banner-detik
INFOGRAFIK

INFOGRAFIK: Kebutuhan Nutrisi untuk Anak Remaja Usia 13-17 Tahun

author

RachelKaloh11 Jan 2023

INFOGRAFIK: Kebutuhan Nutrisi untuk Anak Remaja Usia 13-17 Tahun

Anak remaja usia 13-17 tahun punya kebutuhan nutrisi yang berbeda dari sebelumnya. Berapa banyak yang diperlukan? Simak infografik berikut ini.

Di usia remaja, kebutuhan nutrisi anak meningkat. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh makin banyaknya kegiatan yang mereka jalani sehari-hari. Sebagai panduan umum, Mommies bisa cek infografik Angka Kecukupan Gizi (AKG) untuk anak usia 13-17 tahun berikut ini berdasarkan AKG Indonesia tahun 2013 dari Kemenkes RI. Penentuan nilai gizi ini disesuaikan dengan jenis kelamin, kelompok umur, tinggi badan, berat badan, serta aktivitas fisik. Kebutuhan gizi yang mesti dipenuhi dalam sehari dibagi dalam dua kelompok, yaitu zat gizi makro dan zat gizi mikro. Zat gizi makro adalah semua jenis zat gizi yang dibutuhkan anak dalam jumlah banyak, seperti energi, protein, lemak, dan karbohidrat. Sementara zat gizi mikro adalah nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit, seperti vitamin dan mineral.

Namun, kembali lagi, hal ini akan berbeda-beda, tergantung kondisinya. Bila anak memiliki kondisi khusus, ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi. 

Kebutuhan Nutrisi Anak Remaja Usia 13-17 Tahun

Baca juga: Masalah Nutrisi yang Paling Sering Dialami Anak Indonesia

Selain memenuhi nutrisi, pastikan juga anak remaja Mommies mendapatkan waktu tidur yang cukup agar imunitas tubuhnya terjaga sehingga ia bisa tetap sehat jalani aktivitasnya. Tidur siang, meski sulit dijalani oleh anak, karena keinginan mereka untuk bermain dan beraktivitas jauh lebih tinggi dari sekadar memejamkan mata, pun belum paham betul apa manfaatnya, sebetulnya merupakan salah satu cara untuk menerapkan pola hidup sehat. Kira-kira, berapa jam yang dibutuhkan anak untuk tidur? Simak di sini.

Image by tirachardz on Freepik

Share Article

author

RachelKaloh

Ibu 2 anak yang hari-harinya disibukkan dengan menulis artikel dan content di media digital dan selalu rindu menjalani hobinya, menjahit.


COMMENTS