. Jadi, jauhkan pikiran negatif, ya. Tertidur usai seks bukan berarti suami nggak ingin berpelukan atau permainan dianggap nggak mengasyikkan.

Tak hanya suami yang tidur lelap usai bercinta, istri juga

Pada kenyataannya, nggak semua pria itu tidur sehabis bercinta. Ada beberapa yang bersantai dulu, bermain ponsel, atau kembali bekerja. Bagi mereka yang sesi bercintanya pagi, tentu nggak tidur lagi, melainkan siap-siap bekerja.

Fakta lainnya, ternyata, ada juga, kok, wanita yang malah tertidur pulas duluan usai bercinta.

Jadi, siapapun yang tidur duluan usai bercinta, tak perlu jadi soal; yang terpenting salah satu tujuan seks yaitu mepererat dan memperhangat hubungan mommies dan daddies, tercapai. Setuju?

Baca juga: 8 Sex Toys Untuk Pria! Nomor 3 Bisa Jadi Favorit Suami

Share Article

author

Sisca Christina

Ibu dua anak yang berprofesi sebagai digital nomad, yang juga suka menulis. Punya prinsip: antara mengasuh anak, bekerja dan melakukan hobi, harus seimbang.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan