banner-detik
EDUCATION

SD Pembangunan Jaya: Punya Smart Curriculum hingga Kegiatan Ice Skating

author

Dhevita Wulandari25 Jan 2023

SD Pembangunan Jaya: Punya Smart Curriculum hingga Kegiatan Ice Skating

Memperkaya Kurikulum Nasional dengan Smart Curriculum, SD Pembangunan Jaya yang terletak di daerah Bintaro ini juga punya banyak kegiatan seru untuk para siswanya!

Mengenal lebih dalam mengenai sekolah yang akan dituju oleh anak dapat membantu orangtua dan anak lebih yakin dan matang dalam memilih sekolah yang tepat. Untuk itu, kali ini Mommies Daily berkunjung ke SD Pembangunan Jaya, salah satu sekolah yang menjadi pertimbangan dan pilihan oleh para orangtua di daerah Bintaro.

Program Pembelajaran dan Pengembangan Karakter

SD Pembangunan Jaya adalah sekolah yang humanis dan ramah anak. Sekolah ini menjadi Sekolah Nasional Berstandar Internasional terbaik yang aktif mewujudkan insan Indonesia yang Gemar Belajar, Kreatif, Mandiri, dan Berbudi Pekerti Luhur yang juga merupakan visi dari Sekolah Pembangunan Jaya.

Dalam mewujudkan visinya, sekolah terus berupaya dalam merancang program pembelajaran dan program pengembangan karakter dengan sebaik mungkin. Program ini tentunya disesuaikan dengan tingkat usia perkembangan masing-masing siswanya.

Foto: SD Pembangunan Jaya

Kurikulum dan Sistem Belajar

SD Pembangunan Jaya saat ini menerapkan kurikulum yang berbeda untuk masing-masing kelas. Bagi siswa kelas I dan IV menggunakan Kurikulum Merdeka dan bagi siswa kelas II, II, V dan VI menggunakan Kurikulum 2013/Nasional. Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang diberlakukan Kemendikbudristek, SD Pembangunan Jaya juga selalu berupaya untuk mewujudkan pembelajaran yang berfokus pada siswa, serta senantiasa mengakomodir kebutuhan siswa dan program yang dilaksanakan disesuaikan dengan karakteristik usia perkembangan siswa di setiap level kelas.

Kurikulum Nasional yang diterapkan juga diperkaya dengan Smart Curriculum (kurikulum yang mencerdaskan) untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan kontekstual, di mana kolaborasi antar mata pelajaran diharapkan mampu menjadikan pembelajaran lebih berkesan. Sehingga mampu menjadi bekal yang baik untuk siswa di kehidupan sekarang dan yang akan datang.

BACA JUGA: Sekolah dengan Konsep Kantin Sehat dan Bersih, dari Jakarta hingga Surabaya. Harga Makanan Mulai dari Rp15 Ribu

Punya Taman Belajar di Luar Kelas

Sebagai sekolah multikultural yang senantiasa menghargai seluruh agama, SD Pembangunan Jaya memiliki fasilitas guru dan ruang belajar untuk semua agama, mulai dari Islam, Katolik, Kristen, Hindu dan Budha. Sekolah ini juga memiliki ruang seni lukis dan seni musik, serta fasilitas lainnya seperti lapangan basket, aula, MPH, Ruang Sains Workshop, Laboratorium Komputer (kelas 1, 2, 3 dan kelas 4, 5, 6), Perpustakaan, Taman Belajar diluar kelas dan juga Mushola.

Punya Kegiatan Ice Skating

SD Pembangunan Jaya memiliki program ekstrakurikuler wajib berupa kegiatan Pramuka yang dilaksanakan setiap Rabu pagi untuk seluruh siswa. Sedangkan untuk kegiatan ekstrakurikuler pilihan, siswa bisa memilih sendiri, mulai dari Menggambar, Tari tradisional, Permainan Tradisional, Manga, Craft, Paskibra, Musik/Perkusi, Kelompok Ilmiah Unggul, Multimedia, Bulu Tangkis, Kriya Anyam dan Modern Dance yang dilakukan setiap Jumat pagi dengan diawali senam bersama.

Selain ekstrakurikuler wajib dan pilihan, SD Pembangunan Jaya juga memiliki kegiatan club seperti Taekwondo, Panahan, Sepakbola, Basket, Bulutangkis, Iqro, Fotografi, Coding, Ice Skating, Lukis dan Gitar yang pelaksanaannya bekerja sama dengan POMG (Persatuan Orangtua Murid dan Guru) dan dilakukan setiap Sabtu.

Tes Observasi sebagai Tes Masuk

Tes masuk untuk calon siswa baru kelas I dilaksanakan dalam bentuk tes observasi, dimana calon siswa akan mengikuti observasi bersama fasilitator dan observer. Tujuan dari tes observasi ini adalah untuk mengetahui tingkat kesiapan atau kematangan dan komunikasi calon siswa baru.

Biaya masuk Sekolah Pembangunan Jaya tentunya masih sangat terjangkau. Uang pangkal berkisar 30-35 juta yang hanya dibayarkan satu kali pada saat siswa masuk dikelas I. Untuk pembayaran SPP setiap bulannya sudah termasuk biaya ekstra kurikuler dan juga kegiatan siswa lainnya seperti fieldtrip.Tentunya ada potongan harga bagi siswa-siswi yang berasal dari TK Pembangunan Jaya.

Alamat: Jl. Bintaro Utama Sektor 3A – Bintaro Jaya

Telepon/WhatsApp: (021) 7375025 / 081319382003

BACA JUGA: Rekomendasi Sekolah Kedinasan di Indonesia, Nomor Satu Paling Favorit

Cover: Dok. Istimewa

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS