banner-detik
SELF

Jaga Anak Dari Tripledemic di Tengah Musim Liburan

author

Mommies Daily03 Jan 2023

Jaga Anak Dari Tripledemic di Tengah Musim Liburan

Kenali tripledemic dan cara penangannya yang tepat agar liburan Mommies bersama keluarga dan si kecil tetap aman dan nyaman.

Ditulis oleh: Putri Azzahra

Mendekati akhir tahun dan tahun baru jadi momen terbaik untuk bisa menghabiskan waktu dengan anak dan keluarga dengan liburan. Ketika sedang mempersiapkan liburan, Mommies jangan lupa untuk memproteksi anak dari virus tripledemic yang bisa datang saat musim hujan.

Virus tripledemic ini awalnya muncul di Amerika akibat membludaknya pasien anak yang terkena virus pernafasan, influenza, dan Covid-19 disaat yang bersamaan.

Penyakit ini biasanya terjadi saat musim liburan dimulai dan banyak orang yang bepergian dan berkumpul di dalam satu ruangan, menyebabkan adanya kemungkinan tertular dengan orang yang terkena penyakit influenza atau Covid-19 sekalipun lebih mudah.

BACA JUGA: Dari Anemia hingga Tifus, Ini Kriteria 27 Penyakit Gawat Darurat Anak yang Ditanggung BPJS

Fakta Tripledemic

Jangan khawatir Mommies, tentu ada hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga anak bebas dari tripledemic. Berikut ini informasi mengenai tripledemic yang harus diketahui oleh Mommies.

1. Tidak selalu mendapat ketiga virus sekaligus

Diberi nama tripledemic karena ketiga virus ini mengalami lonjakan yang tinggi dalam waktu yang cepat. Selain itu, virus-virus ini memiliki fokus yang sama, yaitu saluran pernafasan sehingga memiliki gejala yang mirip. Namun pasien tripledemic umumnya tidak mendapat semuanya sekaligus.

Virus saluran pernafasan atau RSV adalah virus yang umum dan mudah menular yang memiliki gejala seperti flu. RSV dapat sembuh dalam satu atau dua minggu. Kabar baiknya, menurut Dr. Murray kepada Yale Medicine, RSV bukan virus baru, sehingga penyedia layanan kesehatan juga sudah mengetahui bagaimana merawat anak-anak dengan RSV.

Masalah utama yang terjadi adalah lonjakan tinggi yang mendadak sehingga kerap membuat rumah sakit kewalahan untuk menangani pasien terkena RSV.

2. Penyebab utama virus tersebar

RSV menyebar lebih banyak melalui permukaan yang terkontaminasi, sehingga penting untuk anak selalu mencuci tangan agar terhindar dari bakteri yang mungkin tidak disadari. Terutama setelah selesai bermain di taman dan sebelum makan.

Sedangkan Covid-19 dan influenza dapat disebabkan karena droplets, sehingga penting untuk selalu menggunakan masker. Selain itu, mengedukasi anak jika sedang atau saat bersin untuk selalu menutup mulut menggunakan tangan atau tisu, yang kemudian langsung dibuang ke tempat sampah dan mencuci tangan.

3. Waktu yang tepat untuk menghubungi dokter anak

Sebagai orang tua, tentu kita khawatir dengan ancaman tripledemic. Apalagi jika tingkat kasus ketiga virus naik pada waktu yang sama. Maka penting untuk menghubungi penyedia medis pada waktu yang tepat.

Menurut Dr. Murray, waktu terbaik untuk menghubungi dokter anak adalah saat anak mulai batuk disertai dengan demam. Jika masih bayi dan mengalami pernafasan yang sangat cepat atau kebiruan di sekitar bibir, itu adalah waktu yang tepat untuk membawanya ke UGD terdekat untuk mendapat tindakan dari dokter.

4. Tetap liburan dengan aman

Tenang Mommies tetap bisa liburan dengan aman bersama anak dengan memperhatikan beberapa hal ini. Pertama, jika umur anak sudah bisa mendapat vaksin, pastikan anak sudah mendapat vaksinasi flu dan Covid-19.

Vaksin mungkin tidak sepenuhnya melindungi anak dari virus tripledemic, tetapi dengan vaksin kekebalan tubuh anak jadi lebih baik sehingga bisa melindunginya dari virus yang datang serta mempercepat penyembuhan.

Selain itu, Mommies bisa memilih tempat berlibur yang tidak banyak orang berteriak, seperti konser karena kemungkinan terkena droplets bisa besar.

Proteksi yang bisa dilakukan selanjutnya adalah rajin melakukan rapid test sebelum dan sesudah berlibur. Pastikan juga untuk menggunakan masker dan rajin cuci tangan agar terhindar dari bakteri.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Asuransi untuk Penyakit Kritis Bagi Diri Sendiri dan Keluarga

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan